Burung Kenari Brimstone Duplikat dari Kenari Mozambik

Burung Kenari Brimstone

Burung Kenari Brimstone, atau yang dikenal juga dengan sebutan Brimstone Canary, atau yang dalam bahasa latin dikenal dengan istilah Serinus Sulphuratis, merupakan salah satu jenis burung Kenari yang dianggap sebagai kembaran dari burung Mozambik

Meski pada kenyataannya, suara kicau Kenari Brimstone terbilang lebih baik jika dibandingkan dengan burung Mozambik.

Maka tak heran jika Kenari Brimstone termasuk salah satu jenis burung yang banyak digemari dan diincar banyak kalangan masyarakat, terutama para pecinta burung ocehan.

Namun, tak sedikit pula pembeli yang sering keliru, karena terdapat satu jenis burung lagi yang mirip dengan burung Mozambik dan Brimstone yaitu White-Bellied Canary, atau Serinus Dorsostriatus.

Mengenal Burung Kenari Brimstone

Mengenal Burung Kenari Brimstone

Kenari Brimstone, yang dalam lingkup internasional dikenal dengan nama Bully Canary ini merupakan jenis burung ocehan yang tergolong ke dalam famili Fringilidae, yang banyak dijumpai dan ditemukan di wilayah Afrika Utara.

Jika dilihat sekilas, burung Kenari Brimstone memiliki tampilan fisik dan warna bulu yang menyerupai burung Mozambik.

Namun, apabila dilihat lebih detil lagi, kedua jenis burung ocehan ini memiliki ukuran tubuh yang berbeda, yaitu bahwa burung Mozambik memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan burung Kenari Brimstone.

Selain itu, pada bagian kepalanya, memiliki corak warna yang lebih jelas, dengan bagian pantat yang berwarna kuning cerah.

Baca Juga :

Burung Kenari Brimstone jantan dan betina

Sedangkan untuk dapat membedakan burung Kenari Brimstone jantan dan betina, dapat dengan mengamati hal-hal sebagai berikut:

  • Warna bulu Kenari Brimstone jantan terlihat lebih cerah daripada betina
  • Paruh burung jantan berukuran lebih besar daripada betina
  • Pada burung jantan, terlihat corak wajah yang lebih tegas
  • Warna garis kuning pada bagian sayap burung jantan terlihat lebih jelas
  • Burung jantan memiliki bagian pantat dengan warna kehijauan

Burung Kenari Brimstone merupakan salah satu jenis burung Kenari yang perawatannya cukup mudah.

Hal tersebut dikarenakan cuaca dan iklim di habitat asalnya, yaitu Afrika, tak jauh berbeda dengan kondisi cuaca dan iklim di Indonesia.

Maka tak heran, sebagian besar jenis burung ocehan yang didatangkan ke Indonesia dari Afrika seperti Lovebird, Blackthroat dan Mozambik dapat hidup dengan baik di Indonesia.

Pakan Kenari Brimstone 

Pakan utama burung Kenari Brimstone adalah biji-bijian seperti millet, sayuran hijau, bunga, buah-buahan dan Canary seed. Selain itu, Kenari Brimstone juga sangat menyukai rayap sebagai pakan tambahannya.

Kelemahan dari burung Kenari ini adalah sifatnya yang kurang ramah, karena lebih sering terlihat menyendiri di dalam sangkarnya. Sedangkan pada saat musim kawin, burung betina biasanya cenderung lebih agresif.

Keunggulan Kenari Brimstone adalah bahwa penangkarannya dapat dilakukan pada saat musim dingin ataupun musim panas, karena cuaca tidak terlalu berpengaruh bagi jenis burung Kenari ini.

Karena memiliki suara kicau yang lebih variatif dan lebih ngeroll, maka tak heran jika burung Kenari Brismtone dijual dengan harga yang lebih mahal daripada burung Mozambik.