Contoh Artikel Penelitian Beserta Pengertian Artikel Penelitian

0
22 views
Contoh Artikel Penelitian
Image : Pixabay

Dalam bidang akademisi artikel penelitian merupakan salah satu jenis artikel yang banyak dibuat. Artikel ini biasanya bertujuan menemukan hal baru yang berguna bagi kehidupan manusia.

Perlu diketahui bahwa artikel penelitian berbeda dengan artikel biasa yang sering kita jumpai di internet atau di media sosial.

Artikel penelitian sifatnya lebih serius, formal, dan biasanya digunakan untuk kepentingan akademisi.

Artikel penelitian terkadang mengandung banyak istilah – istilah sehingga untuk memahaminya tidak bisa dengan membaca sekilas saja. Pada artikel ini kami akan merangkum untuk Sahabat pengertian dari artikel penelitian, ciri – ciri, beserta contoh artikel penelitian.

Jangan Lupa Untuk menyimak artikel terkait diantaranya :

Pengertian Artikel Penelitian

Artikel penelitian adalah adalah sebuah teks yang memuat tentang suatu hal berdasarkan hasil kajian/ pemikiran atau hasil penelitian yang menggunakan metode tertentu dan disusun secara sistematis.

Biasanya artikel penelitian dimuat dalam sebuah jurnal dan tujuannya untuk kepentingan ilmiah.

Mahasiswa biasanya diwajibkan untuk membuat artikel penelitian agar bisa meraih gelar Diploma, Sarjana, Magister, atau Doktoral. Jadi para mahasiswa sangat paham dengan artikel penelitian tersebut.

Topik yang diangkat pada artikel penelitian harus memberikan manfaat bagi masyarakat dan juga harus menimbulkan kebaruan. Jadi jika sudah pernah diteliti oleh orang lain, maka tidak bisa diteliti kembali.

Ciri – ciri Artikel Penelitian

Sebelum melihat apa saja contoh artikel penelitian, maka ada baiknya Sahabat pahami terlebih dahulu ciri – ciri artikel penelitian.

Artikel penelitian ini berbeda jauh dengan artikel non ilmiah. Pada umumnya terdapat 4 ciri utama dari artikel penelitian, yaitu :

Isinya Memuat Hal Penting

Ciri utama dari artikel penelitian adalah isinya memuat hal penting saja. Jadi artikel penelitian harus memuat secara jelas apa yang hendak diteliti, apa yang melatarbelakangi penelitian, apa tujuan penelitian, bagaimana pembahasannya, apa hasil penelitian, serta kesimpulannya. Jadi artikel penelitian tidak boleh bertele – tele dan harus menyampaikan topik secara spesifik.

Penulisannya Sistematika

Ciri lain dari artikel penelitian adalah penulisannya harus sistematika atau runtut, dan hal ini tidak boleh dilanggar.

Pada umumnya susunan sistematika artikel penelitian meliputi : Judul, Nama Penulis, Abstrak, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, serta Daftar Pustaka.

Setiap artikel penelitian harus memuat hal tersebut. Jika tidak nantinya artikel tersebut tidak valid.

Objektif

Ciri lain dari artikel penelitian adalah sikap penulis dalam penelitian harus objektif bukan subjektif. Jadi penulis tidak boleh menggunakan argument pribadi atau perasaan pribadinya dalam artikel tersebut.

Semuanya harus berdasarkan fakta dan dapat dibuktikan kebenarannya. Oleh karena itu artikel penelitian pada umumnya menggunakan gaya Bahasa impersonal (bentuk pasif). Artikel penelitian tidak boleh menggunakan kata ganti orang pertama atau orang kedua.

Menggunakan Bahasa Formal/Baku

Ciri lain dari artikel penelitian adalah bahasa yang digunakan merupakan Bahasa formal atau bahasa baku.

Artikel penelitian harus menggunakan kalimat efektif, tidak menimbulkan ambiguitas, serta strukturnya juga baku.

Jadi dalam menulis artikel penelitian pedoman EBI dan KBBI harus dipatuhi. Artikel penelitian sifatnya sangat serius, oleh karena itu pilihan kata yang digunakan juga harus efektif.

Fungsi Artikel Penelitian

Artikel penelitian biasa memiliki 3 fungsi yakni sebagai rujukan, menambah wawasan, dan juga memberikan sumbangsih bagi kehidupan.

Sebagai rujukan diharapkan hasil penelitian tersebut bisa dimanfaatkan oleh peneliti lain untuk penelitian selanjutnya (terkait).

Sebagai penambah wawasan, tentu saja penelitian tersebut diharapkan mampu menambah pengetahuan baru bagi pembaca. Dan yang terakhir adalah artikel penelitian diharapkan bisa membuat kehidupan manusia jadi lebih baik.

Beberapa contoh artikel penelitian seperti : Pengaruh Belajar Online Terhadap Minat Belajar Anak, Pengaruh Artikel SEO Terhadap Tingkat Penjualan Bisnis A, dan yang lainnya.

Sekian artikel seputar Pengertian Artikel Penelitian, Ciri – Ciri, Beserta Contoh Artikel Penelitian dari Hypetuts semoga informasi ini bisa bermanfaat.