PROMO CANVA Rp 95.000,00 /BULAN UNTUK 5 ORANG

Tips Beternak Ikan Guppy Bagi Pemula yang Baru Memulai

Beternak Ikan Guppy

Ikan Guppy termasuk salah satu ikan air tawar yang paling digemari di Indonesia. Warnanya bervariasi dari hitam gelap hingga merah menyala.

Dengan latar belakang pengetahuan genetik, para peternak di negara maju berusaha memunculkan warna warna hybrid yang lebih menarik.

Di Indonesia sendiri sebagian besar peternak menjadi adopter dimana mereka mengimport beberapa varian guppy terbaru dan menyilangkan dengan varietas lokal.

Beternak ikan guppy sendiri sebenarnya tidak lah rumit. Dengan perlengkapan yang minimal, kita dapat mulai memijahkan ikan guppy.

Tips Beternak ikan guppy

Tips Beternak Ikan Guppy

Simak tips tips beternak ikan guppy bagi pemula yang akan memulai mencari peluang usaha dalam bidang hoby ikan air tawar berikut ini tipsnya :

Persiapan alat dan kolam

Untuk beternak ikan guppy, kita memerlukan tempat, tumbuhan air dan aerator.

Tempat pemijahan bisa memanfaatkan akuarium berukuran sedang, ember plastik dan bak semen.

Anda perlu menyediakan sedikitnya 5 tempat untuk pemijahan. 2 tempat dipersiapkan bagi calon induk, satu tempat sebagai media pemijahan, 1 tempat sebagai wadah melahirkan burayak dan tempat terakhir untuk pembesaran burayak ikan.

Ketinggian minimal wadah yang dibutuhkan adalah 50 cm dengan luas setidaknya 60 x 60 cm untuk setiap pasang

Menyiapkan indukan ikan guppy.

Menyiapkan Indukan Ikan Guppy

Jika anda membeli indukan ikan guppy melalui toko online atau grup ikan social media, kebanyakan seller menjual dengan harga per pasang.

Artinya anda akan mendapatkan garansi bahwa ikan yang dibeli adalah indukan jantan dan betina.

Akan tetapi jika anda memilih dari kolam peternak, maka anda perlu memiliki sedikit pengetahuan untuk membedakan ikan jantan dan betina.

Ikan guppy jantan selalu berwarna terang dan lebih menarik. Ikan guppy jantan juka memiliki ekor yang berjumbai panjang.

Pada ikan guppy betina fisiknya kusam didominasi warna hitam atau kecoklatan dan berekor pendek. Ikan guppy siap dipijahkan pada usia minimal 5 bulan.

Pilih induk yang aktif berenang, bertubuh lengkap dengan sirip yang mengembang. Pilihlah varietas yang sedang populer sehingga anda tidak kesulitan saat memasarkan.

Baca Juga : 10 Jenis Ikan Guppy Termahal Yang Banyak Dicari Penghobi

Pemisahan Indukan

Pemisahan Indukan

Sebelum dilakukan pemijahan, ikan jantan dan betina lebih dahulu dipisahkan.

Beri makanan hidup yang bergizi seperti cacing darah dan daphnia. Lakukan penggantian air dengan menyifon jika air mulai berbau amis dan keruh.

Dengan memisahkan sementara kedua indukan akan membuat ikan lebih matang gonad dan siap melakukan pembuahan

Pemijahan Ikan Guppy

Pemijahan Ikan Guppy

Beternak ikan guppy dengan cara menggunakan air yang telah diendapkan terlebih dahulu selama 24 jam di kolam pemijahan. Isi kolam hingga ketinggian mencapai kurang lebih 30 cm.

Tebar 10 hingga 30 ekor indukan produktif ke dalam kolam atau sesuaikan dengan kepadatan kolam.

Berikan tanaman air seperti eceng gondok, teratai atau hydrilla sebagai tempat bersembunyi induk guppy.

Beberapa peternak menggunakan perbandingan 1 jantan berbanding 2 betina hingga 1 jantan berbanding 5 betina.

Dalam memijahkan, induk betina dimasukkan terlebih dahulu agar lebih mengenal situasi kolam. Proses ini bisa dilakukan pada pukul 7 hingga pukul 8 pagi saat suhu air masih dingin.

Pada sore hari pukul 4, pejantan dapat dilepaskan ke dalam kolam. Biarkan ikan jantan betina bercampur hingga satu minggu untuk memastikan mereka melakukan perkawinan.

Pada hari ke 8 anda bisa melakukan seleksi terhadap betina yang berhasil dibuahi

Seperti yang telah diuraikan pada artikel mengenal guppy, ikan ini tidak bertelur tetapi melahirkan burayak.

Burayak akan dibesarkan di dalam perut dan dikeluarkan antara 3 hingga 4 minggu setelah pemijahan.

Karena itu, maka anda perlu menyiapkan kolam untuk melahirkan bagi guppy. Kolam diberi aerasi yang dinyalakan selama 24 jam.

Setelah burayak keluar dari perut induknya, segera pindahkan anakan ke kolam khusus pembesaran agar tidak dimangsa oleh induk ikan.

Berikan makanan berupa infusoria yang telah disaring. Jumlah anak ikan guppy dalam sekali siklus reproduksi antara 40 hingga 100 ekor.

Induk betina yang tetap berada di kolam pemijahan masih berpotensi melahirkan banyak anakan lagi tanpa proses perkawinan.

Hal tersebut dikarenakan kemampuan unik ikan guppy betina yang sanggup menyimpan sperma dalam sekali pembuahan.

Jarak antara kelahiran pertama dengan berikutnya rata rata antara 2 hingga 4 minggu

Pendederan Benih

Seperti dalam teknik budidaya ikan cupang, pembesaran anakan guppy betina baik jika ditempatkan di kolam terbuka.

Berikan tanaman peneduh dan paranet di bagian atas kolam. Sediakan eceng gondok dan teratai untuk persembunyian burakay guppy.

Agar ikan selalu sehat, lakukan penggantian air 2 hari sekali sebanyak setengah kolam. Infusoria cocok bagi anakan usia 0 hingga 5 hari dan hari selanjutnya dapat diganti dengan artemia.

Ikan yang memiliki nilai ekonomis tinggi adalah ikan jantan. Ikan guppy dianggap dewasa jika telah berumur 1,5 bulan

Demikian informasi menarik seputar Tips Beternak Ikan Guppy Bagi Pemula yang Baru Memulai. Nantikan artikel informatif seputar hobi dan ikan lainnya dari Hypetuts.com, ya.