10 Jenis Ikan Guppy Termahal Yang Banyak Dicari Penghobi

Jenis Ikan Guppy

Asal muasal ikan guppy sebenarnya adalah sejenis ikan liar. Namun, karena ikan ini memiliki banyak keindahan maka banyak peternak yang mengembangbiakkannya dengan cara mengkawin silangkan ikan ini dengan berbagai macam jenis ikan lainnya.

Ikan ini memiliki nama ilmiah Poecilia reticulata atau masuk dalam kategori ikan seribu, ikan cere, atau suwadakar menurut wikipedia.

Oleh karena itu, tak heran terdapat beragam jenis ikan guppy yang baru dan tentunya dengan kecantikan dan keunikan masing-masing yang berbeda.

Ikan guppy, merupakan ikan hias bertubuh mungil yang cukup tenar dan diminati di kalangan para pecinta ikan hias. Meski bertubuh mini, pesona guppy memang cukup mengalahkan jenis ikan hias mini yang lain.

Selain itu, guppy juga termasuk salah satu jenis ikan hias yang mudah dibudiayakan dan dikawin silangkan, sehingga menghasilkan ragam jenis guppy lainnya.

Meski tergolong jenis ikan dengan ukuran tubuh kecil dan mungil, namun harga ikan guppy mampu mencapai harga yang cukup fantastis.

Jenis Ikan guppy

Ikan Guppy&Nbsp;

Berikut ini akan diulas mengenai jenis-jenis ikan guppy termahal. Simak ulasannya!

Red Dragon Guppy.

Red Dragon Guppy

Banyak pendapat mengatakan, bahwa ikan guppy Red Dragon ini merupakan salah satu jenis ikan guppy yang sangat populer dan digemari. Maka tak heran jika ikan guppy Red Dragon dipatok dengan harga yang fantastis.

Untuk mendapatkan 3 ekor ikan guppy Red Dragon ini, Anda harus menguras kantong sebesar kurang lebih Rp 1.000.000,-. Cukup mahal bukan? Keunikan ikan guppy Red Dragon terlihat saat sedang berenang, yaitu ia Nampak seperti sangat keberatan membawa ekornya, sehingga terlihat sedikit lucu.

Baca Juga : 6 Jenis Ikan Discus Dan Kisaran Harganya Yang Perlu Diketahui

Selain itu, sirip ikan guppy Red Dragon ini melebar ke samping, yang sering disebut dengan istilah ekor delta.

German Platinum Crown Tail Guppy.

Dilihat dari namanya saja, pasti Anda sudah tau di mana letak keunikan ikan guppy ini. Ya, keunikan ikan guppy German Platinum Crown Tail ini bisa terlihat pada ekornya.

Ekor ikan guppy jenis ini menyerupai mahkota, oleh karena itu ia disebut sebagai Crown Tail.

Blue Moscow Guppy.

Blue Moscow Guppy

Seperti namanya, ikan guppy ini memang berasal dari wilayah Moscow, di Rusia. Meski dinamakan sebagai Blue Moscow, namun ikan guppy ini memiliki warna dasar yaitu merah muda dan ungu.

Keistimewaan Blue Moscow terletak pada jenis ekornya yang panjang. Hal tersebut menambah pesona dan keanggunannya saat berenang. Maka tak heran, Blue Moscow termasuk dalah satu jenis ikan guppy yang diminati. Selain itu, juga ada jenis lain dari guppy Blue Moscow yaitu Blue Moscow Albino.

Baca Juga : 6 Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Tampil Hebat

Black Moscow Guppy.

Ikan guppy ini juga berasal dari Moscow, Rusia. Dilihat dari namanya, sudah pasti ikan guppy ini memiliki warna hitam pekat di sekujur tubuhnya.

Jenis ikan guppy lain yang hampir menyerupai Black Moscow adalah Guppy Full Black, yang berasal dari negara Thailand.

Mosaic Guppy.

Mosaic Guppy

Guppy Mozaic adalah jenis ikan guppy yang memiliki ciri fisik yaitu warna biru yang terdapat pada pangkal dan sirip ekornya. Jenis guppy yang satunya dikenal karena ia memiliki susuna sisik yang sangat teratur dan rapi. Selain itu, Mozaic juga memiliki pola garis bergelombang pada siripnya.

Red Mozaic Guppy.

Banyak yang mengatakan bahwa ikan jenis Red Mozaic ini menyerupai jenis guppy Red Blonde.

Yang menjadi pembeda diantara keduanya adalah bahwa postur tubuh lebih panjang, serta dihiasi dengan warna merah yang memiliki corak sekilas terlihat seperti keeping-keping batu.

Super Red Singapore Guppy.

Berdasarkan namanya, tentu jenis ikan ini berasal dari negara Singapura. Ciri khas yang dapat terlihat dari guppy Super Red Singapore tentu warna sisiknya yang merah cerah.

Warna merah guppy ini terdapat pada sekujur tubuhnya. Disamping itu, Super Red Singapore merupakan jenis ikan guppy yang memiliki ekor dan sirip yang panjang.

Japan Blue Guppy.

Ikan guppy jenis Japan Blue ini berasal dari negara Jepang. Di negaranya, Japan Blue merupakan jenis ikan liar, yang jarang dijadikan hewan peliharaan.

Namun, banyak negara yang mengimpor ikan guppy jenis ini. Pada Japan Blue jantan, terdapat warna biru di bagian pinggangnya.

Guppy Japan Blue yang dikawin silangkan menghasilkan jenis guppy Japan Blue lain dengan letak warna biru yang berbeda, seperti warna biru di kepala dan juga di pangkal ekor.

Grass Blue Guppy.

Jenis ikan guppy Grass Blue ini tidak lain merupakan hasil perubahan dari ikan guppy Mozaic. Ikan ini memiliki ciri khas yaitu bintik-bintik hitam atau biru gelap yang terletak pada sirip, punggung dan juga ekornya.

Metalic Guppy.

Guppy metalik ini memiliki ciri khas yaitu warna abu-abu gelap metalik.

Salah satu jenis guppy metalik yang mudah diperoleh yaitu jenis metalik cobra, yakni merupakan hasil kawin silang dari guppy metalik, dan guppy cobra.

Full Platinum Guppy. Guppy jenis ini memang terlihat cukup menawan dengan seluruh tubuhnya yang ditutupi dengan warna platinum.

Selain itu, keindahannya semakin Nampak karena ia memiliki jenis ekor dan sirip yang panjang.

Itulah 10 jenis ikan guppy lain, yang tergolong sebagai jenis guppy termahal. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca sekalian.