Jenis Udang Hias Air Tawar Beserta Harga dan Cara Memelihara

Jenis Udang Hias Air Tawar

Biasanya, udang hanya dikenal dan dimanfaatkan sebagai hewan yang hanya dapat dikonsumsi. Namun ternyata, perlu diketahui bahwa hewan invertebrate ini ternyata memiliki keunikan dan keindahan tersendiri.

Ya, udang hias air tawar merupakan jenis hewan yang saat ini cukup populer dan diminati, selain ikan hias air tawar. Biasanya, udang hias air tawar dipelihara untuk mempercantik akuarium atau aquascape.

Selain itu, udang hias air tawar ini tidak hanya dapat dipelihara saja, namun juga termasuk hewan yang pengembangbiakkannya cukup mudah, sehingga tidak sedikit orang yang tertarik memilikinya.

Udang hias air tawar inicukup populer dan diminati banyak orang karena keunikannya. Salah satu keunikan yang paling dapat terlihat pada udang hias air tawar adalah warna-warna yang mereka miliki.

Warna pada udang hias ini sangat beragam. Meski terkesan aneh dan unik, namun warna-warna itulah yang menjadi pesona mereka, yang membuat mereka terkesan mewah dan indah. Selain itu, udang hias air tawar juga memiliki ukuran tubuh yang terbilang kecil dan mungil.

Nah, dengan bentuk tubuh yang mini serta perpaduan warna yang unik, justru semakin membuat mereka terlihat mengagumkan.

Jenis jenis udang hias air tawar pun juga sangat beragam. Harga yang dipatok untuk setiap ekor udang hias pun tergantung dari jenisnya.

Jenis Udang Hias Air Tawar

Nah, berikut adalah jenis-jenis udang hias air tawar berserta harganya yang perlu sahabat hypetuts perhatikan:

Red Cherry Shrimp.

Red Cherry Shrimp

Meskipun disebut sebagai jenis udang hias air tawar Red Cherry Shrimp, namun udang hias jenis ini sebenarnya memiliki warna yang cukup beragam.

Hanya saja, warna merah adalah warna yang laing populer dan digemari.

Pada dasarnya, Red Cherry Shrimp merupakan jenis udang hias air tawar yang memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik. Hanya saja, udang ini sangat sensitif terhadap zat adiktif atau fluktuasi kimia air.

Harga jenis udang hias air tawar, Red Cherry Shrimp sangat bisa dijangkau hanya dengan Rp 1.000 – Rp 2.000,-/ ekor.

Black Rili Shrimp.

Black Rili Shrimp.

Jenis udang hias air tawar Black Rili Shrimp termasuk jenis udang hias air tawar yang cukup unik, karena ia memiliki perpaduan warna mahal, yaitu warna putih dan bintik hitam.

Oleh karena itu, Black Rili Shrimp dibanderol dengan harga Rp 10.000,-/ ekor.

Baca Juga : Inilah Jenis Ikan Hias Aquascape Yang Indah Dan Menawan

Yellow Fire Shrimp.

Yellow Fire Shrimp.

Jenis udang hias air tawar jenis ini juga memiliki keindahan tersendiri cocok untuk aquascape, yaitu warna kuning transparan.

Yang apabila diletakkan pada akuarium dengan tanaman-tanaman hijau akan terlihat semakin menawan. Yellow Fire Shrimp juga dipatok dengan harga Rp 10.000,-/ ekor.

Red Bee Shrimp/Chrystal Red Shrimp

Red Bee Shrimp

Jenis Udang hias air tawar Chrystal Red Shrimp atau yang biasa disebut dengan istilah CRS merupakan salah satu jenis udang langka dan unik yang kini cukup populer dan banyak peminatnya.

Sebagian besar masyarakat juga mengenalnya dengan sebutan Red Bee Shrimp.

Jenis udang hias yang satu ini termasuk jenis udang yang cukup mudah dikenali dari ciri fisiknya yaitu warna merah dan putih pada tubuh mereka.

Fakta disebutkan bahwa jenis udang hias air tawar crystal red shrimp ini adalah jenis udah dari mutasi tunggal, di mana udang hitam Bumble Bee di Jepang cukup berperan.

Ternyata membutuhkan jerih payah keras untuk dapat menghasilkan CRS ini.

Harga yang dipatok untuk tiap ekor Udang Chrystal Red Shrimp ini masih terjangkau, yaitu sekitar Rp 7.500 – Rp 10.000,-.

Bagi Anda para pemula, yang tertarik memelihara udah hias jenis Crystal Red ini, mungkin bisa dikatakan kurang cocok.

Hal tersebut dikarenakan pemeliharaan dan perawatannya yang membutuhkan biaya yang cukup besar.

Selain itu, jenis udang hias Crystal Red ini memerlukan kondisi air yang berkualitas, bahkan bisa dibilang bahwa ia membutuhkan kualitas air yang sempurna dan optimal.

Karena kondisi air merupakan faktor yang cukup berpengaruh terhadap perkembangannya dan reproduksinya.

Untuk memelihara CRS dengan baik, harus disertai dengan pengetahuan yang cukup, supaya pemeliharaan dan perawatannya tidak sembarangan dan justru membuat udang crystal red shrimp menjadi sakit atau bahkan mati, karena jenis udang hias air tawar ini adalah makhluk yang cukup rapuh, serta sedikit sulit dikembangbiakkan.

Udang Crystal Red Shrimp membutuhkan kondisi akuarium dengan suhu sekitar 22 sampai 25 derajat Celsius, dan pH air sekitar 6.2 – 7.2.

Pengaturan suhu dan pH air adalah termasuk hal yang paling penting dalam memelihara CRS, karena penting bagi kondisi kesehatan, warna tubuh, dan meningkatkan penetasan telur. Selain itu, kekerasan umum harus sekitar 6 sampai 8. Sedangkan TDS sekitar 200 ppm.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan CRS adalah pergantian air. Setiap minggu, air dalam akuarium CRS harus rutin diganti setidaknya sebanyak 30%. Hal tersebut bertujuan supaya nitrat semakin berkurang dan mineral semakin terisi.

Selain itu, berikan juga dechlorinate ke dalam akuarium. Penting untuk diketahui, bahwa udang crystal red shrimp cukup sensitif terhadap perubahan air.

Oleh karena itu, pergantian air sebaiknya dilakukan perlahan dan sedikit-sedikit namun dengan frekuensi yang cukup sering, daripada jarang menggantinya, dan sekali mengganti dalam volume air yang besar.

Udang Crystal Red merupakan jenis udang hias air tawar omnivora dengan tetap diberikan diet yang sehat dan seimbang.

Diet seimbang yang baik bagi udang hias ini adalah dengan memberikannya sayur-sayuran segar, seperti zucchini rebus, pelet, bayam, flakes, dan juga makanan khusus udang tentunya.

Diet yang diterapkan pada CRS bertujuan untuk mengembangkan dan menjaga strip merah dan putih pada tubuhnya agar selalu solid.

Jangan lupa juga untuk rajin membersihkan akuariumnya dari sisa makanan yang ada.

Red Bee Shrimp merupakan udang hias air tawar yang memiliki perpaduan warna yaitu putih susu dan merah.

Karena keunikan perpaduan warnanya, maka tak heran jika udang hias ini dinilai seharga Rp 10.000,-/ ekor.

Baca Juga : Bikin Aquascape Sederhana! Berikut 5 Tahap Pembuatannya

Blue Pearl Shrimp.

Blue Pearl Shrimp

Jenis Udang hias air tawar Blue Pearl memiliki warna biru cerah yang sangat indah. Akan terlihat lebih indah jika dipandang saat malam hari di dalam akuarium.

Harga Blue Pearl Shrimp yaitu sekitar Rp 10.000,-/ ekor.

Amano Shrimp (Udang Amano)

Udang Amano

Jenis Udang hias air tawar Amano, atau Amano Shrimp merupakan salah satu jenis udang hias air tawar yang cukup dikenal dan banyak peminatnya.

Selain itu, udang Amano sudah banyak beredar dan dijual di pasaran sehingga bagi masyarakat yang tertarik dan berminat memeliharanya, dapat langsung dengan mudah menemukan dan membelinya.

Udang Amano memiliki berbagai macam nama atau sebutan lain seperti Caridinia Multidentata, Algae Eater Shrimp, Caridinia Japonica, Swamp Shrimp, Yamato Shrimp, Japanese Swamp Shrimp, Japanese Marsh Shrimp, dan Yamato Numa Ebi.

Nama Amano yang disematkan pada udang hias ini dikarenakan jenis udang ini dipopulerkan oleh seorang berasal dari Jepang bernama Takashi Amano.

Udang Amano sering digunakan sebagai penghias untuk mempercantik pembuatan aquascape. Selain itu, udang Amano juga dimanfaatkan sebagai pemakan algae, maka ia disebut Algae Eater Shrimp.

Udang Amano dapat tumbuh memanjang hingga ukuran tubuhnya mencapai 2 inci atau bahkan lebih.

Namun, udan Amano yang sering dijual di toko hewan adalah udang Amano yang berukuran sekitar 1 inci.

Udang Amano merupakan salah satu jenis udang hias yang pertumbuhannya cukup cepat.

Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik memelihara udang hias ini, sebaiknya membeli yang berukuran kecil saja supaya dapat menikmati pertumbuhannya, tentunya dengan kondisi air yang stabil dan selalu baik. Pada umumnya, warna udang Amano yang sering ditemukan adalah yang berwarna abu-abu transparan dan sedikit kehijauan.

Pada tubuh udang Amano, terdapat beberapa pola titik-titik, di mana pola tersebut terhubung satu sama lain.

Amano Shrimp memiliki mata yang berbentuk besar, lengkap dengan antenna yang berada di kepalanya. Selain itu, ia memiliki kaki yang panjang dengan garis-garis sempit di sepanjang tubuhnya.

Untuk pememliharaan dan perawatan udang Amano ini tidaklah terlalu sulit, namun juga tidak bisa dibilang mudah.

Sebaiknya, tempatkan udang Amano di tempat atau akuarium terbuka, karena kondisi seperti itulah yang dapat memberikan rasa aman untuk Amano.

Selain itu, berikan juga tanaman-tanaman dalam akuarium tersebut untuk lebih memberikan rasa senang dan tenang pada Amano. Suhu air diatur pada 22 sampai 26 derajat Celsius dengan pH 7.2 sampai 7.5, serta pencahayaan yang sedang-sedang saja. Amano Shrimp dapat bertahan hidup.

Namun, tidak jarang ditemukan udang Amano yang mati karena di tempatkan di akuarium untuk pertama kalinya.

Kematian tersebut disebabkan oleh stress karena peralihan lingkungan. Sedangkan dalam hal pakan, udang Amano termasuk udang yang tidak sulit dan tidak ribet.

Secara alamiah, Amano akan menyantap ganggang/ algae di dalam tank, atau akuarium.

Selain itu, dapat juga diberikan variasi pakan seperti pelet udang, pelet ikan, serpihan pakan ikan, serta pakan organik seperti bayam.

Harga Amno Shrimp di pasaran dibanderol dengan nilai sekitar Rp 9.000 – Rp 10.000,-/ ekor.

Baca Juga : 7 Ikan Hias Air Tawar Terpopuler Dan Banyak Peminat

Cara Memelihara Udang Hias Air Tawar

Cara Memelihara Udang Hias Air Tawar

Cara merawat udang hias Udang hias air tawar kini semakin diminati oleh para aquarist khususnya penghoby aquascape.

Hewan invertebrata berukuran kecil tersebut memiliki keindahan menakjubkan dengan banyak varian warna.

Jika sebelumnya udang hanya sebagai hewan untuk keperluan konsumsi saat ini udang hias air tawar dikembang biakkan sebagai penghias akuarium.

Peminat udang hias air tawar cukup banyak dari berbagai kelas dan golongan.

Tidak hanya di Indonesia, tetapi negara negara lain seperti Jepang, Thailand, Denmark, Jerman dan Finlandia juga menunjukkan tren meningkat terhadap permintaan udang hias air tawar.

Keunikan Udang Hias Air Tawar. Keunikan udang hias air tawar terletak pada warna yang menonjol dan cemerlang.

Warna yang biasa ditemui yaitu merah, biru, putih dan kuning. Ukuran udang hias juga cukup kecil, lebih kecil dari udang sungai maupun lobster air tawar.

Perpaduan warna warna cantik dengan tumbuhan hijau aquascape akan terlihat begitu menakjubkan.

Meletakkan akuarium aquascape berpenghuni udang air tawar di ruang tamu atau ruang keluarga merupakan pilihan yang sangat tepat.

Bagaimana Cara Memelihara Udang Hias Air Tawar. Memelihara udang hias air tawar tidaklah sesusah yang dibayangkan.

Hanya perlu ketelatenan dan konsistenis dalam perawatan. Pertama kali yang harus dilakukan adalah melakukan setting akuarium.

Pastikan ukuran akuarium mampu menampung jumlah udang yang akan dipelihara.

Nyalakan filter dan aerator selama 24 jam sehingga kotoran tersaring dan mengendap. Apabila air mulai jernih siapkan tanaman tanaman air yang mudah dipelihara.

Bagi para pemula pilih tanaman air yang tidak terlalu sensitif akan cahaya dan PH air.

Gunakan media substrat seperti pasir halus dan kerikil berukuran sedang. Apabila memiliki persediaan batuan karang juga dapat dimasukkan ke dalam akuarium sebagai media persembunyian. Kurangi penggunaan zat zat adiktif pemacu tumbuhan karena dapat menyebabkan udang stres dan mati

Budidaya Jenis Udang Hias Air Tawar. Melihat tingginya permintaan pasar tidak ada salahnya jika hewan invertebrata ini dibudidayakan untuk tujuan komersil.

Petani udang hias sendiri masih sangat terbatas dan kebanyakan hanya berskala rumah tangga maka dari itu untuk harga udang hias air tawar bisa dipastikan akan naik turun sesuai dengan permintaan konsumen.

Untuk harga per ekor jenis udang hias air tawar ini siap jual antara Rp 1000 hingga Rp 10.000. apa saja yang perlu dipersiapkan dalam budidaya udang hias? Berikut tips tipsnya

Baca Juga : 5 Jenis Tanaman Aquascape Yang Tumbuh Tanpa Co2

Habital Ideal Udang Hias Air Tawar.

Habital Ideal Udang Hias Air Tawar

Jenis Udang hias air tawar dapat hidup dengan baik pada air dengan pH 6.8 hingga 8.0. pelajari juga beberapa spesies udang lainnya seperti udang dari Asia karena membutuhkan Ph yang lebih spesifik.

Memilih Mate-tank.

Dalam memilih mate-tank udang hias haruslah di perhatikan, karena udang sering tidak cocok dengan spesies hwan lainnya terutama yang berukuran besar.

Tak jarang udang justru dimakan oleh ikan ikan lain yang berkarater agresif.

Beberapa ikan yang bisa dijadikan pendamping bagi udang hias air tawar diantaranya ikan hias neon tetra, ikan hias platy, ikan hias molly dan beberapa ikan yang seukuran dengan udang tersebut. Namun untuk keperluan budidaya sebaiknya udang dipelihara dalam akuarium tersendiri

Setting Akuarium.

Dalam melakukan setting akuarium lakukan dengan sangat hati hati. Buatlah kondisi akuarium sealami mungkin.

Filter air yang baik mampu menjaga kualitas air lebih tahan lama sehingga udang terhjaga kesehatannya dan juga meringankan pekerjaan anda dalam mebersihkan akuarium.

Ada baiknya udang dimasukkan ke dalam akuarium setelah semua tanaman tumbuh dengan baik

Pemberian pakan.

Makanan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan keberlangsungan hidup udang. Jenis makanan sebaiknya disesuaikan dengan udang yang dipelihara.

makanan udang hias air tawarUdang jenis Neocaridina/Caridina atau Halocaridina Rubra, menyukai makanan hijau segar seperti slada beku, alga, daun kubis atau spirulina tablet.

Sedangkan udang mutiara pearl yang suka menghabiskan waktu di pasir menyukai pakan berbahan dasar daging atau tablet.

Untuk udang Spesies Macrobachium dapat diberi makanan berupa cacing darah beku, udang renik beku dan cacing rambut.

Udang Atya bertipe pembersih sehingga suka memakan artemia. Pakan ini fleksibel, jadi bisa diberikan variasi makanan lainnya

Demikian informasi menarik seputar Jenis Udang Hias Air Tawar Beserta Harga dan Cara Memeliharanya. Nantikan artikel informatif seputar hobi dan ikan lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat.