Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

  • Whatsapp
Cara Membuat Artikel yang Menarik
Cara Membuat Artikel yang Menarik

Cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca – Artikel merupakan sebuah karangan pendek berkisar antara 300 sampai dengan 1000 kata yang membahas suatu hal dalam menyampaikan pikiran penulis. Artikel disampaikan dengan menggabungkan sebuah realitas serta pikiran yang diangkat dari fakta, konsep maupun opini seseorang.

Dalam menulis sebuah artikel Anda perlu menyiapkan berbagai hal sebagai acuan. Salah satu acuan yang sering diambil adalah sumber internet, berita koran dan hasil bincang-bincang. Berikut langkah menulis artikel secara umum yang bisa Anda ikuti.

Bacaan Lainnya

  1. Tentukan tema artikel yang akan dibuat.

Dalam menentukan tema, Anda perlu memilih kata-kata yang menarik namun spesifik untuk menarik pembaca.

  1. Menetapkan tujuan penulisan artikel

Sebuah artikel biasanya disertai tujuan penulisan untuk mempermudah pembaca dalam memahami isi artikel secara umum. Jenis artikel narasi, deskripsi membutuhkan rumusan tujuan yang jelas.

  1. Merumuskan ide pokok

Ide pokok dalam tulisan artikel sangat dibutuhkan sebagai konsentrasi pembahasan dalam artikel yang dibuat.

  1. Mengembangkan tema

Pengembangan tema dilakukan sesuai dengan siis artikel yang dibuat.

  1. Membuat kesimpulan

Kesimpulan dibuat sebagai penutup pembahasan. Biasanya disertakan saran dalam mengatasi permasalahan dalam pembahasan artikel tersebut.

Mengetahui Artikel yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca, Anda perlu mengetahui artikel yang baik dan benar.

  1. Paragraf yang singkat dan padat

Dalam penulisan artikel yang baik dan benar, hanya terdapat 3-5 baris tulisan dan tidak lebih dari 5 kalimat saja.

  1. Poin-poin penting

Terdapat poin-poin penting dalam artikel yang ditandai dengan subjudul, bullets atau lists, warna dalam kata serta bold/underline/italic. Penggunaan tanda-tanda ini tidak boleh berlebihan.

  1. Sesuai dengan kaidah bahasa

Dalam penulisan artikel yang baik dan benar, biasanya disertakan susunan kalimat sesuai kaidah bahasa. Tidak sedikit pula penulis yang menyiapkan kamus bahasa Indonesia dalam upaya pembuatan artikel tersebut.

  1. Jumlah kata

Jumlah kata dalam penulisan artikel minimal adalah sebanyak 2000 sampai dengan 3000 kata saja. Namun, ada juga artikel dengan jumlah kata di bawah itu.

  1. Font yang jelas

Dalam penulisan artikel biasanya menggunakan font yang sudah baku dan umum digunakan dalam dunia akademik, salah satunya arial, times new roman, calibri dan lain sebagainya.

  1. Penggunaan judul yang menarik

Artikel yang baik dan benar, umumnya dibuat untuk menarik perhatian pembaca. Mereka biasanya menggunakan kalimat-kalimat yang sedang hits atau memang membuat penasaran.

Amati Tiru Modifikasi

Teknik ATM biasa digunakan oleh penulis-penulis dalam menyusun tulisannya. Berikut penjelasannya:

  1. Amati

Di fase Amati, Anda perlu melakukan riset terhadap topik yang akan ditulis terlebih dahulu. Riset yang dimaksud ini adalah mengumpulkan tulisan yang sebelumnya sudah diterbitkan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan objek lainnya yang terkait dalam penulisan artikel Anda.

  1. Tiru

Setelah Anda membaca sumber yang diambil sebelumnya, kemudian secara perlahan Anda akan menangkap alur tulisan tersebut. Oleh sebab itu, tirulah alurnya namun tidak menghilangkan Gaya tulisan Anda sendiri.

  1. Modifikasi

Fase terakhir ini Anda perlu bekerja keras dan kerja cerdas. Ambilah sumber yang paling baik dan menurut Anda penting dalam pembahasan artikel Anda. Kemudian gabungkan dengan pemikiran Anda sendiri.

Demikian Cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca, meskipun trik yang diberikan terlebih dahulu mencari acuan, Anda tidak boleh terbawa dengan pembahasan mereka. Anda tidak boleh menghilangkan jati diri Anda dalam menulis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *