Contoh Artikel Ilmiah Beserta 8 Struktur Penulisannya

  • Bagikan
Contoh Artikel Ilmiah
Image : Pixabay.com

Contoh artikel ilmiah bisa disimak penjelasannya berikut, Jika sahabat seorang pelajar atau mahasiswa maka sudah tak asing lagi dengan istilah artikel.

Artikel sendiri bisa ditemukan di website, Koran, majalah, dan masih banyak lainnya.

Salah satu jenis artikel yang dibuat dalam dunia pendidikan merupakan artikel ilmiah.

Diartikel ini akan membahas lebih lengkap contoh artikel ilmiah yang bisa kamu tiru atau praktekan.

Sahabat mungkin sudah tahu jika artikel biasanya sering dimuat dalam jurnal ilmiah ataupun buku.

Kemampuan dalam menulis ilmiah ataupun penelitian sangatlah penting jika sahabat saat ini sedang berada di bangku sekolah ataupun kuliah.

Model penulisan ilmiah merupakan penulisan artikel yang tulisannya menggunakan bahasa baku dan memperhatikan ejaan yang sesuai.

Sehingga bisa dikatakan bahwa artikel ilmiah merupakan sebutan yang khusus bagi makalah dikalangan mahasiswa yang berhubungan dengan pendidikannya.Berikut pembahasan selengkapnya.

Baca Juga artikel menarik lainnya :

Apa itu artikel ilmiah?

Kesimpulan Contoh artikel Ilmiah

Artikel ilmiah merupakan tulisan yang isinya berupa ide, gagasan, dan hasil pemikiran berdasarkan pengamatan. penelitian.

kajian. dan evaluasi yang tersaji secara terstruktur berdasar metode ilmiah sehingga isinya sendiri bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah terdapat suatu masalah.

Cara pembuatan artikel ilmiah tentu saja berbeda dengan artikel biasa. Dalam menulis artikel ilmiah harus memenuhi etika dan kaidah ilmiah.

Penjelasan artikel ilmiah

Setelah sahabat mengerti tentang pengertian artikel ilmiah, maka sahabat akan belajar tentang artikel penelitian. Artikel penelitian merupakan salah satu jenis artikel ilmiah. Jenis tersebut didasarkan pada isinya.

Artikel penelitian merupakan salah satu jenis artikel ilmiah yang berisi tentang informasi suatu ilmu pengetahuan baru dan sudah dipublikasikan pada jurnal baik secara nasional ataupun internasional.

Artikel jenis ini juga bisa menjelaskan tentang hasil penelitian atau riset yang relatif baru dan original sekaligus menjabarkan tentang metodologi penelitian yang digunakan dalam jurnal tersebut.

Beberapa struktur penulisan artikel penelitian

Judul

Judul artikel mungkin bisa sama dengan judul penelitian yang sudah dilakukan. Lalu sahabat juga bisa mencantumkan nama penulis tanpa gelar dan lembaga tempat bertugas.

Abstrak

Abstrak adalah inti permasalahan, bagaimana penelitian tersebut dilakukan, hasil, dan menarik kesimpulan.

Abstrak sendiri tidak boleh melebihi 200 kata. Namun ada beberapa majalah atau jurnal yang mewajibkan untuk menulis abstrak menggunakan Bahasa Inggris selain Bahasa Indonesia.

Buat Kata Kunci/ Keyword

Kata kunci terdiri dari kata pokok yang berkaitan erat dengan isi artikel. Biasanya ditulis dengan bahasa yang sama dengan penulisan abstrak dan ditempatkan di bawah abstrak

Mulai Pendahuluan

Biasanya memuat latar belakang suatu masalah beserta alasan mengapa masalah tersebut penting untuk diteliti, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan mengandung uraian singkat, dll.

Metode Penelitian

Berisi tentang metode ataupun cara-cara dalam melaksanakan penelitian tersebut seperti penelitian, populasi, sampel, metode pengumpulan data, dan masih banyak lainnya.

Hasil penelitian

Berisikan tentang hasil yang didapat setelah melakukan penelitian tersebut, kemudian memberikan penjelasan ilmiah yang didasarkan pada pustaka sehingga masalah tersebut bisa terpecahkan.

Hasil penelitian juga harus didiskusikan dengan cara membandingkan beberapa hasil penelitian lainnya.

Tarik kesimpulan

Berisikan pernyataan singkat terkait hasil penelitian yang didasarkan berdasarkan dengan rumusan masalah.

Lampirkan daftar pustaka

Sahabat harus mencantumkan daftar pustaka yang digunakan dalam menyusun artikel ilmiah tersebut. Sumber harus asli dan bisa dipertanggung jawabkan Pastikan juga tulisan sahabat mudah dipahami oleh pembaca.

