Mengenal Jenis-Jenis Ikan Molly Yang Perlu Diketahui

34

Ikan molly, adalah salah satu jenis ikan hias yang cukup populer dan diminati oleh para pecinta ikan, karena molly memiliki warna yang sangat menawan dan perut buncit.

Ikan molly dewasa yang ukuran tubuhnya hanya mencapai 12 cm ini adalah jenis ikan omnivora, yaitu menyukai beragam jenis makanan seperti pelet, cacing beku, cacing rambut dan masih banyak lagi.

Selain itu, ikan molly adalah jenis ikan yang mudah dipelihara dan juga dibudidayakan.

Namun, supaya molly dapat bertahan hidup lebih lama, air pada akuarium ikan jenis molly haruslah ditambah dengan garam, karena ikan ini memmerlukan kadar garam yang cukup.

Mengenal Ikan Molly

Mengenal Ikan Molly

Ikan molly merupakan jenis ikan hias yang memiliki sifat damai dan ramah. Artinya, molly dapat hidup secara berkelompok, setidaknya 5-6 ekor.

Jenis ikan hias yang berasal dari sungai Amazon dan sungai-sungai di wilayah Amerika ini biasa hidup di sela-sela akar tanaman air dan juga menetaskan telurnya di sana.

Jenis Ikan Molly

Molly terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:

Sailfin Molly.

Sailfin Molly sendiri masih dibagi ke dalam tiga spesies, yaitu:

Poecilia Petenensis (Wild Green Sailfin Molly)

Wild Green Sailfin Molly

Adalah jenis molly yang berasal dari wilayah Amerika tengah, yang tidak lain merupakan penghuni Danau Peten di daerah Guatemala.

Molly jantan jenis ini memiliki ukuran tubuh sekitar 15 cm atau lebih, sedangkan ikan betina berukuran lebih besar.

Molly jenis ini adalah salah satu spesies molly yang tubuhnya besar. memiliki warna abu-abu sampai abu-kehijauan, dan memliki sirip punggung dengan warna oranye pada ujungnya.

Baca Juga :

Poecilia Latipinna (Sailfin Molly)

Sailfin Molly

Adalah jenis molly yang berasal dari sungai San Antonio Texas. molly jantan jenis ini berukuran sekitar 12 cm, sedangkan betinanya lebih besar.

Poecilia Velifera

Poecilia Velifera

Adalah jenis molly yang berasal dari wilayah Yucatan Peninsula. molly jantan jenis ini memilki ukuran tubuh sekitar 12 cm.

Untuk semua jenis ikan Sailfin Molly ini, dapat bertahan hidup kurang lebih sekitar tiga tahun.

Short-fin Molly

Short-fin Molly juga terbagi menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

Poecilia Salvatoris (Liberta Molly)

Adalah jenis ikan molly yang berasal dari El Salvador. Ikan jenis ini memiliki ukuran tubuh hanya sepanjang 8 cm saja. Namun, Liberta Molly adalah jenis ikan molly yang cukup agresif dan suka menggigit sirip ikan lainnya.

Poecilia Mexicana (Atlantic Molly)

Atlantic Molly

Adalah jenis molly yang berasal dari Meksiko. Jenis ikan molly ini sangat kecil, hanya mencapai sekitar 5 cm saja.

Poecilia Latipunctata (Broadspotted Molly)

Adalah jenis molly yang juga berasal dari Meksiko. molly ini memiliki ciri warna hitam putih bintik-bintik.

Poecilia Sphenops (Common Molly)

Adalah jenis molly yang diyakini sebagai “leluhur” ikan Black Molly, yang mengalami melanistic yaitu adanya pigmen gelap pada tubuhnya (berlawanan dengan albino).

Molly Hybrids

Molly hybrids adalah jenis molly yang merupakan hasil kawin saling antar molly untuk mendapatkan molly baru yang lebih menarik, yaitu jenis dan corak warna yang baru.

Itulah informasi mengenai beberapa jenis ikan molly yang dapat dibagikan. Semoga ulasan diatas dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca sekalian.