Cara Membuat Makalah Dengan Cepat dan Mudah

0
18 views
Cara Membuat Makalah Dengan Cepat dan Mudah
Cara Membuat Makalah

Cara membuat makalah merupakan beberapa langkah mudah untuk menyusun sebuah makalah. Dalam membuat makalah atau laporan, terkadang seseorang akan mengalami kebingungan dan kemudian berakibat menjadi proses penyusunan makalah yang memakan waktu sangat lama.

Namun kini Anda tak perlu risau lagi, karena ternyata ada beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan bila Anda ingin membuat makalah tanpa ada masalah.

Jangan Lupa Untuk menyimak artikel terkait diantaranya :

Cara Membuat Makalah

Matangkan Topik

Proses yang pertama ialah dengan mematangkan topik yang akan dipilih. Proses ini biasanya paling sulit karena seseorang akan cenderung kesulitan ketika menentukan topik.

Dari cara buat makalah yang tepat, sebaiknya Anda mematangkan topik yang akan dipilih terlebih dahulu sebelum lompat dan berpindah ke tahap selanjutnya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda mematangkan dan memilih topik terbaik untuk makalah Anda:

Pilih Beberapa Topik

Sebelum menentukan untuk memilih salah satu topik, Ana sebaiknya memilih beberapa calon topik yang berkaitan dan kemudian menuliskannya.

Dalam memilih topik, Anda tak perlu memilih terlalu banyak judul karena hal itu hanya akan membuat Anda bingung. Cukup memilih 2 atau 3 calon topik saja untuk dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

Brainstorm Ide Sebanyak-banyaknya

Ketika akan menyusun makalah dan telah memiliki beberapa ide terkait topik yang akan dibuat, sebaiknya Anda segera mempersiapkan catatan kecil mengenai ide apa saja yang muncul ketika Anda menyebutkan topik yang telah Anda calonkan sebagai topik makalah.

Pada tahap ini, Anda sebaiknya menuliskan apapun ide yang muncul tanpa perlu menyeleksinya terlebih dahulu.

Tentu saja proses ini tergolong sebagai proses yang tidak mudah karena Anda wajib melihat apa saja yang mungkin menjadi sub judul atau sub bagian dari topik-topik tersebut.

Pada proses brainstorming, metode mind mapping merupakan salah satu cara yang paling mudah dan efektif untuk dipilih mengingat Anda harus menyusun ide sebanyak-banyaknya ketika proses brainstorm.

Susun Laporan Berdasarkan Kerangka

Setelah menyelesaikan proses penyusunan ide apa saja yang akan dituangkan dalam makalah, kini saatnya bagi Anda untuk menyusun kerangka makalah tersebut.

Kerangka makalah berguna sebagai salah satu cara untuk membuat ide-ide yang telah Anda miliki menjadi lebih beraturan dan tersusun dengan baik. Dalam menyusun kerangka makalah, silahkan perhatikan beberapa hal berikut:

Urutan Makalah

Tentu urutan asar makalah merupakan hal yang wajib diperhatikan. Bahkan ketika menyusun kerangka, sebaiknya kerangka telah dibuat berdasarkan urutan yang seharusnya.

Cara ini akan memudahkan Anda ketika akan memulai tahap selanjutnya. Tanpa adanya urutan yang baik, nantinya Anda akan mengalami kesulitan ketika membuat konten utama atau inti dari makalah tersebut.

Referensi dari Ide Awal

Sebelum menulis isi atau inti makalah, Anda juga sebaiknya telah memahami apa saja yang harus dimasukkan sebagai referensi dari makalah Anda tersebut.

Pastikan Anda telah mengetahui referensi mana saja yang akan digunakan. Ketika mencari referensi tersebut, jangan lupa untuk mencarinya berdasarkan ide awal yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Beberapa pedoman dasar mengenai cara penyusunan makalah tersebut merupakan cara termudah bagi Anda yang ingin membuat makalah dengan cepat dan urutan yang tepat.

Topik yang menjadi ide utama sebaiknya digali atau dielaborasi lebih dalam supaya proses pembuatan makalah menjadi lebih mudah. Cara membuat makalah bukan hanya berguna sebagai pedoman saja namun sangat bagus untuk diterapkan ketika Anda menyusun makalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here