Mari Mengenal Ikan Arwana Beserta Asal Muasalnya

Ikan Arwana

Ikan arwana adalah ikan air tawar yang sangat prestisius, memiliki nama latin Osteoglossidae dan masih banyak lagi nama lokal yang diberikan seperti ikan naga (dragon fish), barramundi, saratoga, pla tapad, kelesa, siluk, kayangan, peyang, tangkelese, atau arowana.

Ditemukan mulai dari Thailand, Malaysia, Kamboja, Indonesia hingga Mnyanmar. Ikan arwana dewasa dapat tumbuh hingga sepanjang 90 cm. Arwana memiliki bentuk tubuh yang memanjang namun ramping.

Sisiknya berwarna mengkilat dan berukuran besar. Dagu mengarah ke atas dengan sungut pengindera mangsa terletak di bibir bagian bawah.

Mengenal Ikan Arwana

Mengenal Ikan Arwana

Ikan arwana termasuk ikan karnivora. Arwana muda akan mudah diberi umpan udang hidup, cacing coklat segar, cacing tanah, ikan kecil, kecebong dan cicak.

Sekalipun demikian, arwana juga baik jika anda berikan makanan beku yang telah diformulasikan khusus bagi ikan. Selain lebih murah, makanan beku juga memiliki kandungan protein yang lebih baik.

Baca Juga : 6 Jenis Ikan Discus Dan Kisaran Harganya Yang Perlu Diketahui

Mitos

Mitos

Sama seperti mitos ikan koi, arwana dianggap sebagi ikan pembawa keberuntungan. Jika anda berniat memelihara Arwana maka anda harus menyiapkan akuarium yang cukup besar. Setidaknya akuarium tersebut memiliki kapasitas minimum 250 liter untuk arwana remaja hingga 1000 liter untuk arwana dewasa.

Suhu air yang baik bagi ikan arwana adalah 24 hingga 29 derajad celsius dengan derajah keasaman antara 7,0 hingga 7,7. Saat masih berukuran remaja, memelihara beberapa ikan arwana dalam suatu akuarium tidak menjadi masalah. Anda dapat meletakan 4 hingga 10 ekor secara bersama.

Namun apabila telah dewasa sebaiknya ikan arwana dipisahkan dan hidup secara soliter.

Selain akan menjadi agresif, menempatkan beberapa ikan arwana dewasa sekaligus juga menyebakan ikan tidak mendapat makanan secara merata.

Baca Juga : Mari Mengenal Ikan Oscar Yang Buas Mempunyai Motip Cantik

Memelihara Di Akuarium

Memelihara Di Akuarium

Akuarium untuk memelihara arwana harus memiliki tutup yang kuat di bagian atas. Ikan arwana tanpa diketahui sering meloncat dari akuarium dan berakhir dengan kematian dan itu jangan sampai terjadi.

Mereka melakukan hal tersebut karena terancam, kualitas air yang buruk, adanya makanan dan benda bergerak di sekitar akuarium alasan itulah ikan ini bisa loncat.

Akuarium arwana sebaiknya diletakkan di daerah yang tenang dan tidak banyak mobilitas dengan cahaya yang redup. Arwana yang stres dapat melukai dirinya sendiri.

Arwana juga tidak mentoleransi air dengan kualitas buruk sehingga anda perlu memperhatikan sistem filtrasi yang ada dan jika bisa selalu dicek karena ada beberapa parian yang sangat sensitif pada kualiatas air.

Hindari penumpukan kadar nitrat dan amonia dengan rajin mengganti air sebanyak seperempat bagian setidaknya seminggu sekali supaya tidak terjadi penumpukan amoniak dan kotoran ikan yang tidak tersaring dengan sempurna.

Baca Juga : 4 Jenis Ikan Arwana Yang Banyak Dipelihara Oleh Penghobi

Jenis Ikan Arwana

Jenis Ikan Arwana

Arwana memiliki beberapa varian jenis. Beberapa yang paling terkenal adalah Arwana super red asal sungai kapuas dan danau sentarum kalimantan,

Cross Black Golden Arwana Arwana Cross Black Golden berasal dari Malaysia, seperti di daerah Perak, Johor, Bukit Merah dan Trengganu.

Red Tail Golden salah satu varietas golden yang berasal dari Indonesia, khususnya Pekan baru – Sumatera. Green Arwana (Arwana Pino) ditemukan di Malaysia, Kamboja, Thailand, Indonesia & Myanmar.

Jardini Arwana berasal dari australia dan sebagian pulau Irian. Arwana Brazil dari Amerika Selatan, namun saat ini sudah banyak di kembang biakkan di Indonesia.

Demikian ulasan tentang ikan arwana yang telah selesai Hypetuts ulas untuk teman teman semua.Terima kasih telah mengunjungi Hypetuts.com, sampai jumpa di kesempatan selanjutnya dan semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!