Fakta Ikan Buntal Air Tawar Lucu Mempunyai Gigi Tajam

Ikan Buntal Air Tawar

Memperbincangkan tentang satwa Indonesia memang tidak ada habisnya. Indonesia memang kaya akan satwa-satwanya yang unik dan menarik, salah satunya ialah ikan buntal air tawar.

Jenis ikan unik ini populasinya sudah semakin menurun dan terbatas. Di Indonesia, ikan buntal air tawar ini hanya dapat ditemukan di dua wilayah saja, yaitu Kabupaten Banyuasin yang terletak di provinsi Sumatera Selatan, dan Sungai Sambas yang terletak di Kalimantan Barat.

Tidak sedikit masyarakat, khususnya para pecinta ikan hias yang tertarik dan berminat memelihara ikan buntal ini.

Hal tersebut dikarenakan pemeliharaan dan perawatan ikan hias buntal ini cukup mudah. Selain itu, ikan buntal air tawar ini mempunyai daya tahan tubuh yang cukup kuat.

Habitat Ikan Buntal Air Tawar

Habitat Ikan Buntal Air Tawar

Habitat asli ikan buntal ini adalah di area perairan pinggiran sungai di mana banyak tanaman yang tumbuh di sekitarnya. Ikan hias unik ini digolongkan ke dalam kategori ikan berukuran kecil, karena ukuran tubuhnya hanya mencapai sekitar 4 sampai 5 cm saja.

Dilihat dari namanya saja, tentunya sudah dapat ditebak seperti apa keunikan ikan hias ini. Ya, ikan buntal memang terlihat menggemaskan dengan bentuk badannya yang bulat dan lonjong dengan ekornya yang dihiasi dengan warna merah.

Selain itu, keindahannya terlihat pada matanya yang berwarna cokelat. Sedangkan tubuh ikan buntal berwarna belang hijau muda dan cokelat sedikit kehijauan.

Ditambah lagi dengan perutnya yang berwarna putih, yang semakin membuatnya kontras dan menarik dengan warna tubuhnya.

Baca Juga : Mari Mengenal Ikan Oscar Yang Buas Mempunyai Motip Cantik

Tips Memelihara Ikan Buntal Di Aquarium

Memelihara Ikan Buntal Di Aquarium

Jika Anda tertarik dan berminat memelihara ikan buntal dalam akuarium, sebaiknya ciptakan aquascape yang baik, lengkap dengan tanaman-tanamannya.

Hal tersebut penting untuk menciptakan suasana dan lingkungan yang disesuaikan dengan habitat aslinya, supaya ikan hias tersebut juga tidak mudah mengalami stress. Semakin indah jika ditambahkan cabang atau akar bogwood.

Selain itu, berikan juga tanaman air yang dapat mengapung supaya mengurangi intensitas sinar matahari. Mengapa? Karena ikan buntal gemar hidup dalam kondisi air yang remang-remang.

Biasanya, ikan buntal dipelihara dalam akuarium dengan ukuran 45 x 30 x 30, dengan volume air sekitar 40 liter.

Ikan buntal memerlukan pengaturan pH air sekitar 5 sampai 7, dengan suhu sekitar 24 sampai 28 derajat Celsius.

Hal paling penting dalam menjaga keberlangsungan hidup ikan buntal air tawar ini adalah dengan menjaga kebersihan kondisi airnya.

Baca Juga : 7 Ikan Hias Air Tawar Terpopuler Dan Banyak Peminat

Makanan Ikan Buntal Air Tawar

Makanan Ikan Buntal Air Tawar

Dalam hal pakan, ikan buntal termasuk salah satu jenis ikan hias yang bersifat rakus. Ikan hias rakus ini memakan segala macam jenis makanan hidup seperti siput, kerang, dan cacing darah.

Namun, ikan buntal juga gemar memakan pakan beku. Pemberian pakan berupa siput cukup baik bagi gigi ikan buntal, karena giginya cepat tumbuh dan juga tajam.

Sehingga jika tidak di kikis terus menerus akan tumbuh semakin panjang dan tajam, yang justru akan merusak sekitarnya. Harga ikan buntal air tawar yang dijual di pasaran adalah sekitar Rp 150.000,-.