Contoh Artikel Konseptual Yang Benar

0
59 views
Contoh Artikel Konseptual Yang Benar
Image : Pixabay

Contoh artikel Konseptual – Sebuah artikel adalah salah satu bacaan yang sangat sering dicari pada saat seseorang akan membutuhkan bacaan.

Setiap orang membutuhkan cara membuat artikel ini karena pada dasarnya artikel konseptual merupakan artikel yang dibuat untuk tujuan membuka wacana diskusi ataupun untuk wacana lainnya.

Jika anda memang cukup tertarik untuk membuat artikel maka Sahabat setidaknya harus mengetahui cara membuat artikel konseptual yang menarik sehingga bisa membuat banyak orang tertarik untuk membacanya.

Jangan Lupa Untuk menyimak artikel terkait diantaranya :

Dan untuk anda yang memang ingin membuat artikel konseptual ada beberapa bagian yang harus Sahabat pahami diantaranya adalah:

Pertimbangkan Judul

Sahabat harus pahami jika judul yang akan Sahabat ambil harus sesuai dengan apa yang nantinya akan Sahabat bahas di dalamnya.

Untuk judul bisa berupa kalimat berita atau bisa juga kalimat tanya. Ada baiknya untuk Sahabat membuat judul contoh artikel konseptual membuat judul yang menarik sehingga banyak orang yang tertarik. Dan yang terpenting adalah membuat judul dengan kata yang jelas.

Nama penulis

Pada saat akan menulis nama penulis maka setidaknya Sahabat harus ingat jika tidak boleh mencantumkan gelar yang dimiliki.

Namun tak masalah jika mencantumkan gelar kebangsawanan ataupun gelar keagamaan. Nama lembaga tempat penulis bekerja juga bisa menjadi catatan kaki. Namun jika contoh artikel ini dibuat oleh banyak orang maka bisa dituliskan dkk.

Abstrak

Di dalam sebuah contoh artikel konseptual abstrak sendiri akan berisikan ringkasan dari artikel yang akan ditulis.

Dan tidak boleh berisikan komentar penulis. Biasanya penulis abstrak ini sendiri akan berbeda karena biasanya kata – kata yang digunakan harus provokatif dan kritis.

Pendahuluan

Untuk bagian pendahuluan ini nantinya akan berisikan mengenai hal yang bisa menarik perhatian dari pembaca Sahabat.

Yang mana ini ya bisa berupa acuan terhadap permasalahan yang akan dibahas dengan menggunakan kalimat yang memang belum tuntas, sehingga pembaca Sahabat akan penasaran untuk membaca selanjutnya.

Inti Artikel

Dalam contoh artikel konseptual biasanya bagian isi akan membahas mengenai argumen, kupasan, analisis, keputusan dan lainnya.

Atau biasa jadi yang harus anda perhatikan adalah saat menulis bagian inti anda harus menggunakan sistematika yang logis dan berurutan. Jangan pernah mengulas terlalu panjang.

Karena ulasan yang terlalu panjang akan membuat pembaca anda menjadi lebih bosan saat akan membaca tulisan anda.

Penutup

Untuk penutup biasanya akan berisikan mengenai kesimpulan dari isi contoh artikel konseptual anda. Biasanya akn bertuliskan dengan beberapa sub bab sehingga membuat pembaca Sahabat akan lebih mudah untuk membacanya.

Selain itu, ada juga kesimpulan dari beberapa penulis yang berisikan saran yang ada dalam artikel.

Tentu saja saran ini adalah sebuah pesan yang disampaikan oleh penulis pada pembacanya. Atau kepada objek yang menjadi pembahasan dalam artikel

Daftar pustaka

Apapun jenis tulisannya termasuk contoh artikel konseptual juga sangat diperlukan sumber. Sumber harus anda tulis dari beberapa tulisan yang Sahabat ambil.

Bagian ini memang berada di bagian akhir artikel Sahabat. Yang bisa dituliskan dalam daftar pustaka artikel ini adalah sumber, judul, buku dan tahun.

Penulisan akan berbeda jika rujukan Sahabat ini dari jurnal, koran dan sumber lainnya. Karena masing – masing punya aturan sendiri dalam penulisannya.

Sekian artikel seputar Contoh Artikel Konseptual Yang Benar dari Hypetuts semoga informasi ini bisa bermanfaat.