Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar

  • Bagikan
Contoh Surat Pengunduran Diri

Untuk kamu yang merupakan seorang karyawan dan bekerja di sebuah perusahaan, namun ingin sekali melakukan resign atau pengunduran diri,

Yuk lihat seperti apa contoh surat pengunduran diri seperti pada pembahasan berikut ini.

Sebelum anda menyimak apa sih kata resign mengutip dari situs wikipedia yang artinya pengunduran diri yang mempunyai tindakan formal

Berhenti dari pekerjaan mulai dari berhenti dari jabatan atau jabatan seseorang disuatu perusahaan,

Dan ini sangat sah dan tidak ada yang bisa disalahkan baik dari sisi pegawainya ataupun perusahaan tempat anda bekerja.

Baca Juga : Contoh Surat Keterangan Kerja Beserta 5 Komponen Penting

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri

Sebagai seorang karyawan, tentu saja ada banyak alasan untuk kamu melakukan pengunduran diri dari perusahaan tempat kamu bekerja,

Baca Juga : Contoh Surat Pengalaman Kerja dan 5 Pengertiannya

Misalnya karena lingkungan tempat kamu bekerja sudah tidak sesuai lagi dengan kepribadian kamu, ingin mengundurkan diri karena ingin sekali mengurus keluarga,

Gaji yang ternyata tidak sesuai lagi dengan pekerjaan yang diberikan, masalah kesehatan atau telah mendapatkan pekerjaan baru.

Nah, jika kamu ingin mengundurkan diri dari perusahaan, tentu saja hal ini tidak bisa dengan meninggalkannya begitu saja.

Namun ada prosedur yang perlu dilakukan supaya pengunduran diri ini tidak membuat kamu yang selama ini telah bekerja di perusahaan tersebut dianggap sebagai karyawan yang ternyata tidak menghargai pekerjaan.

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran CPNS Yang Baik Dan Benar Sebagai Syarat Mendaftar

Nah, untuk kamu yang masih kebingungan bagaimana cara membuat surat pengunduran diri, yuk simak contohnya di bawah ini.

Contoh surat pengunduran diri yang baik


Kepada Yth,
HRD
PT. Maju Sekali

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama : Ani Aurelia
NIK : 133423812
Jabatan : Kasir
Toko : Jl. Pembangunan No. 1 Banda Aceh

Bermaksud untuk memberitahukan pengunduran diri saya terhitung sejak tanggal 15 Januari 2021 sebagai karyawan di PT. Maju Sekali.

Adapun alasan saya ingin mengundurkan diri karena saya ingin fokus untuk mengurus bayi.

Ucapan terima kasih saya sampaikan sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya karena telah bekerja di PT. Maju Sekali.

Dengan surat ini saya ingin memohon maaf kepada segenap karyawan dan manajemen PT. Maju Sekali jika ada kesalahan yang saya lakukan selama bekerja.

Saya juga mengucapkan banyak terima kasih terhadap bimbingan yang sudah diberikan selama ini baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Besar harapan saya agar PT. Maju Sekali bisa terus maju.

Hormat Saya,

Ani Aurelia


Yuk Ketahui Tujuan Membuat Surat Pengunduran Diri

Tentu saja surat pengunduran diri merupakan salah satu surat yang sangat penting dibuat ketika kamu memutuskan ingin keluar dari pekerjaan.

Surat pengunduran diri yang dibuat haruslah berisi alasan yang masuk akal dan logis supaya surat yang dibuat dapat diterima dengan baik.

Nah, salah satu tujuan kenapa kamu perlu membuat surat pengunduran diri adalah supaya kamu bisa terlihat tetap profesional walaupun sudah tidak bekerja dengan perusahaan tersebut.

Sudah jelas ya untuk memperlihatkan sikap profesionalisme saat bekerja, kamu tentunya harus selalu memperlihatkan nilai-nilai kesopanan.

Sehingga ketika ingin melakukan pengunduran diri, kamu tidak boleh menghilang begitu saja seperti hantu. Jangan lupa ya, hal ini diingat dengan baik!

Baca Juga : Tips Membuat Artikel Singkat Lebih Berkualitas

Akan tidak baik ketika kamu mengundurkan diri tanpa terlebih dahulu tidak membuat surat pengunduran diri, pastinya hal ini tidak baik bagi kamu karena akan dianggap sebagai karyawan yang tidak profesional.

Dan nantinya budaya seperti ini tidak harus ada di negeri tercinta karena adab dan tingkah laku sangat berperan penting dalam kalir kamu, maka dari itu harus diperhatikan yah supaya kamu bisa menjadi seseorang yang sukses dalam kalir.

Dan yang paling penting adalah hal ini dilakukan supaya perusahaan bisa mencari kandidat baru agar dapat mengganti diri anda, sehingga tidak berimbas terhadap menurunnya tingkat produktifitas dari perusahaan tersebut.

Maka dari itu, untuk mewujudkannya, kamu bisa memberikan surat resign ini kepada perusahaan tempat kamu bekerja.

Nah, setelah mengetahui berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas, bagaimana sudah tahu kan tujuan dan contoh surat pengunduran diri?

Jika artikel ini tentang contoh surat pengunduran diri yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda

Jangan lupa untuk share artikel ini dan berikan reaksi yang ada dibawah artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya!

  • Bagikan