Sahabat bisa menggunakan kata yang lugas dan tepat supaya tidak terjadi kesalahpahaman.

Bahasa yang digunakan juga sesuai dengan jenis artikel yang akan dibuat. Nah, sahabat bisa gunakan artikel dan Contoh artikel ilmiah penelitian sebagai referensi dalam menulis artikel yang sesuai.

Ciri-ciri artikel ilmiah

Ciri-ciri artikel ilmiah
Sumber : Pixabay.com

Sebelum mengetahui contoh artikel ilmiah yang benar, ada baiknya terlebih dahulu sahabat mengetahui ciri-ciri dari artikel ilmiah.

Pada dasarnya artikel ilmiah ini sangat berbeda, dengan menggunakan bahasa yang formal. Ada 4 dimensi yang perlu diperhatikan dalam sebuah artikel ilmiah.

Diantaranya adalah dimensi hasil pemikiran terhadap suatu objek kajian, dimensi bahasa tulis yang digunakan sebagai alat untuk mempresentasikan hasil pemikiran penulis dengan bentuk satuan makna, dimensi kaidah, dan dimensi sistematika yang dijadikan sebagai untuk pembeda.

Namun apa-apa saja ciri dari artikel ilmiah? Ciri-ciri contoh artikel ilmiah adalah sebagai berikut.

  • Artikel ilmiah adalah tulisan ilmu pengetahuan yang telah disusun sesuai dengan penelitian.

  • Bersifat objektif. Informasi yang diungkapkan tentunya sesuai karakteristik objeknya.

  • Artikel ilmiah harus sesuai dengan pemikiran ilmiah, logis dan empiris.

  • Artikel ilmiah harus sistematis. Susunan isinya harus bersistem, yang dimulai dari judul, abstrak, pendahuluan, kemudian metodologi penelitian, hasil, pembahasan, serta kesimpulan. Begitu juga dengan penomoran bab, sub bab, hingga bagian-bagian detailnya yang dilakukan secara bersistem.

  • Informasi dari artikel ilmiah ini bersifat eksplisit.

  • Artikel ilmiah dikembangkan sesuai dengan referensi atau rujukan. Oleh sebab itu tulisan jenis ini dilengkapi dengan daftar pustaka.

Mengetahui contoh artikel ilmiah yang benar

contoh artikel ilmiah yang benar

Setelah sahabat mengetahui apa yang dimaksud dengan artikel ilmiah dan seperti apa ciri-cirinya, maka saatnya sahabat hypetuts untuk mengetahui contoh artikel ilmiah yang benar.

Pada contoh artikel ilmiah ini berjudul “Bahaya Internet Untuk Remaja”.

Bab I (Pendahuluan)

Latar Belakang

Saat ini internet sudah begitu melekat di kehidupan sehari-hari, terlebih lagi di dunia remaja. Memang internet sangat membantu untuk menyelesaikan banyak pekerjaan.

Namun ternyata internet juga tidak terlepas dari berbagai hal negatif yang tentunya berdampak buruk.

Terlebih lagi usia remaja adalah saat labil-labilnya, dengan begitu masih sering terseret arus. Sehingga penelitian tentang bahaya internet untuk remaja sangat penting dilakukan.

Rumusan masalah

Seperti apa bahaya internet untuk remaja?

Tujuan penelitian

Bisa menjelaskan tentang bahaya internet untuk remaja

Jika bab I dari latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian sudah dipaparkan, maka akan dilanjutkan ke bab II.

Bab II (Pembahasan)

Saat ini di kalangan remaja internet terlihat sudah menjadi kebutuhan pokok.

Namun tidak semua remaja dapat memanfaatkan internet dengan benar.

Dengan begitu berdampak buruk untuk dirinya sendiri. Berdasarkan riset yang dilakukan terdapat beberapa bahaya yang terjadi ketika menggunakan internet di kalangan remaja, salah satunya adalah maraknya kasus penculikan yang terjadi di kalangan remaja setelah mereka berkenalan di sosial media.

Maka dari itu, sudah saatnya para orang tua memantau anak-anaknya agar tidak terjerumus ke jalan yang salah saat memainkan internet.

Bab III (Penutup)

Kesimpulan Contoh artikel Ilmiah

Kesimpulan dari contoh artikel ilmiah diatas tadi,Pada dasarnya internet memang sangat membantu untuk kehidupan setiap orang, namun internet tetap memiliki kekurangan.

Maka dari itu orang tua mempunyai peran penting untuk mengawasi anak-anaknya.

Dengan begitu para remaja bisa membentengi dirinya dari berbagai hal yang negatif ketika menggunakan internet.

Demikianlah pembahasan mengenai contoh artikel ilmiah yang hypetuts bisa berikan buat sahabat. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × three =