Mengenal Burung Kenari Roller yang Perlu diketahui

Burung Kenari Roller

Seperti yang sudah diketahui, bahwa burung kenari adalah salah satu jenis burung yang menjadi andalan dan primadona bagi para pecintanya.

Jenis burung kenari sangat beragam. Salah satu jenis burung kenari yang sekarang sedang marak dibicarakan adalah burung kenari Roller.

Burung indah dengan suara kicau yang merdu serta bentuk tubuh yang menarik dan mungil, ditambah lagi dengan warna-warna bulunya yang menawan, membuat kenari ini diincar oleh para pecinta burung.

Meski tidak setenar dan se-populer kenari Yorkshire, kenari Roller tetap saja menjadi incaran banyak penghobi burung karena ia mempunyai kualitas sebagai burung kicau yang cukup bagus.

Selain itu, banyak orang yang memburu jenis kenari Roller ini bukan hanya dipelihara saja, namun juga dibudidayakan.

Kenari Roller adalah salah satu jenis kenari yang unik dan mempunyai karakteristik yang bisa dibilang cukup berbeda dengan jenis kenari lainnya.

Sebutan Burung Kenari Roller

Sebutan Burung Kenari Roller

Burung kenari Roller sering juga disebut dengan nama Harzers. Nama Harzers yang disematkan pada kenari Roller dikarenakan burung kenari ini adalah jenis kenari asal negara Jerman, tepatnya di wilayah pegunungan Hartz.

Lalu, mengapa disebut dengan nama kenari Roller? Sebutan Roller pada kenari ini ternyata dikarenakan ia memiliki suara kicau yang ngerol ketika berkicau, yaitu mengeluarkan suara secara terus menerus dan tak berhenti mengeluarkan suara kicau yang tidak monoton dan cukup bervariasi.

Meski nada suara kicau yang dikeluarkannya melengking tinggi, namun masih nyaman didengar oleh telinga. Kenari ini bisa melantunkan nada kicau yang beragam dengan variasi nada tinggi dan rendah.

Baca Juga :

Kenari Roller memiliki ukuran tubuh sekitar 7.5 cm. salah satu ciri khas yang dapat ditemukan dengan mudah pada jenis kenari ini adalah gelembung suara yang terletak pada bagian dagunya. Uniknya, gelembung suara pada bagian dagu kenari Roller mempunyai ukuran yang sama besar dengan ukuran kepalanya.

Sebagian besar burung kenari Roller memiliki warna bulu yaitu warna hijau, yang dihiasi dengan garis-garis depan yang terdapat pada bagian punggungnya.

Kenari Roller dikembangkan di berbagai negara seperti Belgia dan Belanda. Tak sedikit pula orang Indonesia yang menyukai jenis kenari ini sehingga mulailah dikembangbiakkan dan dipelihara.

Karena memiliki kualitas suara kicau yang cukup bagus, bervariasi, dan melengking, burung kenari ini sangat cocok dijadikan burung peliharaan dan diikutsertakan dalam acara kontes/ perlombaan yang melibatkan burung.

Namun untuk menjadi salah satu burung kicau andalan, tentunya Anda harus rajin dan tekun merawat dan melatihnya.

Demikian informasi menarik seputar Mengenal Burung Kenari Roller yang Perlu diketahui. Nantikan artikel informatif seputar hobi dan burung lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat!