PROMO CANVA Rp 95.000,00 /BULAN UNTUK 5 ORANG

Jenis Burung Kenari yang Sedang Populer Saat ini

Jenis Burung Kenari

Burung kenari, adalah salah satu jenis burung kicau yang sangat diminati oleh para pecinta burung karena memiliki keunikan tubuh yang mungil dengan suara kicau yang merdu.

Maka tak heran, karena tubuhnya yang mungil, warna bulunya yang indah, dan suara kicaunya yang merdu, kenari sering diikutsertakan dalam berbagai macam kontes yang melibatkan burung kicau.

Jenis burung kenari juga merupakan salah satu burung kicau yang cukup populer di Indonesia. Selain karena keindahan tubuh dan suara kicaunya, harga burung kenari juga terjangkau.

Seperti yang telah diketahui, kemampuan burung kenari dalam memikat mata dan hati para pecinta burung memang sudah tidak diragukan lagi.

Suara kicaunya yang merdu membuat para pecinta burung percaya bahwa kenari memang pantas diikutsertakan dalam perlombaan burung kicau.

Jenis Burung Kenari

Burung Kenari

Disamping itu, burung kenari terdiri dari berbagai macam jenis. Nah, ingin tahu apa saja jenisnya? Simak ulasannya berikut ini.

Kenari Yorkshire.

Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire adalah jenis burung kenari yang merupakan hasil perkawinan silang antara kenari Lanchasire dan kenari Belgia.

Bentuk tubuh kenari Yorkshire menyerupai bentuk wortel, terutama jika dilihat dari bentuk dadanya.

Kenari yang selalu berdiri tegap ini memiliki jenis kaki yang panjang, sedikit lebih panjang dari pada jenis kenari lain, yaitu mencapai sekitar 16 cm.

kenari af Yorkshire adalah jenis burung kenari yang cukup populer jika dibandingkan dengan jenis kenari lain. Bahkan, harga kenari Yorkshire terbilang lebih mahal daripada jenis kenari yang lain.

Baca Juga : Mengenal Burung Kenari American Singer yang perlu Diketahui

Kenari Norwich.

Kenari Norwich

Asal muasal kenari yang satu ini konon katanya dibawa ke daratan Inggris oleh para penennun yang berasal dari bangsa Flam, yang berada tepat di wilayah Norwich, untuk menghindar dari aksi pembantaian yang dilakukan oleh bangsa Spanyol.

Ciri-ciri burung kenari Norwich adalah memiliki bentuk tubuh yang lebih bulat jika dibandinkan dengan kenari Yorkshire.

Selain itu, bulu kenari Norwich juga lebih tebal. Kenari Norwich memiliki bentuk dada yang lebih lebar serta punggung yang juga lebar namun pendek.

Sayap kenari Norwich adalah jenis sayap yang pendek. Untuk warna, kenari Norwich sering dijumpai memiliki warna hijau.

Baca Juga : 7 Tips Mengatasai Suara Kenari Yang Serak bagi Pemula

Kenari Border.

Kenari Border

Jenis burung Border berasal dari wilayah Cumberland Facy yang berada di daerah perbatasan, oleh karena kenari ini disebut Border.

Jenis kenari yang satu ini banyak ditemui di sekitar daratan antara Inggris dan Skotlandia. Border memiliki ciri khas yang terlihat dari bentuk tubuhnya, yaitu bulat.

Baca Juga :

Kenari Gloster.

Kenari Gloster

Jenis Burung Gloster adalah jenis kenari yang sangat mungil, karena ia memiliki ukuran tubuh kurang dari 11 cm saja.

Hal tersebut ternyata juga merupakan salah satu peraturan yang ditujukan untuk Gloster ketika mengikuti ajang kontes burung kicau.

Ciri khas Gloster terletak pada warna bulunya yang kuning serta sayapnya yang agak kehijauan, dan memiliki ekor dengan warna putih.

