7 Tips Mengatasai Suara Kenari Yang Serak bagi Pemula

Suara Kenari Yang Serak

Mengatasai Suara Kenari Yang Serak, Sebagai pemilik/ pemelihara burung kenari, pastinya Anda menginginkan burung kenari peliharaan Anda selalu sehat dan dapat mengeluarkan suara kicau yang merdu tanpa gangguan.

Namun fakta yang ditemukan, ternyata tak sedikit jumlah pemelihara/ pembudidaya burung kenari yang mengeluhkan bahwa burung kenari miliknya mengalami gangguan pada bagian tenggorokannya seperti suara serak.

Tak hanya itu, banyak pula burung kenari yang sering mengalami suara yang menghilang tiba-tiba.

Hal semacam ini memang sering dialami oleh burung kenari, baik yang kualitas suara kicaunya gacor ataupun kenari yang kualitas kicaunya biasa-biasa saja, atau bahkan burung kenari yang baru belajar berkicau.

Cara Mengobati Suara Kenari Yang Serak

Cara Mengobati Suara Kenari Yang Serak

Permasalahan tenggorokan yang menyerang burung kenari memang biasa terjadi.

Namun, hal itu sebaiknya jangan serta merta membuat Anda menjadi turun mental, alangkah lebih baik jika Anda segera mencari solusi atau pengobatan bagi suara kenari Anda yang mengalami gangguan.

Baca Juga :

Berikut adalah beberapa tips mengatasi Suara Kenari Yang Serak.

  1. Jika Anda terbiasa sering/ rajin menjemur burung kenari dalam waktu yang lama, kurangilah waktu penjemuran burung kenari Anda. Sebagai contoh, misalkan penjemuran kenari biasa dilakukan dari pukul 07.00 – 10.00 pagi, ubahlah menjadi lebih singkat yaitu dari pukul 07.00 – 09.00 pagi.
  2. Pemberian pakan juga patut menjadi perhatian. Jika biasanya Anda memberi makan burung kenari Anda makanan berupa sawi dan kunyit, sebaiknya kurangi dahulu atau lebih baik dihentikan. Perlu diketahui, bahwa sawi dan kunyit adalah jenis makanan yang bisa menyebabkan kegemukan pada burung kenari peliharaan Anda. Jika burung kenari semakin hari semakin gemuk, ia tak hanya akan malas bergerak, namun juga malas mengeluarkan bunyi.
  3. Untuk pemberian makan burung kenari, sebaiknya diusahakan untuk lebih sering memberi makan berupa niger. Niger adalah jenis makanan yang bersifat menghangatkan. Dengan memberi niger sebagai makanan kenari Anda, tenggorokan burung kenari bisa menjadi lebih hangat. Rasa hangat yang diciptakan oleh niger tadi akan membantu mengurangi dan menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan kenari, sehingga dapat perlahan menyembuhkan suara seraknya.
  4. Selain dengan memperhatikan waktu penjemuran dan pemberian makan, mengobati suara burung kenari serak juga dapat dilakukan dengan cara tradisional. Cukup banyak pemelihara/ pembudidaya burung kenari yang mengobati suara serak kenari menggunakan obat-obatan tradisional, yaitu melakukan terapi dengan memberikan daun mengkudu muda. Untuk hasil yang lebih baik, Anda juga dapat menambahkan apel dan selada.
  5. Mengatasai Suara Kenari Yang Serak Hindari memberi makan kenari Anda berupa mentimun dan oyong, karena getah yang ada pada mentimun dan oyong akan memperburuk suara seraknya.
  6. Mengatasai Suara Kenari Yang Serak Jangan memberi minum kenari Anda dengan menggunakan air keran. Air minum burung kenari haruslah air matang, yaitu air yang sudah direbus atau air mineral kemasan.
  7. Mengatasai Suara Kenari Yang Serak Usahakan tidak lupa mengerodong sangkar burung kenari pada saat malam hari.

Demikian informasi menarik seputar Tips Mengatasai Suara Kenari Serak. Nantikan artikel informatif seputar hobi dan burung lainnya dari Hypetuts.com, ya.