Contoh Artikel Opini Dan Tips Membuat Untuk Pemula

0
18 views
Contoh Artikel Opini
Image : Pixabay

Terdapat beberapa jenis artikel yang bisa sahabat tulis, salah satunya artikel opini. Lalu apa itu artikel opini? Bagaimana membuat artikel opini yang baik. Artikel akan membahas seputar artikel opini dan.

Contoh artikel opini supaya sahabat bisa memahaminya lebih mudah. Jika sahabat sedang bingung dalam menentukan strategi penulisan opini, maka sahabat tak usah bingung lagi karena artikel kali ini akan membantu sahabat untuk menjawab kebingungan tersebut.

Jangan Lupa Untuk menyimak artikel terkait diantaranya :

Apa itu artikel opini?

Arti kata opini adalah pendapat, pikiran, dan pendirian. Lalu apa yang dimaksud dengan artikel opini?

Artikel opini merupakan karya jurnalistik yang memuat pendapat, pandangan, atau seseorang yang diuraikan ke dalam artikel dimana proses pembuatannya lebih mempertimbangkan pada pendapat yang didukung dengan fakta dan data.

Jadi tidak boleh asal dalam membuat artikel opini, terlebih lagi jika tidak didukung dengan fakta.

Biasanya artikel jenis ini akan membahas seputar kejadian atau isu yang sekarang ini sedang hangat diperbincangkan di tengah masyarakat.

Artikel opini memang bukan berasal dari karya ilmiah murni, namun di dalam proses pembuatannya wajib berdasarkan data dan fakta dari sumber referensi terpercaya.

Apa saja cirri-ciri artikel opini?

Pada umumnya artikel opini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

Berasal dari masalah aktual artinya memang permasalahan tersebut benar adanya dan masih menjadi perbincangan hangat di masyarakat

Artikel lebih bersifat subjektif, dimana artikel akan dibuat berdasarkan asumsi dari suatu pribadi atau pihak namun dalam pengambilan kesimpulan memang harus didasarkan pada fakta dan data

Teknik menyusun opini biasanya menggunakan pola deduktif dan induktif

Tips membuat artikel opini

Pilih tema yang akan ditulis

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih tema untuk artikel opini tersebut. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pilih tema yang ringan dan lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Dalam menentukan sebuah tema juga bisa mengacu pada kejadian atau isu yang sedang hangat dibicarakan.

Sahabat juga bisa memulai tentukan ide utama dengan cara mempersempit nya menggunakan beberapa batasan, dan ambil sesuatu yang menjadi inti – disukai oleh media dan masyarakat.

Pilih referensi yang sesuai dengan tema artikel

Beberapa penulis pemula biasanya menulis berdasarkan pandangan yang mereka ketahui di saat itu. Sahabat harus menyadari jika pengetahuan kita terbatas, dan mencari referensi yang relevan merupakan hal yang wajib dilakukan.

Tips selanjutnya yang wajib diikuti adalah mengumpulkan referensi yang bisa digunakan untuk memberikan data dari fakta yang sudah ada. Pastikan sahabat sudah membacanya terlebih dahulu.

Mulailah membuat kerangka artikel

Jika sahabat sudah membaca artikel atau sumber yang digunakan sebagai referensi, langkah selanjutnya adalah menentukan alur dari artikel yang akan dibuat.

Sahabat bisa mulai dengan membuat kerangka terkait artikel yang dibuat. Tahap ini akan memberikan pengaruh besar terhadap artikel, apakah artikel tersebut menarik untuk dibaca ataupun tidak.

Pemilihan gaya bahasa artikel

Dalam menentukan gaya bahasa memang bersifat relatif. Namun gaya penulisan yang sahabat pilih haruslah sesuai dengan media yang akan ditargetkan.

Misal sahabat tertarik untuk menulis untuk suatu media yang mempunyai gaya lebih santai, maka sahabat bisa sesuaikan dengan pembahasan yang lebih unik.

Namun jika sahabat malah membuat artikel dengan bahasa yang terlalu kaku malah menjadi tidak sesuai, begitu pula sebaliknya.

Sahabat bisa sesuaikan gaya bahasa artikel sendiri dengan media yang akan sahabat kirimi artikel. Sahabat langsung saja cek Contoh artikel opini sebagai bahan acuan penulisan.

Sekian artikel seputar Contoh Artikel Opini dari Hypetuts semoga informasi ini bisa bermanfaat.