Tips Membuat Artikel Singkat Lebih Berkualitas

0
8 views
Artikel Singkat
Image : Pixabay

Sebenarnya dalam membuat artikel berkualitas hanya membutuhkan dua hal, yaitu konten berkualitas dan teknik yang baik.

Di era serba modern ini, semua orang bisa menulis sesuatu, memposting tulisan tersebut di media, dan menyebutnya dengan sebutan artikel.

Konten yang baik sebenarnya mudah dibuat. Sahabat juga bisa dapatkan Contoh artikel singkat.

Banyak orang yang belum menyadari hal tersebut, namun semua orang selalu mempunyai hal menarik untuk disalurkan melalui tulisan.

Berbeda halnya dengan teknik, teknik penulisan yang baik memang lebih sulit dilakukan atau hanya dipahami.

Jangan Lupa Untuk menyimak artikel terkait diantaranya :

Nah, jika penasaran cara dan Contoh artikel singkat namun berkualitas, langsung saja simak informasi di bawah ini.

Meminimalkan jarak paragraf pertama

Tak banyak orang menyadari jika paragraph pertama dalam sebuah artikel bisa mempengaruhi sikap pembaca.

Paragraf pembuka yang terlalu panjang bisa membuat orang merasa tidak tertarik membacanya atau merasa kelelahan saat membacanya. Padahal paragraph berikutnya berisi informasi utuh.

Sahabat bisa tuliskan paragraf pembuka yang singkat namun tetap mengena. Bahkan sahabat juga bisa gunakan paragraf pembuka yang membuat pembaca merasa tertarik dalam melanjutkan membaca.

Persingkat paragraph yang ditulis

Sederhananya, sahabat harus mampu mempersingkat semua tulisan. Kondisi para pembaca yang gemar membaca tulisan lewat ponsel pintar terkadang membuat mereka sulit untuk terus mengikuti paragraph yang panjang.

Mereka cenderung merasa kelelahan lebih cepat dan tidak melanjutkan membaca artikel tersebut.

Tentu saja mempersingkat paragraph bisa menjadi hal sulit. Namun jika sahabat bisa melakukannya dengan baik, maka banyak manfaat yang bisa didapatkan seperti pembaca akan terus menyimak paragraf demi paragraf tanpa merasa kelelahan lebih cepat.

Salah satu cara mudah adalah memberikan banyak ruang kosong. Sahabat bisa memotong paragraf menjadi beberapa kalimat saja.

Adanya ruang kosong bisa memberikan ruang untuk bernafas, namun hindari menulis kalimat terlalu pendek tapi tidak bisa dipahami. Intinya menulis paragraf adalah menjelaskan maksud dan tujuan sahabat secara singkat dan jelas.

Tulis artikel singkat namun tetap berkualitas

Peraturan satu ini memang cukup unik dikarenakan sahabat harus bisa menyingkat kalimat dengan baik.

Poin satu ini penting karena artikel yang baik membutuhkan kalimat efektif. Bukan kalimat yang akan berkembang kemana-mana .

Kalimat harus jelas, tajam, dan sesuai tujuan menjadi hal penting untuk membuat artikel berkualitas.. Artikel berkualitas akan memberikan kesan tersendiri bagi pembacanya.

Konten/ isi berkualitas

Sering kali sahabat mungkin menemukan artikel yang tidak ada maknanya atau hanya berfokus pada lalu lintas situs saja, Artikel tersebut biasanya dihiasi dengan judul yang spektakuler dengan tujuan menghilangkan kebosanan membaca tanpa memberikan pengetahuan yang baru. Artikel sepertinya tidak akan bermanfaat bagi pembacanya dan hanya menghabiskan waktu.

Ceritakan sebuah alur cerita

Setiap orang akan senang dengan kisah. Salah satu cara terbaik untuk menarik pembaca adalah dengan menghadirkan kisah-kisah.

Tangkap perhatian pembaca dengan sebuah latar tempat, kejadian, dan alur. Cerita merupakan cara paling pintar untuk membuka artikel.

Cerita juga bisa menggambarkan inti gagasan. Cerita yang disajikan tidak harus berlebihan namun ditulis dengan efektif.

Sahabat bisa ceritakan pada pembaca tentang sebuah alat yang pernah sahabat gunakan, dan membagi cerita bagaimana sahabat menggunakannya sendiri, dan apa yang sudah terjadi. Cerita harus singkat, padat, dan jelas untuk membuat artikel lebih hidup.

Nah, setelah membaca informasi ini, sahabat diharapkan bisa menulis konten lebih dari sekedar konten belaka.

Sahabat bisa menulis konten yang menyajikan informasi bermanfaat, jangan lupa simak Contoh artikel singkat.

Sekian artikel seputar Tips Membuat Artikel Singkat Lebih Berkualitas dari Hypetuts semoga informasi ini bisa bermanfaat.