PROMO CANVA Rp 95.000,00 /BULAN UNTUK 5 ORANG

Mengenal Burung Kenari Lizard Mempunyai Warna Unik

Burung Kenari Lizard

Burung Kenari merupakan salah satu jenis burung kicau yang cukup populer dan banyak diminati oleh sebagian besar kalangan masyarakat, terutama para penggemar burung ocehan.

Selain memiliki kualitas suara kicau yang baik, burung Kenari terdiri dari berbagai macam jenis, salah satunya adalah Kenari Lizard.

Disebut sebagai burung Kenari Lizard dikarenakan jenis burung kenari yang satu ini memiliki bulu yang bercorak seperti kadal atau lizard.

Jenis burung yang bernama latin Serinus Canavaria ini adalah tipe burung yang memiliki sifat dan karakter pemalu, pendiam, dan tidak rewel.

Dengan sifat dan karakternya yang demikian, maka sangat penting menjauhkan Kenari Lizard dari jenis burung kicau lain yang bersifat cukup agresif, seperti Parkit dan Lovebird.

Untuk dapat mengenali Kenari Lizard dengan mudah, tentu dengan cara mengamati ciri-ciri tampilan fisiknya. Burung Kenari Lizard memiliki ukuran tubuh sekitar 13 – 14 cm atau 5 inci.

Yang membuatnya terlihat istimewa dan lain dari jenis kenari pada umumnya adalah corak bulunya yang menyerupai kadal atau lizard.

Bulu-bulu burung Kenari Lizard yang terlihat mirip dengan kadal tersebut disebut juga dengan istilah spangling yaitu rangkaian bintik hitam yang berbentuk seperti bulan sabit yang dapat terlihat pada bagian punggung Kenari Lizard ini.

Selain keunikan corak pada bagian punggung tersebut, ditemukan juga corak unik pada bulu-bulu di bagian yang disebut dengan istilah cap. Sebutan cap tersebut disebabkan pola tersebut menyerupai bentuk topi.

Kenari Lizard pertama kali ditemukan di negara Perancis pada tahun 1700-an. Populasi Kenari Lizard semakin menurun dikarenakan adanya wabah penyakit yang menyerang negara Perancis dan akibat perang yang terjadi pada sekitar tahun 1900-an.

Namun, pada sekitar tahun 1945, didirikan Asosiasi Kenari Lizard di negara Inggris, bertujuan untuk menjaga populasi burung unik ini. Kenari Lizard terbagi menjadi 4 jenis didasarkan pada warna bulunya.

Baca Juga :

Macam-macam Burung Kenari Lizard 

  • Gold Lizard. Yaitu jenis Kenari Lizard yang memiliki bulu yang di dominasi warna kuning.
  • Silver Lizard. Yaitu jenis Kenari Lizard yang memiliki bulu yang di dominasi warna perak atau keabu-abuan.
  • Red Lizard. Yaitu jenis Kenari Lizard yang memiliki bulu yang di dominasi warna merah.
  • Blue Lizard. Yaitu jenis Kenari Lizard yang memiliki bulu yang di dominasi warna biru keputih-putihan.

Sedangkan menurut jenis tipe kepalanya, Kenari Lizard terbagi menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut:

  • Clear Cap. Yaitu jenis Kenari Lizard yang kepalanya terlihat botak di bagian tengah, serta tidak ditemukan bulu pada bagian tengah kepalanya.
  • Broken Cap. Yaitu jenis Kenari Lizard dengan tipe kepala botak yang tidak beraturan.
  • Non Cap. Yaitu jenis Kenari Lizard yang tidak mempunyai bulu di kepalanya yang menyerupai topi.

Suara kicau Kenari Lizard memang dinilai kurang begitu baik. Akan tetapi Kenari Lizard yang dilatih dengan tekun dan dirawat dengan baik, tentu akan mampu menghasilkan suara kicau yang tak kalah bagus dengan burung kicau lainnya.

Demikian informasi menarik seputar Burung Kenari Lizard . Nantikan artikel informatif seputar hobi dan burung lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Referensi :