Metode Menulis Artikel yang Mudah dan Cepat

  • Whatsapp
Menulis Artikel
Image : Pixabay.com

Metode menulis artikel adalah cara singkat untuk membuat sebuah artikel yang berkualitas.

Dalam menulis sebuah artikel, terkadang penulis bukan hanya perlu untuk memperhatikan jumlah kata yang digunakan saja, namun juga menjadi sangat penting untuk memperhatikan isi dan kualitas dari artikel tersebut.

Bacaan Lainnya

Sebuah artikel yang berkualitas bukan hanya dilihat dari banyaknya kata dan poin yang dijabarkan, namun juga dapat dilihat dari cara pembahasaan dan penyampaian yang digunakan oleh penulis dalam menyampaikan ide atau informasi kepada para pembaca.

Jangan Lupa Untuk menyimak artikel terkait diantaranya :

Bagi Anda yang ingin membuat artikel berkualitas dengan cepat dan mudah, berikut ini merupakan beberapa panduan dan langkah yang mudah untuk diikuti terutama oleh para penulis pemula.

Metode Menulis Artikel

Kumpulkan Ide

Kumpulkan Ide
Image : Pixabay.com

Dalam menulis sebuah artikel yang berkualitas, sebaiknya penulis mencari ide yang akan ditulis terlebih dahulu. Ide tersebut dapat disesuaikan dengan tema apa yang akan dibuat pada saat itu.

Meskipun ide yang muncul sangat banyak, namun penulis wajib mengelompokkan ide-ide tersebut dari yang paling relevan hingga yang paling jauh dari gagasan utama yang akan dibahas.

Ide penulisan bisa juga datang dari sumber-sumber yang sebelumnya sudah dicari dan dikumpulkan oleh penulis sehingga penulis akan menjadi lebih mudah ketika harus mengeksplorasi dan mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah artikel atau tulisan.

Sesuaikan Ide Dengan Topik

Sesuaikan Ide Dengan Topik
Image : Pixabay.com

Pada tahap ini, poin terpenting dan menjadi salah satu langkah terpenting dalam metode menulis artikel yang benar ialah bagaimana Anda menyesuaikan ide yang dimiliki dengan tema artikel yang akan dibuat, Tema dapat menjadi terlalu luas bila penulis tak mempersingkatnya.

Akan menjadi lebih efektif ketika penulis membuat 1 atau 2 fokus saja dalam penulisan artikel sehingga artikel yang ditulis tidak melebar dan menjadi hilang fokus di tengahnya.

Cari Sumber Tambahan

Cari Sumber Tambahan
Image : Pixabay.com

Setelah penulis mendapatkan topik dan ide apa yang akan dieksekusi, penulis sebaiknya mencari sumber tambahan yang dapat digunakan sebagai sebuah pembanding untuk tema dan sumber yang telah didapatkan sebelumnya.

Sumber tambahan juga berguna untuk membuat tulisan yang dibuat menjadi lebih valid dan terpercaya.

Jabarkan Per Poin

Jabarkan Per Poin
Image : Pixabay.com

Setelah selesai dengan proses pencarian ide utama dan tema yang akan ditulis dalam artikel tersebut, kini saatnya bagi penulis untuk menjabarkan seluruh ide yang didapatkan untuk dijadikan sebagai sebuah artikel yang runtut dan menyeluruh.

Pada tahap ini, sebaiknya penulis menjabarkan seluruh ide tersebut dalam poin-poin yang lebih sederhana.

Tujuannya adalah supaya para pembaca akan lebih mudah untuk mencerna dan memahami apa yang sebenarnya dimaksud dalam artikel tersebut.

Buat Poin-Poin

Buat Poin-Poin
Image : Pixabay.com

Sebelum mulai menulis, silahkan siapkan poin-poin atau kerangka untuk bentuk tulisan.

Kerangka tulisan ini akan berguna untuk membantu penulis dalam menuangkan seluruh ide dan gagasan dalam artikel.

Pemaparan Ide

Pemaparan Ide
Image : Pixabay.com

Langkah terakhir dalam pembuatan artikel ialah pemaparan ide yang akan kemudian dituangkan dalam sebuah artikel.

Pemaparan ide menjadi sangat penting terutama ketika penulis akan membuat artikel bertema tips ataupun artikel yang membutuhkan penjelasan panjang pada bagian isinya.

Pastikan penulis telah melakukan seluruh langkah tersebut ketika membuat artikel.

Meskipun artikel yang dibuat bukan merupakan jenis artikel yang panjang, namun sebaiknya penulis selalu memastikan kualitas dari artikel tersebut dengan memeriksa kembali isi dari artikel yang dibuat.

Metode menulis artikel yang baik tidak pernah menuntut pada panjangnya artikel namun selalu berfokus pada isi dan informasi yang terdapat pada artikel tersebut.

Sekian artikel tentang Metode Menulis Artikel yang Mudah dan Cepat semoga bisa bermanfaat, dan ditunggu artikel menarik lainnya seputar cara menulis yang bisa menjadi referensi sahabat hypetuts. see you.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *