Fakta Burung Kenari Belgia yang belum banyak orang tahu

Kenari Belgia

Burung Kenari merupakan salah satu jenis burung ocehan yang sangat dikenal dan memiliki cukup banyak penggemar hampir di seluruh belahan dunia.

Seperti halnya di Indonesia, yaitu dikenal satu jenis burung Kenari yang dianggap sebagai burung Kenari yang paling bagus dan mewah, yaitu Kenari YS atau Kenari Yorkshire.

Namun berbeda dengan Indonesia, di wilayah Eropa dan Amerika dikenal satu jenis burung Kenari yang dinilai cukup baik dan mewah, dan memiliki banyak penggemar dan peminat, yaitu burung Kenari Belgia, atau yang juga dikenal dengan nama Belgian Fancy.

Perlu diketahui, bahwa burung Kenari yang populer di Eropa dan Amerika ini merupakan salah satu jenis burung ocehan yang memiliki pengaruh yang besar bagi beberapa jenis Kenari lain yang sekarang sudah populer hampir di seluruh belahan dunia, termasuk Kenari Yorkshire.

Mengenal Tentang Burung Kenari Belgia

Kenari Belgia, atau Belgian Fancy, merupakan salah satu jenis burung Kenari yang mulai dikenal dan populer, serta banyak dibudidayakan dan dikembangbiakkan sekitar akhir tahun 1800-an.

Populasi Kenari Belgia ini kemudian mengalami penurunan drastic akibat Perang Dunia I, yang tentunya memakan banyak sekali korban jiwa.

Bahkan, di negara asalnya, Kenari Belgia hampir saja punah.

Lalu populasi Belgian Fancy ini kembali bangkit karena banyak masyarakat yang tertarik mengembangbiakkannya seusai Perang Dunia.

Bahkan, dari perkembangbiakkan tersebut, lahirlah keturunan dan spesies baru, yang tak kalah populer yaitu Scoth Fancy, Lancashire, dan Yorkshire.

Baca Juga :

Kenari Belgia merupakan Piaraan bangsawan

Di wilayah Eropa, oleh masyarakatnya, burung Kenari Belgia merupakan burung bangsawan. Mengapa? Hal tersebut dikarenakn postur tubuhnya yang anggung, cantik, dan unik.

Bagian kepala serta lehernya terlihat menonjol keluar dari bahunya. Tubuhnya yang membungkuk terlihat seperti boomerang.

Oleh karena penampilan fisiknya yang cantik dan unik itulah, akhirnya membuat banyak kalangan masyarakat, baik pecinta burung kicau ataupun peternak, tertarik dan berminat untuk mengembangbiakkan Belgian Fancy ini sebagai Kenari Postur, bukan Kenari Penyanyi atau Kenari Warna.

Ukuran Tubuh Belgian Fancy

Belgian Fancy memiliki panjang tubuh sekitar 17 cm, dengan tubuhnya yang kurus dan bentuk kepalanya yang kecil, serta bagian lehernya yang ramping dan terlihat membungkuk.

Jika dilihat dari arah belakang, postur tubuh Belgian Fancy ini terlihat seperti bentuk segitiga.

Keistimewaan lain terlihat pada bulu-bulunya yang bertekstur halus dan rapi, dengan warna yang cukup beragam, yaitu hijau, putih, dan kuning.

Konon, memelihara burung Kenari Belgia memang bukanlah hal yang mudah.

Hal tersebut dikarenakan burung Kenari Belgia memiliki sifat pemalu dan sangat mudah mengalami stress.

Bahkan, beberapa induk Belgian Fancy juga dikenal sebagai indukan yang kurang pandai merawat anaknya.

Di pasar Indonesia, Kenari Belgia memang jarang atau sulit ditemukan. Jika ada, kemungkinan besar Kenari tersebut hanya merupakan hasil perkawinan silang saja, bukan spesies murni.

Meski dikenal sebagai Kenari Postur, namun Kenari Belgia juga memiliki suara kicau yang mengalun, dengan irama yang menyerupai burung American Singer.