Mari Mengenal Ikan Oscar Yang Buas Mempunyai Motip Cantik

Ikan Oscar

Ikan Oscar, merupakan jenis ikan hias yang sangat populer dikalangan para pecinta ikan hias. Tak hanya di Indonesia, di negara Amerika Serikat, ikan Oscar tergolong ikan yang dapat dijinakkan.

Jika Anda berhasil menjinakkannya, Anda bahkan bisa memberinya makan langsung melalui tangan Anda.

Habitat Ikan Oscar

Habitat Ikan Oscar

Jenis ikan hias air tawar ini adalah ikan hias yang hidup di alam liar, yaitu di sungai Amazon, wilayah Amerika Selatan. Selain itu, ikan Oscar juga banyak ditemukan di aliran sungai di beberapa negara di wilayah Perancis.

Di habitatnya yang asli, ikan Oscar terbagi menjadi tiga jenis yaitu, Oscar Albino, Oscar Merah, dan Oscar Tiger. Lalu kemudian, varietas Oscar semakin bertambah dan beragam sejak ikan hias air tawar asal sunga Amazon ini dipelihara di akuarium dan juga dikembangbiakkan dan dikawinsilangkan.

Baca Juga : Mari Mengenal Ikan Arwana Beserta Asal Muasalnya

Perkawinan Silang

Perkawinan Silang

Hasil dari pengembangbiakkan dan perkawinan silang ketiga jenis ikan tersebut menghasilkan beberapa jenis Oscar lain seperti Oscar Red Tiger, Oscar Albino Tiger, Oscar Slayer, dan masih banyak jenis Oscar hasil kawin silang yang lain.

Kabarnya, hingga kini perkawinan silang antara jenis-jenis Oscar yang ada tetap dijalankan, sehingga akan mengahsilkan semakin banyak lagi ragam Oscar nantinya.

Baca Juga : Fakta Ikan Buntal Air Tawar Lucu Mempunyai Gigi Tajam

Karakter Oscar

Karakter Oscar

Pada dasarnya, ikan Oscar adalah ikan hias air tawar yang memiliki sifat buas, yang berarti bahwa ia memakan jenis ikan lain yang ukuran tubuhnya lebih kecil.

Meski tergolong dalam kategori ikan hias yang buas, namun ikan ini juga gemar memakan buah-buahan seperti jeruk, melon dan juga semangka. Lain halnya dengan pemelihara Oscar di Indonesia.

Di Indonesia, Oscar yang dijadikan sebagai ikan peliharaan di rumah biasanya diberi makan berupa ikan kecil seperti ikan mas, cacing sutera, pelet ikan, bahkan serangga kecil.

Untuk ikan yang masih kecil atau anakan, biasanya diberi makan berupa kutu air.

Harga Oscar

Sebagai ikan hias air tawar yang terbilang cukup unik dan langka, Oscar dibanderol dengan harga yang cukup mahal per ekornya. Meskipun mahal, namun harga-harga tersebut masih cukup bisa dijangkau bagi Anda yang tertarik untuk memeliharanya.

Dari ketiga jenis Oscar tersebut di atas, jenis Oscar yang paling mahal adalah Oscar Albino. Untuk satu ekor Oscar Albino dewasa yang ukuran tubuhnya sekitar 15 – 20 cm, harga yang dipatok sekitar Rp 50.000 – Rp 100.000. Untuk ikan Oscar terbesar, bisa dijumpai di habitat aslinya yaitu sungai Amazon.

Di sunga Amazon, Oscar terbesar yang ditemukan adalah ikan Oscar dengan ukurang tubuh sekitar 35 – 45 cm.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Oscar. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca sekalian.