8 Cara Membedakan Hamster Jantan Dan Hamster Betina

Cara Membedakan Hamster Jantan Dan Hamster Betina
hamster betina dikelilingi banyak puting susu di bagian dada

Cara membedakan hamster jantan dan hamster betina – Salah satu kesulitan yang sering dialami mereka-mereka yang memelihara hamster adalah kurangnya pengetahuan untuk membedakan mana hamster jantan dan mana hamster betina.

Mengetahui Cara membedakan hamster jantan dan hamster betina adalah salah satu bekal penting bagi Anda yang ingin membudidayakannya.

Tidak dipungkiri, memang tidak mudah membedakan jenis kelamin hamster ketika hewan mungil tersebut masih muda. Berikut adalah beberapa tips membedakan hamster betina dan hamster jantan.

Cara Membedakan Hamster Jantan Dan Hamster Betina

Hamster Jantan Dan Hamster Betina

Biasanya, hamster memakai indera penciumannya agar dapat membedakan mana betina mana jantan. Manusia tidak mungkin melakukan hal yang sama.

Maka, untuk Cara membedakan hamster jantan dan hamster betina kita harus melakukannya secara visual dengan memeriksa ciri fisiknya.

Jika Anda berniat untuk membudidayakannya, sangat penting memisahkan hamster jantan dan hamster betina. Agar mudah membedakan jenis kelamin hamster, tunggulah sampai hamster berusia sekitar 3-4 minggu.

Karena pada usia inilah, perbedaan ciri hamster jantan dan betina mulai terlihat. Berikut adalah beberapa cara untuk membedakan jenis kelamin hamster.

Baca Juga : 

Perbedaan Hamster Jantan Dan Hamster Betina

Perbedaan Hamster Jantan Dan Hamster Betina

1.  Ambillah hamster peliharaan Anda lalu balikkan badannya dengan posisi perut menghadap ke atas. Biasanya akan ada perlawanan dari hamster ketika disentuh.

Jika Anda merasa terganggu, letakkan hamster dalam wadah yang bening agar dapat terlihat bagian perutnya.

2. Amati bagian belakang atau pantat hamster Anda. Bagian belakang hamster jantan biasanya cenderung lebih bulat dan panjang jika dibandingkan dengan hamster betina. Sedangkan hamster betina, bagian yang lebih memanjang adalah ekornya.

3. Ketika usia hamster sudah 4 minggu, pada tubuh hamster jantan akan terlihat bahwa ia memiliki skrotum dengan testis dengan ukuran yang cukup besar. Saking besarnya, testis hamster jantan sering diartikan sebagai tumor. Sedangkan pada hamster betina akan terlihat bintik yaitu adalah putting susu di area bulu sekitar perutnya.

4. Hamster jantan mempunyai 2 lubang terpisah. Lubang yang berada dekat dengan ekor adalah anus, sedangkan lubang di atasnya adalah lubang penile atau kelamin jantan.

Hamster betina juga memiliki 2 lubang. Lubang bagian bawah yang berada di dekat ekor adalah anus, sedangkan lubang di atasnya adalah lubang untuk beranak. Pada tubuh hamster betina akan terlihat 4-6 buah putting susu, yaitu terletak di setiap sisi perutnya.

5. Ukuran tubuh hamster tidak selalu menjadi penentu jenis kelamin. Tidak selalu ukuran tubuh yang lebih besar identik dengan kelamin jantan. Hamster betina juga memiliki kemungkinan bertubuh lebih berat dan besar daripada hamter jantan.

6. Kelenjar aroma bau pada tubuh hamster jantan lebih besar daripada hamster betina. Maka tak heran jika hamster jantan mengeluarkan bau yang lebih menyengat. Kelenjar aroma pada hamster jantan biasanya digunakan untuk memebri tanda wilayah kekuasaannya.

7. Bulu hamster betina biasanya cenderung lebih bersih daripada hamster jantan.

8. Ketika hamster betina berusia diatas 2 tahun, maka ia akan terlihat lebih aktif dan agresif dibanding hamster jantan.

Itulah beberapa tips Cara membedakan hamster jantan dan hamster betina. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ataupun membudidayakan hamster.