Selain itu, Gloster juga memiliki jambul, yang mana banyak orang sering menyebutnya dengan nama Gloster Corona.

Sedangkan Gloster yang tidak berjambul disebut dengan nama Gloster Consort.

Kenari Roller.

Kenari Roller

Selain kenari Yorkshire, ternyata ada jenis kenari lain yang juga menjadi primadona di hati para pecinta burung, yaitu burung kenari Roller.

Ya, kenari Roller merupakan salah satu jenis burung kenari yang peminatnya cukup membludak.

Burung asal keturunan Jerman ini ternyata sudah banyak dikembangbiakkan dan dibudidayakan di wilayah pegunungan di negara Jerman yaitu Hartz.

Kenari Roller yang diikutsertakan dalam kontes burung kicau akan diletakkan dalam sangkar yang terbuat dari kayu, yang mana bagian depan sangkar tersebut akan ditutupi kain terlebih dahulu.

Kenari Roller baru akan mengeluarkan bunyi ketika tutup kain tersebut telah dibuka.

Kenari Crested.

Kenari Crested

Nah, kenari yang satu ini merupakan jenis burung kenari yang paling tua. Mengapa? Karena burung kenari Crested sudah hadir dan populer di awal tahun 1950.

Awal mula kenari Crested disebut dengan nama Turn-Crown, yang kemudian populer dengan nama lain yaitu King of The Fancy, yang berarti raja keindahan.

Ditemukan dua jenis keunikan pada kenari Crested, yaitu kenari Crested berjambul dan kenari Crested tanpa jambul.

Pada kenari Crested yang berjambul, jambul tersebut akan menutupi area kepalanya hingga mata dan paruhnya. Kenari Crested yang diperhitungkan dalam kontes burung juga dipengaruhi oleh kesempurnaan jambul yang ia miliki.

Kenari Frill.

Kenari Frill

Kenari Frill dikenal karena memiliki beberapa jenis bulu yang unik. Jenis bulu kenari Frill yang cukup populer adalah mantle, jabot, dan juga fin.

Mantle adalah jenis bulu yang berada di area tengah punggung kenari Frill, atau dengan kata lain disebut simetris.

Jabot adalah jenis bulu yang terletak pada bagian dada kenari Frill yang merombak ke bagian dalam sehingga menyerupai kerutan yang tertutup.

Fin adalah jenis bulu yang terletak di area paha kenari Frill sampai sayapnya.

Kenari Frill akan terlihat menawan jika jenis-jenis bulu tersebut tumbuh dengan sempurna, sebaliknya, jika bulu tersebut tumbuh tidak sempurna maka kenari Frill akan terlihat seperti burung yang aneh.

Kenari Belgia.

Kenari Belgia

Jenis Burung Kenari belgia Meski sudah lama dikembangbiakkan, namun kenari Belgia adalah jenis kenari yang cukup susah dibudidayakan.

Cara menetaskan telurnya pun unik, yaitu membutuhkan indukan kenari jenis lain untuk dapat menetaskannya.

Ciri khas kenari ini bisa dilihat dari bentuk kepalanya yang kecil menyerupai kepala ular.

Lebih Dekat Dengan Burung Kenari

Dari ratusan jenis burung yang banyak di pelihara di Indonesia, kenari adalah burung yang paling populer dan mampu bertahan cukup lama di kontes kicauan.

Keistimewaan burung kenari memang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kemampuan berkicau yang sangat baik, warna bulu yang bermacam macam, perawatan yang terbilang mudah dengan dan harganya yang relatif terjangkau menjadi alasan mengapa burung kenari memiliki sejuta penggemar.

Kenari sebenarnya memiliki banyak sekali turunan hasil perkembangan dan perkawinan hybrid.

Tapi pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai kenari klasik atau kenari domestik yang menjadi basic dari bermacam macam kenari modern.

