Format Penulisan Artikel Paling Sederhana

  • Whatsapp
Format Penulisan Artikel
Format Penulisan Artikel

Format penulisan artikel merupakan cara paling sederhana yang digunakan ketika menulis sebuah artikel. Penulisan artikel yang baik tentu membutuhkan teknik dan format yang jelas dari penulis.

Hal ini bertujuan supaya seluruh artikel yang ditulis memiliki kualitas tinggi dan memiliki konten yang benar-benar jelas. Bahkan seluruh informasi yang diberikan juga sebaiknya telah melalui proses pengecekan ulang supaya seluruh pembaca dapat menangkap apa informasi yang diberikan oleh artikel tersebut.

Bacaan Lainnya

Para penulis sebaiknya mengikuti beberapa format artikel dasar berikut ini supaya artikel yang dihasilkan lebih berkualitas dan enak untuk dibaca.

Format Penulisan Artikel

Urutan Penyusunan Benar

Dalam menyusun format penulisan artikel, penulis sebaiknya memperhatikan format penyusunan yang benar dalam sebuah artikel.

Pada dasarnya, ada beberapa bagian yang harus terdapat pada artikel tersebut. Urutan penyusunan yang benar adalah:

Intro atau Pembukaan

Di Bagian pertama, sebaiknya terdapat intro atau pembukaan artikel. Bagian ini berguna sebagai pembukaan atau pengantar yang harus ada sehingga artikel dapat lebih menarik ketika dibaca.

Intro atau pengantar sebaiknya tidak terlalu panjang, namun juga merupakan summary atau ringkasan dari seluruh artikel.

Isi atau Konten

Bagian selanjutnya ialah isi atau inti dari artikel tersebut. Pada bagian ini, penulis wajib menuangkan seluruh ide dan informasi yang akan diberikan pada artikel tersebut sehingga pembaca dapat memperoleh informasi yang benar terkait seluruh isi artikel yang akan ditulis.

Penutup

Penutup merupakan bagian akhir dari artikel yang juga menjadi kesimpulan seluruh isi artikel yang telah ditulis. Pada bagian ini diharapkan penulis sudah tidak memberikan informasi tambahan apapun kepada para pembaca sehingga pembaca tidak mengalami kebingungan.

Pilihan terbaik dari bagian penutup ialah memberikan kesimpulan yang singkat namun juga jelas dari seluruh isi artikel tersebut.

Teknis dan Pengaturan Font

Format tulisan dan teknis penulisan sebuah artikel sebenarnya bukan merupakan sebuah keharusan untuk diikuti. Hanya saja, penulis sebaiknya memiliki pedoman yang jelas mengenai jenis font dan bagaimana menata sebuah artikel sehingga pembaca nyaman untuk membaca isi dari artikel tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa pdoman penting dalam menentukan font dan urutan teknis pada artikel:

Jelas dan Tertata

Secara umum, pemilihan jenis font sebaiknya dipilih berdasarkan model font yang mudah untuk dibaca. Secara singkat, penulis tidak disarankan untuk memilih bentuk font yang aneh atau unik karena sebuah artikel sudah seharusnya diberikan bentuk yang standar namun mudah untuk dibaca.

Seluruh informasi harus disampaikan dengan baik kepada semua pembaca sehingga tujuan utama dari artikel tersebut tercapai dengan baik.

Ukuran Font

Selain memperhatikan jenis font dalam sebuah artikel, pemilihan ukuran font juga sebaiknya diperhatikan oleh para penulis artikel.

Ukuran tersebut tidak boleh terlalu besar, namun juga tidak disarankan untuk memilih font dengan ukuran terlalu kecil.

Maksudnya adalah penulis disarankan untuk memilih font dengan ukuran sedang sehingga seluruh pembaca dapat menangkap dan membaca semua informasi yang terdapat pada artikel tersebut.

Teknis penulisan artikel memang merupakan sebuah hal mendasar dalam pembuatan artikel. Namun hal ini tetap menjadi sebuah poin yang sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap penulis yang ingin membuat artikel, baik itu merupakan artikel sederhana maupun artikel yang padat informasi.

Dalam membuat format penulisan artikel, penulis tak perlu terpaku pada satu cara saja, namun selalu pastikan bahwa cara yang digunakan telah sesuai dengan pedoman yang diterapkan pada cara dasar penulisan artikel.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *