Cara Membuat Artikel Jurnal Ilmiah

0
335 views
Cara Membuat Artikel Jurnal Ilmiah
Cara Membuat Artikel Jurnal

Cara membuat artikel jurnal lebih kompleks dibanding artikel berita atau artikel opini. Artikel jurnal biasanya didasarkan pada hasil penelitian dan memberikan kontribusi untuk ilmu pengetahuan.

Artikel ini biasanya ditulis oleh kalangan akademisi dan profesional.

Cara Membuat Artikel Jurnal ilmiah dengan baik

Jangan Lupa Untuk menyimak artikel terkait diantaranya :

Pengertian Artikel Jurnal

Artikel jurnal adalah karya tulis yang ditulis secara berkala seperti majalah/surat kabar yang isinya memuat karya tulis khusus dalam suatu bidang ilmu pengetahuan.

Artikel jurnal ini kemudian diterbitkan sebuah jurnal yang khusus. Tidak ada aturan baku dalam penulisan artikel jurnal, biasanya penerbit jurnal memberikan pedoman penulisan tertentu agar artikel dapat dimuat dalam jurnal.

Pedoman paling umum dalam penulisan jurnal adalah naskah harus diketik dengan penggunaan tanda baca dan ejaan yang sesuai dengan pedoman umum bahasa Indonesia terbaru (yang disempurnakan).

Artikel jurnal juga harus memenuhi syarat belum pernah diterbitkan/dimuat dalam jurnal lain.

Ketentuan lebih lanjut mengenai sistematika penulisan dan isi artikel serta jumlah halaman mengikuti pedoman penulisan yang sudah ditentukan oleh penerbit jurnal.

Artikel jurnal harus benar-benar ditulis secara konkrit, tidak bisa mengandai-andai atau menyampaikan opini tanpa didasari data, artikel jurnal merupakan pengembangan lebih lanjut dari penelitian yang telah dilakukan.

Artikel memiliki sumbangsih untuk peneliti selanjutnya dan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, Sahabat perlu memperhatikan pedoman penulisan dan ketentuan yang berlaku dalam pedoman penulisan jurnal.

Cara Membuat Artikel Jurnal

cara membuat artikel jurnal sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara penulisan karya tulis lain. Harus ada tema yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah tulisan.

Diperlukan riset dan pengumpulan data sebelum penulisan dimulai. Berikut ini gambaran singkat mengenai cara penulisan jurnal untuk Sahabat:

Menentukan judul yang jelas

Dalam penulisan artikel jurnal, judul harus ditentukan dengan jelas. Jurnal memudahkan pembaca untuk mengetahui isi jurnal tanpa harus membaca jurnal secara keseluruhan.

Judul yang dibuat haruslah menggambarkan isi jurnal secara spesifik. Kerucutkan tema pada apa yang ingin dibahas untuk bisa menemukan judul artikel dengan lebih spesifik.

Menulis pendahuluan

Pendahuluan berisikan gambaran umum mengenai tema yang sedang diteliti atau akan ditulis. Pada pendahuluan ini Sahabat akan mulai membuat narasi dan mengerucutkannya pada rumusan masalah.

Rumusan masalah inilah yang kemudian dijadikan dasar penulisan jurnal untuk tema tersebut.

Pembahasan

Karena jurnal berdasarkan dari hasil penelitian, harus ada bahan dan metode penelitian yang digunakan. Pada bagian ini, terlebih dahulu Sahabat harus menjelaskan proses percobaan yang dilakukan.

Bahan penelitian, metode pengumpulan data yang digunakan dan proses penelitian yang harus dijabarkan. Hasil dari penelitian yang dilakukan juga dituliskan di dalam jurnal.

Dari data tersebut, Sahabat bisa melakukan pembahasan secara detail dengan menafsirkan data-data yang ada menggunakan pola yang sudah diamati.

Perlu diingat bahwa percobaan yang dilakukan tidak harus merujuk pada hasil yang penting atau sesuatu yang besar. Apapun hasilnya, sampaikan di dalam jurnal.

Kesimpulan

Di akhir artikel, Sahabat perlu menuliskan kesimpulan mengenai hasil dari keseluruhan percobaan yang dilakukan. Tidak harus membuat narasi baru, Sahabat bisa merujuk kembali pada pendahuluan atau pernyataan yang sudah dituliskan sebelumnya.

Usahakan untuk menuliskan kesimpulan dengan jelas agar pembaca dapat juga dapat memahaminya dengan baik.

Menulis artikel jurnal memang terlihat lebih rumit dibanding jenis artikel lainnya, akan tetapi Sahabat harus tetap mencoba menulisnya terlebih setelah mengetahui cara membuat artikel jurnal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here