Cara Menjinakkan Hamster Galak/ Agresif Supaya lebih Nurut

Menjinakkan Hamster

Cara Menjinakkan Hamster Galak dan agresif, Hamster adalah salah satu jenis hewan pengerat yang cukup populer dan diminati untuk dijadikan hewan peliharaan sebagai penghilang penat.

Selain tubuhnya yang mungil dan tingkahnya yang menggemaskan, hamster merupakan hewan yang mudah dipelihara sehingga banyak orang tertarik menjadikannya sebagai hewan kesayangan.

Perlu diketahui, bahwa terdapat beberapa jenis hamster yang memiliki sifat agresif atau galak, dan suka mengigit.

Bukan karena sifat pembawaannya saja, keagresifan hamster juga disebabkan oleh keharusannya menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.

Biasanya, hamster yang baru saja dibeli dan dibawa pulang ke rumah akan terlihat lebih tegang dan belum terbiasa dengan tangan majikannya. Maka tak heran jika ia kerap kali menggigit.

Tidak sedikit pemilik/ pemelihara hamster yang mengeluhkan sifat hamster peliharaannya yang agresif dan suka menggigit.

Mengapa penting untuk menjinakkan hamster? Hal ini bertujuan supaya Anda ingin membersihkan kandangnya ataupun menyentuh bayi hamster.

Hamster yang kurang terbiasa dengan sentuhan manusia akan menganggapnya sebagai ancaman, sehingga ia akan menggigit.

Baca Juga :

Cara Menjinakkan Hamster Galak

Cara Menjinakkan Hamster Galak

Bagi Anda yang masih berkutat dengan permasalahan tersebut, berikut akan diulas cara menjinakkan hamster yang agresif/ galak.

  1. Waktu yang tepat untuk berinteraksi dengan hamster dan mencoba untuk mulai memegangnya adalah pukul 19.00 sampai dengan 22.00, karena pada jam tersebut hamster sedang aktif.
  2. Sebaiknya, kandang yang disiapkan untuk hamster adalah kandang dengan ukuran yang cukup luas, dan bukalah pintu kandang.
  3. Untuk memindahkan bau serbuk kayu ke tangan Anda, maka Anda perlu meremas-remas serbuk kayu di dalam kandang hamster tersebut.
  4. Satu hal penting yang menjadi catatan, jangan sesekali mencoba memegang hamster jika Anda baru saja memegang makanan.
  5. Aroma makanan tersebut pada tangan Anda akan memancing perhatiannya sehingga menganggap tangan Anda sebagai makanan dan akan menggigitnya.
  6. Saat hamster mulai keluar dari kandangnya dan berjalan-jalan di sekitar Anda, saat itulah Anda boleh memulai untuk mengambil dan memegangnya dengan kedua tangan. Ketika memegang hamster, usahakan Anda berada dalam posisi duduk. Karena jika Anda berdiri, hamster akan melompat atau terlepas dengan jarak yang cukup tinggi. Dan ketika Anda mengambilnya dari arah atas sambil berdiri, hamster akan memaknainya sebagai serangan. Mengambil hamster sebaiknya dilakukan dengan posisi telapak tangan seperti sedang menciduk air, yaitu dari arah bawah.
  7. Persoalan yang sering terjadi adalah, biasanya posisi hamster akan telentang dan mencakar dan memperlihatkan giginya. Ketika hamster Anda sedang berada dalam posisi tersebut, sebaiknya Anda jangan mengangkatnya karena Anda akan digigit. Biarkan saja dahulu sampai ia merasa nyaman.

Jika ia tetap saja agresif, Anda bisa membujuknya dengan memberikan buah atau kacang, lalu elus punggungnya perlahan. Maka lama kelamaan ia akan terbiasa dengan sentuhan.

Itulah beberapa tips menjinakkan hamster yang galak/ agresif. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca sekalian.