7 Ikan Hias Air Tawar Terpopuler Dan Banyak Peminat

Ikan Hias Air Tawar

Ikan hias air tawar adalah salah satu hewan yang saat ini cukup banyak diminati. Warna yang indah dan bentuk tubuh yang unik membuat banyak orang tertarik untuk menjadikannya hiasan akuarium di rumah tidak kalah dengan ikan hias air laut.

Selain itu, memelihara ikan hias juga dapat menjadi hiburan tersendiri dan dapat menghilangkan penat ketika kita sudah suntuk dalam mengerjakan tugas pekerjaan setiap harinya.

Perlu diketahui, bahwa sekitar 75% pasokan ikan hias air tawar yang berada di pasaran dunia berasal dari perairan Indonesia.yaitu sekitar 363 jenis ikan hias air tawar maka kita sebagai warga negara indonesia haruslah bangga karena memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa termasuk jenis ikan didalamnya.

Baca Juga : 8 Ikan Hias Air Laut Yang Mudah Dipelihara

Ikan Hias Air Tawar

Dari berbagai jenis ikan hias air tawar, beberapa diantara adalah ikan hias terpopuler dan paling diminati diartikel ini hanya akan menjelaskan ikan yang sangat populer dan sering orang membeli baik untuk yang baru memelihara ikan ataupun yang sudah mahir.

Berikut akan diulas mengenai jenis-jenis ikan hias air tawar yang paling populer.

Arwana

Ikan Hias Air Tawar Arwana

Ikan Arwana yang memiliki banyak nama lain seperti ikan payang, ikan naga, dan ikan khayangan ini termasuk kategori ikan purba yang mempunyai nama latin Osteoglossidae yang ukuran telurnya menyerupai ukuran telur puyuh besar juga kan.

Sisik yang menawan dan ukuran tubuhnya yang besar memang menjadi daya tariknya terlebih banyak ikan arwana yang memiliki warna yang sangat menawan seperti arwana super red, arwana gold 24 k dan masih banyak yang lainnya.

Ikan Arwana sendiri sudah cukup lama dikenal para hobiis ikan air tawar di Indonesia dan menempatkannya sebagai ikan hias terpopuler di posisi pertama.

Koi

Ikan Hias Air Tawar Koi

Salah satu ikan hias air tawar yang banyak dipelihara di akuarium dan dikolam adalah ikan koi. Untuk memelihara ikan koi, membutuhkan akuarium cukup luas atau kolam yang layak untuk kehidupan ikan ini karena koi butuh ruang gerak yang sangat luas supaya tumbuh sempurna.

Ikan ini Selain warnanya yang menarik, ikan koi juga memiliki julukan dan diyakini sebagai pembawa keberuntungan yang banyak sekali orang percayai.

Oleh karena itu banyak orang memeliharanya. Ikan Koi berada di tangga ke dua ikan hias terpopuler di Indonesia yang banyak orang cari dan membeli.

Guppy

Ikan Hias Air Tawar Guppy

Ikan yang berasal dari wilayah Amerika Selatan ini memiliki ciri fisik yang cukup unik, yaitu ekornya yang menyerupai rok. Ikan guppy ini hampir sama dengan jenis ikan molly.

Guppy adalah salah satu ikan hias yang cukup banyak peminatnya mempunyai nama latin Poecilia reticulata, apalagi guppy jantan. Karena guppy jantan memiliki sirip yang cenderung lebih indah jika dari pada guppy betina maka untuk pemula membedakan ikan guppy jantan dan betina tentu tidaklah sulit.

Louhan

Ikan Hias Air Tawar Louhan

Siapa yang tak tahu ikan louhan? Ya, ikan dengan bentuk unik ini memang selalu mampu memikat para penggemarnya.

Tipe ikan hias air tawar ini memang terlihat mengagumkan dengan tonjolan yang ada di kepalanya. Karena itulah, nilai jual ikan ini cukup tinggi. Ikan louhan termasuk dalam kategori ikan hias karnivora.

Oscar

Ikan Hias Air Tawar Oscar

Ikan oskar memiliki bentuk dan gerak tubuh menyerupai ikan nila mempunyai nama latin Astronotus ocellatus. Keunikan ikan ini ada pada tubuhnya yang berwarna dasar hitam dengan corak oranye menyerupai batik yang terlihat menonjol. Selain hitam, ada juga ikan oskar dengan warna putih berpola garis totol-totol oranye, atau warna putih polos.

Cupang

Ikan Hias Air Tawar Cupang

Kecantikan ikan cupang ini sangat menarik untuk dipelihara dan termasuk yang paling populer di tanah air banyak sekali jenis jenisnya.Selain warna ikan cupang yang sangat beragam dan menarik, keunikan lainnya juga dapat dilihat dari bentuk badannya yang memanjang dan siripnya yang menjuntai ke seluruh tubuh.

Meski kecil, ikan cupang memiliki sifat yang cukup lincah, gesit, cepat. Selain terlihat cantik, cupang juga bisa terlihat garang ketika diadu atau berkelahi maka dari itu kita harus memisahkan pemeliharaannya supaya tidak terjadi perkelahian yang menyebabkan ikan bisa stress dan ujungnya mati.

Mas Koki

Ikan Hias Air Tawar Mas Koki

Ikan mas koki, adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat populer dan mempunyai nama latin Carassius auratus auratus. Selain bentuk tubuhnya yang lucu dan menggemaskan, melihat cara geraknya yang lucu juga dapat menjadi hiburan bagi pemiliknya.

Ikan yang menyenangi aliran air yang tenang ini memiliki warna sisik yang bervariasi yaitu putih, merah, metalik, kuning, hijau, hitam, atau campuran dari warna-warna tersebut.

Demikian ulasan tentang Ikan Hias Air Tawar Terpopuler yang telah selesai Hypetuts ulas untuk teman teman semua.Terima kasih telah mengunjungi Hypetuts.com, sampai jumpa di kesempatan selanjutnya dan semoga bermanfaat.