PROMO CANVA Rp 95.000,00 /BULAN UNTUK 5 ORANG

Mengenal Burung Kenari Yorkshire Yang Populer di Indonesia

Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire merupakan strain kenari paling populer di Indonesia. Yorkshire dianggap kenari dengan kasta paling tinggi, oleh karena itu Yorkshire sering dijadikan materi breeding unggulan.

Kenari Yorkshire berasal dari Inggris tepatnya dari kota Yorkshire. Mulai ramai dibiakkan di Inggris pada tahun 1870 dengan nama latin serinus canaria domestica.

Kenari Yorkshire bukanlah kenari galur murni tetapi hasil rekayasa dan breeding terseleksi antara jenis Norwich, kenari Lanchasire dan kenari Belgia.

Ukuran tubuhnya cukup besar hingga mencapai panjang 17 cm melebihi jenis kenari yang lain, kepala membulat dengan leher yang terlihat pendek dan bulu tubuh rapat serta halus.

Kenari Yorkshire memiliki dada lebar dengan postur bediri yang membusung tegak.

Julukan Kenari Yorkshire

Julukan Kenari Yorkshire

Di Eropa Yorkshire dijuluki sebagai “The Guardsman” atau “Sang Penjaga” dan the “Gentleman of the Fancy” atau “Burung yang sopan / aristokrat” karena cara berdirinya yang tenang.

Warna yang paling banyak ditemui pada kenari Yorkshire adalah kuning, coklat, dan hijau sedangkan warna putih lebih sedikit.

Sekalipun ditemukan di Inggris, Yorkshire juga banyak dikembang biakkan di negara negara lain.

Para importir di Indonesia biasa mendatangkan Yorkshire dari Jerman, Belanda dan Belgia.

Di tahun 2016 ini yorkshire diperdagangakan mulai dari harga 6.500.000 per ekor hingga belasan juta tergantung dari asal negara dan tahun produksi

Burung Yorkshire yang baru saja masuk ke Indonesia tentu memerlukan beberapa penyesuaian terutama dengan kondisi cuaca.

Baca Juga :

Perawatan Kenari Yorkshire

Ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh para peternak burung Kenari pemula agar maskot anda tidak mati.

Kondisi Lingkungan dan cuaca

Iklim Indonesia tentu sangat berbeda dengan negara negara Eropa yang lebih sejuk.

Angin dan kelembaban terlebih pada musim hujan dapat berpotensi menyebabkan penyakit bagi burung Yorkshire import.

Untuk itu adaptasikan secara perlahan lahan dengan menempatkan burung Yorkshire dalam ruangan yang sejuk dan berventilasi.

Gunakan kerodong seperlunya agar Yorkshire cukup beristirahat. Lakukan hingga 2 bulan sampai Yorkshire terbiasa

Diet dan Vitamin.

Makanan pokok burung yorkshire adalah campuran berbagai biji bijian lengkap. Anda bisa dapatkan makanan dalam kemasan di toko burung langganan anda.

Berikan tambahan telur dan multivitamin secukupnya.

Sesekali sayur segar dapat diberikan tetapi dengan jumlah yang sangat terbatas. Ganti minuman setiap hari dan buang sisa sayuran yang tidak habis

Jemur Mandi

Burung yang baru saja datang janganlah dimandikan. Cukup sediakan cawan berisi air dan biarkan Yorkshire mandi dengan sendirinya.

Penjemuran juga jangan dilakukan pada lokasi yang terlalu panas dan lama, lakukan seperlunya.

Cek fisik dan kesehatan burung

Amati perilaku burung Yorkshire dan kondisi fisiknya. Apabila terindikasi terjangkit jamur dan kutu berikan obat anti kutu dan jamur khusus burung.

Amati juga apakah Yorkshire anda kesulitan mencari makanannya karena dimungkinkan terdapat katarak pada mata burung anda.

Jika burung kenari memiliki pernafsan yang tidak wajar seperti tersengal sengal dan berat segera bawa ke dokter hewan langganan anda.

Demikian informasi menarik seputar Burung Kenari Yorkshire. Nantikan artikel informatif seputar hobi dan burung lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat!