4 Jenis Ikan Arwana Yang Banyak Dipelihara Oleh Penghobi

Jenis Ikan Arwana

Tak hanya karena keindahan dan keunikan tubuhnya, banyak yang mengatakan bahwa jenis ikan arwana adalah hewan yang diyakini mendatangkan hoki dan keberuntungan, bahkan ada pula yang mengatakan bahwa ikan ini dapat melindungi manusia dari arwah-arwah penganggu/ penghuni rumah.

Maka tak heran, begitu banyak orang yang tertarik dan berminat membeli dan memelihara ikan arwana meskipun harga ikan ini terbilang cukup mahal.

Ciri khas dari ikan hias mahal ini terletak pada dua sungutnya, yang berfungsi sebagai sensor untuk menunjukkan pergerakan mangsanya.

Dengan sisik yang indah dan rapi, serta gaya berenang yang angkuh dan anggun, membuat banyak orang terpukau olehnya beserta keunikan bentuk yang terlihat seperti Naga.

Arwana adalah salah satu spesies ikan hias yang keberadaannya dilindungi, karena populasinya sangat terbatas maka dari itu banyak sekali yang membudidayakan ikan ini memiliki chip serta sertifikat yang tertanam ditubuhnya.

Jenis Ikan Arwana

Ikan Arwana

Selain itu, ikan arwana itu juga memiliki ragam jenis yang cukup populer dan diminati seperti:

Super Red Arwana

Super Red Arwana

Jenis arwana yang berasal dari Kalimantan, tepatnya di daerah sungai Kapuas dan danau Sentarum ini, memiliki warna merah pada sungut, dayung, sirip, dan ekor sejak masih kecil. Seiring dengan bertumbuhnya, warna merah kemudia akan menyebar ke area pipi dan dan pinggir insang.

Warna merah pada ikan arwana merah akan muncul ketika ikan berusia kurang lebih 3-4 tahun. Jenis ikan arwana yang satu ini merupakan salah satu jenis arwana yang cukup populer dan diminati di Indonesia.

Harga untuk satu ekor ikan Super Red Arwana bisa mencapai hingga Rp 6.000.000,-.

Baca Juga : Mari Mengenal Ikan Arwana Beserta Asal Muasalnya

Red Tail Golden Arwana

Red Tail Golden Arwana

Jenis ikan arwana yang satu ini memiliki sifat yang cukup agresif jika dibandingkan dengan jenis arwana yang lain.

Red Tail Golden juga merupakan salah satu jenis arwana yang mempunyai berbagai macam warna dasar/ base colour pada tubuhnya seperti green base, blue base, dan juga gold base.

Harga Red Tail Golden dibanderol lebih murah daripada Super Red, yaitu sekitar Rp 4.000.000,-.

Jardini Arwana (Arwana Irian)

Jardini Arwana

Jenis arwana Jardini ini bisa dibilang termasuk salah satu jenis ikan arwana yang cukup unik dan menarik, yaitu memiliki warna dasar hitam kecokelatan dengan corak bintik-bintik kuning keemasan pada bagian tengah sisiknya.

Sebenarnya, Jardini Arwana berasal dari wilayah Australia, namun karena sering muncul dan terlihat di wilayah Irian, maka ia disebut Arwana Irian. Terdapat dua jenis Jardini Arwana yaitu yang berwarna dasar lebih gelap dan lebih terang.

Jardini yang berwarna dasar lebih gelap disebut Scleropages Jardini, sedangkan yang lebih terang disebut Scleropages Leichharti.

Jardini Arwana dibenaderol dengan harga yang lebih murah daripada Red Tail Golden, yaitu sekitar Rp 3.500.000,-.

Silver Arwana (Arwana Brazil)

Silver Arwana

Jenis arwana yang satu ini memiliki bentuk tubuh yang sedikit berbeda, yaitu tubuh dan sirip yang panjang dari tubuh bagian tengah sampai ke bagian ekor, sehingga menimbulkan kesan semakin anggun ketika berenang.

Panjang tubuh Silver Arwana bisa mencapai sekitar 50-60 cm. Jenis ikan arwana asala Amerika Selatan ini sudah dikembangkan di Indonesia dan dibanderol dengan harga sekitar Rp 2.000.000,-.

Maih banyak sekali jenis ikan arwana yang belum disebutkan diartikel ini akan tetapi hypetuts ulas yang banyak sekali dipelihara.

Itulah ulasan mengenai beberapa jenis arwana yang mahal di Indonesia. Bagi Anda yang tertarik, semoga apa yang telah disampaikan dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda sekalian.