Kenari klasik atau kita sebut kenari memiliki nama latin Serinus Canaria. Mereka adalah tipe burung penyanyi yang memiliki kemampuan menirukan suara burung lain.

burung kenari semula adalah burung liar yang banyak ditemukan di sekitar kepulauan Canary, Azores dan Madeira yaitu sebuah gugusan pulau pulau kecil di daerah Macaronesian.

Burung tersebut ditangkap kemudian dijinakkan oleh masyarakat setempat.

Pada abad ke 17 untuk pertama kalinya kenari didomestifikasi/dijinakkan untuk tujuan penangkaran.

Pada saat itu menangkarkan burung kenari belum semudah saat ini karena genetik sifat liarnya masih sangat dominan.

Burung kenari kemudian dibawa oleh para pelaut Spanyol menyebar ke seluruh Eropa melalui jalur pelayaran dengan menumpang kapal kapal dagang.

Akhirnya burung kenari menjadi trend di kalangan masyarakat Eropa terutama bagi kalangan bangsawan Inggris dan Spanyol.

Sebagai burung penyanyi tentu saja burung jantan menjadi favorit para kolektor burung.

Hanya dalam waktu yang singkat harga kenari melambung tinggi karena permintaan burung kenari di Eropa jauh lebih tinggi daripada kemampuan produksi para peternak Spanyol, Inggris dan tangkapan liar dari pulau Canary.

Hingga akhirnya para peternak Italia mampu mengembangbiakkan burung ini dalam skala besar. Akhirnya burung kenari hasil penangkaran peternak Eropa menjadi lebih dikenal masyarakat.

Demikian pula trend burung kenari di Inggris. Burung kenari menjadi peliharaan semua kalangan dari raja hingga masyarakat biasa.

Para peternak di Inggris dikenal lebih selektif dan berfokus pada kenari dengan suara suara keras dan tebal.

Kenari Yorkshire adalah contoh turunan kenari dengan postur yang besar dan suara yang keras hasil karya para peternak kenari di Inggris.

Varietas kenari secara umum dibagi menjadi 3 kelompok yaitu:

Jenis Burung Kenari lagu

Kenari lagu adalah burung burung kenari yang diternak untuk tujuan menghasilkan lagu yang baik, bervolume keras, bermental pemberani dan memiliki kicauan yang khas.

Beberapa jenis kenari yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah kenari timbrado, America Singer, Persia Singer, German Roller/Harz Roller dan Waterslager

Jenis Burung Kenari Colorbreed.

Colorbreed adalah jenis burung kenari yang diternakkan untuk menghasilkan warna warna baru dan cantik.

Kebanyakan kenari colorbreed adalah kenari hasil perkawinan dengan spesies burung lainnya untuk memasukkan warna baru dalam genetik keturunan.

Yang termasuk ke dalam jenis ini adalah ino, eumo, satinette, perunggu, gading, onyx, mosaik, coklat red factor dan red intensive

Jenis Burung Kenari Anatomi.

Anatomi adalah jenis burung kenari yang dikembang biakan untuk keperluan kontes ataupun menghasilkan strain baru dengan fisik yang berbeda dari kenari domestik.

Beberapa burung kenari yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah burung kenari Yorkshire, Border, Gloster,Berner, Fife, Merepet Italicus, Lancashire, dan Raza Española,

Jika burung kenari klasik di alam liar semula berwarna hanya hijau kekuningan, kenari domestik hasil penangkaran hingga saat ini telah berkembang menjadi banyak warna seperti oranye dan kuning (yang paling populer), putih, hitam dan merah.

Khusus warna merah pada burung kenari red intensive dan red factor dihasilkan dengan melakukan perkawinan hybrid dengan burung red siskin yang berasal dari Amerika Selatan

Itulah ulasan mengenai beberapa jenis burung kenari beserta penjelasan tentang burung kenari yang dapat disampaikan.

Demikian informasi menarik seputar Jenis Burung Kenari yang Sedang Populer Saat ini. Nantikan artikel informatif seputar hobi dan burung lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat!