Cara Membuat Artikel llmiah

  • Whatsapp
Artikel llmiah
Sumber : Pixabay.com

Seorang akademisi baik itu staf pengajar maupun mahasiswa akan diwajibkan membuat karya ilmiah dan sebaiknya dipublikasi melalui seminar internasional ataupun jurnal penelitian yang diharapkan mampu memberi banyak manfaat.

Fungsi artikel ilmiah sebagai sebuah produk dari karya ilmiah selain untuk menyampaikan ide juga berguna untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat diterapkan pada bidang – bidang tertentu.

Bacaan Lainnya

Seorang mahasiswa saat akhir masa studi juga diwajibkan membuat karya ilmiah yang menjadi syarat kelulusan.

Hal ini sudah cukup menjadi bukti bahwa karya ilmiah, apapun bentuknya sangat erat dalam kehidupan kita sehari – hari.

Namun, banyak mahasiswa hingga staf pengajar masih kebingungan dengan cara membuat artikel llmiah.

Walaupun artikel ilmiah termasuk penting, namun ada beberapa kendala yang mungkin saja dialami oleh mayoritas orang.

Jangan Lupa Untuk menyimak artikel terkait diantaranya :

Kendala tersebut sering berbentuk waktu, ambisi pribadi, kegiatan lain yang dianggap lebih penting serta alasan – alasan pribadi lainnya.

Artikel ilmiah merupakan suatu laporan yang dibuat berdasarkan hasil riset yang ditulis dan dipublikasikan baik oleh individu maupun kelompok dalam jurnal ilmiah, dokumen ilmiah.

Syarat suatu artikel ilmiah yaitu harus orisinil, definisi orisinil yakni artikel yang ditulis berdasarkan penelitian yang memang benar – benar baru dilakukan ataupun untuk penyempurnaan dari penelitian – penelitian yang sudah ada.

Suatu artikel ilmiah yang baik hendaknya menggunakan bahasa yang baik, singkat dan jelas serta sedikit kata namun banyak mengandung informasi.

Cara membuat artikel ilmiah, sebelumnya anda harus terlebih dahulu mengetahui sistematika penulisan jurnal ilmiah.

Poin Untuk Membuat Artikel Ilmiah

  1. Judul

Judul merupakan nama dari suatu artikel ilmiah, penulisan judul lebih baik sedikit kata namun mampu menjelaskan isi dari artikel. Judul menentukan bagian artikel yang paling banyak dibaca.

2. Penulis

Penulis merupakan seseorang yang bertanggung jawab penuh terhadap isi dari artikel tersebut. Umumnya penulis bisa lebih dari satu orang, tergantung penelitian yang dilakukan.

Hasil dari penelitian yang akan dipublikasikan haruslah disetujui dan melalui musyawarah seluruh komisi penelitian.

3. Korespondensi

Korespondensi merupakan media komunikasi antara penulis dan pembaca. Korespondensi dapat berupa email hingga tempat penulis bekerja.

4. Abstrak

Sahabat harus memperhatikan bahwa abstrak merupakan ulasan singkat yang bertujuan menjelaskan isi dari seluruh tulisan meliputi latar belakang, pendekatan / metode, hasil, kesimpulan hal – hal  penting.

Jadi, dengan adanya abstrak maka pembaca dapat menarik garis besar dari penelitian tersebut. Umumnya abstrak terdiri atas satu paragraf maksimum 200 kata tidak berisi singkatan, kutipan, tabel, gambar hingga merk dagang.

Inti dari abstrak adalah bahwa peneliti menyediakan informasi yang diberikan kepada pembaca dan menyerahkan kepada pembaca apakah perlu membaca keseluruhan isi artikel atau tidak.

5. Pendahuluan

Pendahuluan berisi undangan kepada pembaca untuk menginvestasikan waktu untuk membaca karya ilmiah tersebut.

Dalam pendahuluan juga memuat latar belakang kenapa penelitian tersebut dilakukan serta uraian masalah yang akan diteliti.

6. Bahan dan Metode

Merupakan uraian terperinci yang berisi segala hal yang dilakukan untuk membuktikan hipotesis. Selain itu juga metode yang digunakan hingga cara penarikan sampel dan analisa data.

7. Hasil Riset

Hasil riset berisi data eksperimen tanpa membahas implikasi.

8. Pembahasan

Dalam pembahasa harus memuat interpretasi data yang dikaitkan dengan teori yang ada serta menjelaskan logika yang membuat sahabat menerima atau menolak hipotesis.

Biasanya hasil dan pembahasan dapat dijadikan satu.

9. Kesimpulan

Kesimpulan merupakan pembuktian dari hipotesis data yang ditulis dengan ringkas dan memberikan catatan – catatan seperti kekurangan, kemungkinan penelitian lanjutan hingga potensi metode yang dapat dimasukkan

Panduan dasar cara membuat artikel ilmiah sudah dituliskan, sekarang giliran sahabat untuk mencobanya.

Karena percuma jika anda mencari teori, tetapi tidak melakukan praktik. Segera bangun dari kemalasanmu, dan kerjakan artikelmu.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *