4 Cara Presentasi yang Baik Beserta Rahasia Kunci Suksesnya

Cara Presentasi yang Baik

Cara Presentasi yang Baik Kegiatan presentasi dibutuhkan ketika ingin menyampaikan gagasan atau konsep kepada hadirin.

Sampai saat ini kegiatan presentasi sering digunakan untuk kepentingan rapat, kampanye, mengenalkan suatu produk dan sebagainya.

Agar konsep yang diinginkan dapat terwujud maka penting untuk mengetahui cara presentasi yang baik.

Melakukan presentasi bukan hal yang mudah, lantaran selain memerlukan persiapan materi, juga memerlukan mental yang bagus ketika menyampaikan materi di depan audience.

Cara Presentasi yang Baik

Presentasi yang sukses tercermin dari hadirin antusias dengan materi presentasi yang anda bawakan serta hadirin dapat mengerti materi yang disampaikan.

Berikut adalah cara presentasi yang baik

1. Persiapkan Materi Jauh Hari

Persiapkan Materi Jauh Hari

Melakukan persiapan bagus, berpengaruh terhadap hasil presentasi yang baik pula. Oleh karena itu lakukan persiapan jauh jauh hari minimal 7 hari sebelum hari presentasi di adakan.

Carilah berbagai sumber valid pada berbagai referensi, seperti buku atau sumber media lainnya.

Apabila kesulitan ketika mencari referensi sebaiknya mencarinya di Internet. Namun tetap waspada ketika mencari dan mengambil data dari internet, terkadang data disajikan kurang valid.

Baca Juga : 6 Rahasia Menulis Artikel dengan Cepat Hanya 20 Menit

2. Pakai Baju Yang Formal Dan Rapi

Pakai Baju Yang Formal Dan Rapi

Mengenakan baju formal ialah kewajiban ketika hendak akan presentasi.

Memakai busana formal sama halnya anda menaruh hormat kepada para hadirin, sehingga para audience menghormati anda ketika menyampaikan bahan presentasi.

Penampilan lainnya juga perlu diperhatikan seperti gaya rambu, celana dan sepatu.

Sebelum presentasi sempat kan terlebih dulu ke kamar mandi untuk membenahi penampilan supaya enak dipandang. Penampilan kurang menarik mempengaruhi audience malas mendengarkan penjelasan presentasi.

3. Modifikasi Slide Presentasi

Modifikasi Slide Presentasi

Di jaman modern saat ini terdapat banyak manfaat positif teknologi , seperti penggunaan software yang dapat membuat file presentasi.

Aplikasi presentasi yang populer saat ini yaitu powerpoint Microsoft, keynote Mac OS, Open Office Impress Linux dan untuk android dapat menggunakan aplikasi google silde beserta Canva.

Mengapa canva, canva mempunyai ribuan template presentasi yang sangat dan sangat gampang di modifikasi oleh sesama tim.

Download template presentasi canva DISINI

Kesemua aplikasi pembuat file presentasi memiliki kelebihan masing-masing tergantung dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Terdapat beberapa aplikasi presentasi Free lisensi seperti open office miliki sistem operasi Linux, lantaran perusahaan linux selalu memberikan kemudahan dan gratis kepada penggunanya.

Setelah semua bahan di masukan slide presentasi, lakukan beberapa modifikasi tampilan slide, seperti menggunakan animasi dan bila perlu desin menggunakan tambahkan berbagai assest yang dapat dibuat menggunakan aplikasi photoshop.

Sebaiknya isi konten slide file presentasi dibuat hanya garis besar dari materi dan gambar animasi menarik. Cukup tulis saja poin penting materi dan menjelaskan secara jelas detail poin poin dari presentasi anda.

4. Perhatikan Waktu

Pada umumnya presentasi telah ditetapkan waktu, sesi penjelasan bahan presentasi dan sesi tanya jawab.

Agar waktu yang diberikan efisien maka hindari dalam menjelaskan materi secara berulang. Anda wajib untuk menguasai isi atau bahan dari presentasi, dengan begitu setidaknya anda paham kapan penggunaan waktu presentasi secara efisien.

Ketika sesi tanya jawab setidaknya ada salah satu anggota tim presentasi yang ditugaskan menulis semua pertanyaan dari hadirin.

Tulis terlebih dahulu pertanyaan tersebut, lalu tampung hingga tidak ada hadirin yang bertanya. Setelah itu tim presentasi dapat menjawab sekaligus pertanyaan dari para hadirin.

Apabila belum memiliki atau tidak terbiasa dengan kegiatan presentasi, usahakan perbanyak latihan dan pengalaman berbicara di depan umum sehingga tidak mudah gugup, lantaran sudah terbiasa atau sudah memiliki pengalaman yang cukup dalam presentasi.

Nah sekian artikel tentang cara presentasi yang baik, semoga presentasi anda berjalan dengan lancar, Demikian informasi menarik seputar 4 Cara Presentasi yang Baik Beserta Rahasia Kunci Suksesnya. Nantikan artikel informatif seputar tips dan lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat!