Mengenal Burung Kenari Fife si Cantik dari Iran

34

Kenari Fife, Berbeda dengan Kenari Rasmi Boland asal negara Iran, yang merupakan hasil perkawinan silang antara Kenari Rasmi dengan Kenari Yorkshire, yang mungkin belum terlalu dikenal dan diketahui

Terdapat jenis burung Kenari lain, yang merupakan salah satu jenis burung Kenari yang cukup populer dan banyak diminati oleh penghobi sebagian besar kalangan masyarakat, yaitu burung Kenari Fife.

Sebutan Kenari Fife

Sebutan Kenari Fife 
Sumber : birdsforhome.blogspot.com

Burung Kenari Fife, atau yang juga dikenal dengan sebutan Fife Fancy, atau sering disebut Fife saja, merupakan salah satu jenis burung Kenari Type, sama seperti Kenari Gloster.

Hanya saja, Kenari Fife memiliki tampilan fisik yang menyerupai Kenari Border, namun dengan postur dan ukuran tubuh yang lebih kecil.

Fife Fancy, atau Kenari ini, termasuk salah satu jenis burung Kenari yang digemari karena memiliki daya tahan tubuh yang kuat, perawatannya cukup mudah serta sangat produktif.

Karena sifatnya yang sangat produktif inilah, tidak sedikit yang menjuluki dan menyebut bahwa cara berkembangbiaknya seperti kelinci.

Perbedaan hanya terletak dari cara melahirkannya saja, yaitu bahwa kelinci berkembang biak secara vivipar, sedangkan burung ovipar.

Selain produktif, Kenari jenis Fife juga merupakan jenis Kenari yang sangat aktif.

Karena memiliki daya tahan tubuh yang kuat, maka Kenari Fife sangat jarang terserang oleh penyakit.

Bahkan, di beberapa negara, Kenari jenis Fife sudah sering diikutsertakan dalam lomba/ kontes, dan juga ditangkarkan.

Seperti Kenari Gloster, burung Fife Fancy dikembangbiakkan untuk kepentingan tampilan fisik, bukan lagu-lagunya atau warna bulunya.

Baca Juga :

Meski demikian, burung Kenari yang sudah mulai dikembangbiakkan di Skotlandia sejak tahun 1957 ini memiliki beberapa jenis lagu atau suara kicau yang tentu menjadi ciri khasnya.

Perlu diakui, bahwa Fife Fancy jantan memang memiliki suara ocehan yang cukup bagus.

Oleh karena itu, Kenari Fife jantan sering diikutsertakan dalam lomba/ kontes bukan karena tampilan fisiknya, melainkan karena suara kicaunya.

Biasanya, suara kicaunya digunakan untuk memaster burung Kenari yang masih muda/ bakalan.

Fife Fancy sudah banyak dimiliki oleh sebagian besar kalangan masyarakat dunia, baik sebagai burung peliharaan, ataupun sebagai burung yang ditangkarkan.

Suara kicauan Kenari Fife yang mengalun dan terkadang terdengar mirip dengan burung American Singer ternyata berhasil membuat banyak masyarakat tertarik dan berminat menjadikannya burung peliharaan.

Kenari Fife juga dikenal sebagai salah satu jenis burung Kenari yang memiliki karakter suara kicau yang unik.

Dan tidak seperti Kenari lainnya, daya tahan tubuhnya yang kuat juga menjadi salah satu daya tariknya.

Dalam penangkaran, proses pengeraman tak hanya dilakukan oleh induk betina saja, namun juga dilakukan oleh Fife Fancy jantan.

Bahkan, setelah menetas, indukan jantan juga berperan merawat anak-anaknya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa Kenari Fife merupakan jenis Kenari yang produktif.

Ketika anakan disapih, tak lama kemudian kedua induknya kawin lagi, dan Fife betina akan bertelur lagi.