Mengenal Burung Kenari American Singer yang perlu Diketahui

Kenari American Singer

Burung Kenari American Singer, Burung Kenari, merupakan salah satu jenis burung kicau yang kualitas suara kicaunya tak diragukan lagi.

Selain memiliki suara kicau yang aduhai merdu dan memikat telinga, burung kenari juga memiliki tampilan fisik yang menarik dan cantik.

Oleh karena itu, tak heran jika banyak masyarakat yang mengincarnya dan tertarik memeliharanya, khususnya para pecinta burung kicau.

Tak hanya memiliki keistimewaan pada tampilan fisik dan suara kicaunya, burung kenari juga kaya akan ragam jenisnya, salah satunya ialah burung kenari American Singer.

Mengenal Kenari American Singer

American Singer Canary, merupakan salah satu jenis burung kenari yang sungguh mampu memikat, dengan kualitas suara kicau dan tampilan fisiknya yang cantik dan menarik perhatian banyak kalangan.

Dilihat dari namanya, American Singer Canary merupakan jenis burung kenari yang dinobatkan sebagai burung kenari yang memiliki suara kicau terbaik di dunia.

Kenari American Singer juga sangat cocok dipelihara oleh para pemula, atau peternak musiman, atau para pecinta burung kicau lainnya karena ia memiliki tubuh yang kuat dan mudah dirawat.

Selain itu, ketertarikan masyarakat pada kenari jenis ini akan semakin bertambah karena ragam warna bulu yang dimilikinya.

Tentu saja, selain dipelihara dan dibudidayakan, American Singer Canary ini juga termasuk salah satu jenis burung kicau yang cukup populer di acara perlombaan atau kontes burung.

Hal tersebut dikarenakan kenari American Singer memiliki suara kicau yang tak hanya baik, namun juga bervariasi.

Keistimewaan lain jenis kenari ini adalah, bahwa setiap perkawinan silang dari American Singer Canary selalu mampu menghasilkan anakan kenari yang memiliki standard suara kicau yang berbeda-beda, dan berkualitas.

Penyebaran burung kenari American Singer di Amerika tentunya sudah sangat luas. Selain disebut sebagai American Singer Canary, burung kenari ini juga dijuluki sebagai Song Canary.

Burung kenari yang memiliki nama latin Serinus Canaria Domesticus ini memiliki panjang tubuh sekitar 14.6 cm atau sekitar 5.75 inchi.

Baca Juga :

Variasi Kenari American Singer

Variasi warna bulu pada kenari jenis ini adalah kuning, putih, hijau, biru, oranye, abu-abu, cokelat, dan masih banyak lainnya. Tidak keras, tidak kasar, dan tidak monoton, itulah ciri suara kicau kenari American Singer.

Dalam hal pakan, makanan utama yang dapat diberikan pada kenari Amerika ini adalah canary seed dan rape seed.

Selain itu, berikan juga makanan lain seperti sayuran hijau setiap hari, dan juga sotong atau cumi. Pemberian vitamin juga diperlukan untuk menunjang keindahan bulu dan suara kicaunya.

Karena jenis kenari ini sangat gemar mandi, maka penting untuk menyediakan tempat mandi baginya.

Pembersihan kandang juga harus dilakukan secara rutin dan rajin-rajinlah memotong kuku kenari pada saat kukunya mulai memanjang.

Perlu diketahui, untuk kenari American Singer jantan, membutuhkan kandang khusus untuk menjaga kualitas suara kicaunya.

Hal tersebut disebabkan kenari jantan sangat sensitif terhadap wilayah kekuasaan.

Jika diletakkan dua kenari jantan dalam satu sangkar, maka kemungkinan pertengkaran akan sangat besar, dan akan mempengaruhi kualitas suara kicaunya.

Karena keistimewaannya tersebut, maka tak heran jika American Singer Canary ini dibanderol dengan harga mahal yaitu sekitar Rp 750.000 – Rp 1.500.000,-/ ekor.

Demikian informasi menarik seputar Burung Kenari American Singer.

Nantikan artikel informatif seputar hobi dan burung lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat!

Referensi :