Contoh Review Artikel Beserta Struktur Penulisannya

0
36 views
Contoh Review Artikel
Image : Pixabay

Review artikel atau sering juga disebut sebagai artikel review merupakan salah satu jenis teks yang tujuannya mendeskripsikan secara jelas suatu produk atau hal.

Saat ini jenis artikel yang satu ini sangat banyak dibutuhkan terutama untuk mempromosikan suatu barang.

Artikel review yang baik adalah harus mengandung nilai kejujuran di dalamnya. Jadi pembaca nantinya bisa mendapatkan manfaat dari artikel tersebut.

Saat ini semakin marak artikel review tersebar di internet terutama yang berkaitan dengan promosi bisnis.

Namun kebanyakan artikel review tersebut tidak memenuhi kaidah review sebenarnya. Biar tidak salah dalam membuat artikel review, berikut kami bagikan contoh review artikel beserta struktur penulisannya.

Jangan Lupa Untuk menyimak artikel terkait diantaranya :

Pengertian Review Artikel

Review artikel merupakan salah satu jenis teks yang ditulis untuk tujuan mendeskripsikan sesuatu (baik produk, tempat, makanan, dan lainnya).

Pada artikel tersebut harus disebutkan secara jelas apa saja kelebihan serta kekurangannya serta hal apa saja yang perlu diketahui pembaca dari hal yang direview tersebut.

Artikel review harus fokus kepada kepentingan pembaca, bukan kepada kepentingan penulis artikel atau pemilik produk tersebut.

Oleh karena itu hal yang dideskripsikan adalah hal – hal yang dibutuhkan pembaca, seperti kekurangan, kelebihan, manfaat, dan yang lainnya.

Saat ini banyak juga artikel review pesanan dari advertiser (pemasang iklan). Walaupun artikel review tersebut pesanan, pastikan untuk tidak membohongi pembaca.

Struktur Penulisan Review Artikel

contoh review artikel yang baik adalah artikel tersebut ditulis sesuai dengan struktur kepenulisan yang telah ditetapkan.

Jika pedoman penulisan dipatuhi maka artikel tersebut nantinya bisa memberikan manfaat bagi pembaca. Berikut ini struktur artikel review.

Pembuka

Dalam menulis artikel review harus ada kalimat pembuka. Jadi saat Sahabat misalnya mereview suatu produk, jangan langsung jelaskan produk tersebut.

Harus ada kalimat pengantar yang menarik agar pembaca tertarik menyelesaikan artikel tersebut hingga akhir.

Pada paragraf pembuka ini, isinya bisa tentang perkenalan produk yang hendak direview. Bagian pembuka tidak boleh terlalu panjang, dan langsung ke topik pembahasan.

Deskripsi Produk

Setelah paragraf pembuka, maka selanjutnya penjelasan tentang produk tersebut. Pada bagian ini harus dideskripsikan secara spesifik latar belakang produk tersebut.

Misalnya tentang merk, produksinya bagaimana, kegunaannya, kepada siapa di pasarkan, di mana tempat membeli, bagaimana bentuk kemasan, cara pemakaian, dan yang lainnya.

pada bagian ini pembaca akan mengetahui secara mendalam tentang produk yang sedang direview tersebut.

Kelebihan

Artikel review juga harus mengungkapkan kelebihan apa saja yang dimiliki produk tersebut. Pada bagian ini kejujuran sangat penting, dan tidak boleh dilebih – lebihkan.

Jika produk yang direview memiliki kelebihan maka harus disebutkan apa adanya. Buat gaya penulisan persuasif agar pembaca bisa tertarik berkat kelebihan yang dihadirkan produk yang direview tersebut.

Kekurangan

Setiap artikel review juga harus menyebutkan kekurangan dari produk yang direview. Setiap produk apa pun itu pasti memiliki kekurangan.

Jadi walaupun artikel tersebut sifatnya pesanan jangan ragu untuk menyebutkan kekurangan produk tersebut. Buat gaya Bahasa halus agar kekurangan dari produk tidak membuat produk tersebut jelek.

Kesimpulan

Artikel review juga harus memuat kesimpulan. Setelah mendeskripsikan produk tersebut beserta kelebihan dan kekurangannya, maka berikan tanggapan atau penilaian Sahabat tentang produk tersebut.

Dengan demikian pembaca nantinya bisa menjadikan penilaian Sahabat sebagai acuan. Beberapa contoh review artikel seperti : Review HP Xiaomi Redmi 9 Pro, Review Laptop Asus, dan yang lainnya.

Sekian artikel seputar Contoh Review Artikel Beserta Struktur Penulisannya dari Hypetuts semoga informasi ini bisa bermanfaat.