Contoh Artikel Populer Beserta Pengertian Artikel Populer

0
11 views
Contoh Artikel Populer
Sumber : Pixabay

Artikel populer sangat mudah kita temui saat ini khususnya pada media online. Artikel populer tersebut banyak disukai masyarakat karena pada umumnya menawarkan sebuah gagasan baru atau ide – ide segar tentang suatu hal.

Artikel populer sendiri menggunakan Bahasa yang mudah dipahami dan umumnya membuat suatu gagasan yang bermanfaat bagi banyak orang. Tulisan ini merupakan salah satu contoh sederhana dari artikel populer.

Dalam media massa online pada umumnya jenis artikel yang dimuat adalah artikel populer. Agar bisa memahami secara mendalam tentang artikel populer tersebut, berikut kami rangkum pengertian, ciri – ciri beserta contoh artikel populer.

Jangan Lupa Untuk menyimak artikel terkait diantaranya :

Pengertian Artikel Populer

Artikel populer dapat diartikan sebagai sebuah teks yang memuat tentang sebuah gagasan terkait topik yang sedang hangat diperbincangkan atau topik yang memberikan manfaat bagi banyak orang.

Artikel populer sangat berbeda dengan artikel ilmiah. Artikel populer sendiri bahasanya lebih santai atau semi-formal. selain itu format tulisan yang digunakan juga tidak kaku dan mudah dimengerti oleh masyarakat luas.

Artikel ini sering menggunakan Bahasa populer oleh karena itu artikelnya disebut sebagai artikel populer.

Artikel populer bisa ditulis oleh siapa saja dan tidak ada syarat khusus dalam penulisannya. Yang paling penting adalah artikel tersebut memuat gagasan menarik agar pembaca bisa tertarik untuk membacanya.

Ciri – Ciri Artikel Populer

Agar bisa memahami lebih dalam tentang artikel populer tersebut ada baiknya dilihat terlebih dahulu ciri dari artikel populer. Berikut ini beberapa ciri artikel populer.

Topik Tidak Harus Berat dan Tidak Perlu Fakta Empirik

Salah satu ciri dari artikel populer bisa dilihat dari topiknya. Kebanyakan artikel populer hanya memuat topik yang tidak berat atau bisa disebut topik sederhana.

Bahkan kebanyakan topik yang diangkat adalah sesuatu yang dekat dengan pembaca. Selain itu dalam artikel tersebut juga tidak perlu memuat fakta empirik atau fakta berdasarkan hasil penelitian.

Gagasan atau topik yang diangkat bisa saja berdasarkan pengamatan atau perenungan penulisannya. Jadi contoh artikel populer biasanya hanya memuat sudut pandang penulisnya.

Pembahasan Tidak Perlu Terlalu Detail

Ciri lain dari artikel populer adalah pembahasannya juga tidak terlalu detail atau hanya mengungkapkan garis besarnya saja.

kebanyakan artikel populer tidak lebih dari 1000 kata, sehingga pembaca bisa dengan mudah menyelesaikan bacaan tersebut.

Walaupun pembahasan tidak mendalam, tetapi tetap saja dalam artikel tersebut alur pemikiran yang disampaikan jelas.

Pembaca bisa menangkan apa yang hendak disampaikan penulis serta bisa mencerna maksud penulis dari tulisan tersebut.

Format Penulisan Bebas

Ciri lain dari artikel populer adalah format penulisannya bebas. Tidak ada aturan baku tentang format penulisan artikel ini.

Walaupun demikian isi dari artikel tersebut dapat dengan mudah dipahami. Biasanya pada artikel populer terdapat 3 bagian utama, yakni pembuka, isi, dan penutup.

Saat Sahabat hendak menulis artikel populer maka pastikan untuk membuat bagian pembuka, isi, dan penutup agar pembaca bisa memahami artikel tersebut.

Berguna Bagi Pembaca

Ciri lainnya dari artikel populer adalah artikel tersebut harus memberikan manfaat bagi pembaca. Jika artikel tersebut tidak ada manfaatnya, maka tidak ada gunanya untuk menulisnya.

Oleh karena itu artikel populer selalu mengangkat tema tentang hal – hal yang dekat pembaca, agar melalui sudut pandang penulis, artikel tersebut dapat memberikan manfaat bagi pembaca.

Beberapa contoh artikel populer seperti Bahaya Smartphone Bagi Anak, Manfaat Rajin Mencuci Tangan, dan yang lainnya.

Sekian artikel seputar Contoh Artikel Populer dari Hypetuts semoga informasi ini bisa bermanfaat.