1 Contoh Surat Lamaran CPNS Yang Baik Dan Benar

Contoh Surat Lamaran Cpns

Menjelang pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), setiap orang pun berbondong-bondong untuk mencari contoh surat lamaran cpns.

Karena tidak semua orang mengetahui apa saja prosedur dalam penulisan surat lamaran ini secara baik dan benar, maka banyak sekali orang-orang yang salah kaprah mengenai tulisan lamaran untuk pendaftaran CPNS.

Maka dari itu hypetuts berinisiatif untuk mebuat contoh surat lamaran untuk keperluan pendaftaran CPNS supaya tidak keliru,dari beberapa poin yang harus ada didalam surat lamaran dijelaskan diartikel ini.

Sedangkan surat lamaran adalah salah satu syarat wajib untuk bisa melamar sebagai CPNS. Surat lamaran ini diperlukan untuk melakukan pengiriman berkas fisik sebagai bagian dari syarat administrasi.

Namun, surat ini tidaklah diketik melainkan ditulis tangan dengan menggunakan tinta hitam. Anda juga harus memperhatikan secara baik tentang tata bahasanya, format penulisan, sampai isi secara keseluruhan dari surat lamaran tersebut.

Persyaratan Dan Ketentuan Melamar CPNS

Contoh Surat Lamaran Cpns

Surat lamaran CPNS yang Anda buat tidaklah diserahkan begitu saja, tetapi ada berkas-berkas lainnya yang juga dibutuhkan untuk melamar CPNS. Berkas-berkas tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Pas foto ukuran 4 × 6 cm sebanyak 4 lembar dengan background merah.
2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Salinan ijazah pendidikan terakhir
4. Transkrip nilai yang sudah dilegalisir
5. Surat keterangan akreditasi yang berasal dari BAN PT (sifatnya opsional)
6. Surat keterangan dokter (untuk pelamar yang difabel).

Lalu untuk surat lamaran CPNS, selain ditulis dengan tangan menggunakan tinta hitam, Anda juga harus memberikan materai Rp 6.000.

Baca Juga : Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar

Alasan Surat Lamaran CPNS Menggunakan Tulisan Tangan

Surat Lamaran Cpns Menggunakan Tulisan Tangan

Contoh surat lamaran cpns yang mengharuskan untuk menggunakan tulis tangan tentunya tidak terlepas dari alasan penting. Di mana tulisan tangan itulah yang membuat surat lamaran Anda menjadi lebih berbobot.

Karena tulisan tangan nantinya bisa menunjukkan tentang kepribadian Anda dan akan memudahkan untuk melakukan perekrutan saat sedang memberikan penilaian.

Tidak hanya CPNS saja, bahkan ada beberapa perusahaan yang juga mensyaratkan tulisan tangan untuk surat lamaran pekerjaan dalam upaya mengetahui karakter dari para pelamar kerja.

Sehingga, hal ini pun harus Anda persiapkan dengan sebaik mungkin agar surat lamaran Anda bisa tampil secara rapi dan mudah ketika dibaca,poin ini sangat penting supaya surat lamaran cpns anda bisa terbaca dengan baik tanpa harus mempusingkan yang membaca tulisan anda.

Di dalam penulisan surat lamaran CPNS, Anda dianjurkan untuk menggunakan pena yang standar dan jangan sampai menembus kertas.

Dan pastikan Anda tidak salah menulis sampai harus menghapusnya dengan menggunakan tipe-x.

Jadi, jika Anda salah dalam menulis surat lamaran tersebut, maka sebaiknya segera mengambil kertas baru dan menulisnya ulang serta tidak lupa membubuhkan paraf di bagian bawahnya.

Andapun bisa menyimak informasi mengenai CPNS melaui situs resminya di alamat cpns.kemdikbud.go.id. Untuk lebih singkatnya anda bisa menyimak contoh surat lamaran CPNS yang mudah-mudahan bisa membantu,silahkan ditulis ulang yah.

Contoh Surat Lamaran CPNS

Berikut adalah contoh format lamaran CPNS yang bisa Anda aplikasikan kelak ketika akan mendaftar CPNS.


Kepada Yth.
(Kementerian tujuan)
(Alamat)

Perihal: Lamaran pekerjaan di Kementerian xxx

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : …………..
Tempat, tanggal lahir : …………..
Pendidikan/Jurusan : …………..
Alamat : …………..
Telp : …………..

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak/Ibu untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di Kementerian (tujuan). Sebagai pertimbangan bersama ini saya lampirkan beberapa syarat pelengkap.

1. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir
2. Fotokopi transkrip yang telah dilegalisir
3. Lembar Daftar riwayat hidup
4. Surat pernyataan
5. Surat keterangan sehat dari dokter
6. Surat keterangan bebas dari narkoba
7. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT (opsional)
8. 4 lembar dengan latar belakang merah

Demikian saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Nama Pelamar)


Melalui contoh surat lamaran cpns tersebut, Anda pun kini telah memiliki pandangan untuk membuat surat lamaran CPNS yang baik dan benar.

Anda hanya perlu berlatih untuk bisa menulis secara rapi dan menghindari adanya kesalahan dan diupayakan untuk meminta review teman ataupun kerabat tentang tulisan yang anda buat.

Sekian artikel tentang pembuatan contoh surat lamaran CPNS yang hypetuts berikan semoga bisa bermanfaat bagi anda semuanya.

Silahkan share artikel ini jika bermanfaat dan jangan lupa kasih reaksi yang ada dibawah artikel ini Terima kasih.