6 Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Tampil Hebat

Ikan Cupang Aduan

Ikan cupang aduan jantan selain cantik juga dikenal sebagai ikan yang memiliki mental bertarung yang tangguh. Karakter tersebut kemudian dieksplore menjadi sebuah tontonan yang menarik banyak kalangan mulai dari anak anak hingga orang dewasa.

Ikan cupang termasuk ikan yang mudah dipelihara dan mempunyai nama latin Betta yang dimana ikan ini berada dikawasan asia tenggara.

Terkadang adu cupang disertai juga dengan taruhan untuk meramaikan suasana.

Melatih Ikan Cupang Aduan

Melatih Ikan Cupang Aduan

Pada artikel kali ini kami akan berbagi tips melatih ikan cupang laga dengan cara yang sederhana agar menjadi jawara

Baca Juga : 7 Jenis Makanan Ikan Cupang Yang Baik Beserta Kandungannya

1.Latihan mental ikan cupang Aduan

Latihan mental sangat penting bagi cupang laga. Ikan dengan mental yang baik akan bertarung lebih agresif dan berani.

Cara membangkitkan mental cupang sangat mudah, anda cukup meletakkan ikan cupang didalam gelas dengan air yang minim.

Isi air dengan ketinggian hanya 15 cm saja. Biarkan ikan berusaha untuk melompat.

Latihan seperti ini bisa dilakukan seminggu cukup 2 kali saja.

2. Melatih pukulan dan gigitan

melatih pukulan bisa dilakukan dengan 2 cara. Pertama anda bisa mengikat sebuah karet gelang berwarna terang menyala di ujung lidi.

Putar putar lidi di sekitar ekor atau sirip cupang hingga merasa terganggu. ikan akan merespon dengan gigitan atau kibasan ekor yang keras. Cara kedua anda bisa memanfaatkan ember kecil berbentuk bulat.

Letakkan ikan di dalam ember dan putar searah jarum jam hingga terbentuk pusaran air didalam ember. Ikan akan memiliki naluri bertahan melawan arus.

Lakukan teknik tersebut setiap dua hari sekali untuk melatih kekuatan gigitan ikan. Hentikan latihan 2 hari sebelum ikan cupang di adu.

Baca Juga : 10 Jenis Ikan Guppy Termahal Yang Banyak Dicari Penghobi

3. Karantina ikan yang diadu

Letakkan ikan ke dalam botol. Tutup badan botol dengan plester gelap hingga tersisa ujung botolnya saja. Atau anda bisa mengubur botol di dalam tanah dan sisakan mulut botol agar ikan dapat mengambil oksigen.

Beri makanan sedikit saja agar ikan dapat bertahan hidup.

4. Melatih pernafasan (Tehnik Menjantur)

Teknik ini sudah sering digunakan para pemilik cupang aduan. Jantur adalah akuarium yang berukuran kecil namun memiliki leher yang tinggi. Isi air hingga penuh sehingga ikan dapat berenang naik turun.

Kemudian letakkan ikan lain di dalam sebuuah tempat yang kecil di dasar akuarium atau dapat juga diganti dengan cermin yang di tempelkan di akuarium jantur.

Ikan yang dilatih akan berenang turun ke dasar untuk merespon kehadiran ikan lain. Ikan yang terbiasa dilatih dengan teknik ini akan memiliki pernafasan yang lebih panjang saat diadu. Teknik lain yang bisa digunakan yaitu memanfaatkan media selang.

Siapkan selang berdiameter sempit. Masukkan ikan cupang aduan melalui salah satu ujung dan segera tutup dengan sumbat.

Ikan cupang aduan memiliki naluri untuk bergerak mencari jalan keluar melalui lubang yang lain. Semakin panjang ukuran selang semakin lama pula ikan mampu bertahan menahan nafas.

Latihan bisa dilakukan setiap hari selama 15 menit.

Baca Juga : Mari Mengenal Ikan Arwana Beserta Asal Muasalnya

5. Memperkuat sisik ikan

Masukkan ikan yang akan di adu di dalam rendaman air daun ketapang. Daun ketapang dikenal mampu menyembuhkan luka, memperbaiki sisik dan mempertebal kulit ikan. Cara ini bisa dilakukan seminggu dua kali.

6. Kebersihan akuarium

Ikan yang sehat adalah ikan yang hidup di tempat yang sehat pula. Lakukan pembersihan akuarium setidaknya 2 minggu sekali.

Ganti air yang telah keruh dengan air yang telah di endapkan. Berikan makanan alami seperti cacing darah seminggu dua kali untuk mencukupi kebutuhan gizi ikan.

Ikan yang sehat tentu akan memiliki daya gigit yang lebih mumpuni dibanding ikan cupang lainnya.

Demikian ulasan tentang cara Melatih Ikan Cupang Aduan yang telah selesai Hypetuts ulas untuk teman teman semua.Terima kasih telah mengunjungi Hypetuts.com, sampai jumpa di kesempatan selanjutnya dan semoga bermanfaat.