Hamster Roborovski

Mengenal Hamster Roborovski Yang Tidak Cocok Untuk Pemula

Diposting pada

Hamster Roborovski memiliki nama latin Phodopus roborovskii, merupakan hamster yang berukuran kecil dan memiliki bentuk paling berbeda dengan hamster lainnya.

Mereka dapat berlari lebih cepat dibandingkan hamster jenis lainnya dan suka menyelinap.

Panjang roborovski dewasa hanya berkisar 5 cm dengan berat 20 hingga 25 gram saja sehingga tidak membutuhkan tempat yang luas untuk pemeliharaannya.

Dibandingkan hamster jenis lainnya, roborovski memiliki jumlah kumis yang lebih banyak.

Sejarah Hamster Roborovski

Sejarah Hamster Roborovski 

Hamster Roborovski berasal dari Mongolia sebelah barat dan timur serta sebelah utara China. Mereka hidup di dataran rendah dengan ketinggian antara 1200 hingga 1500 mtr.

Hamster ini dikenal sangat pandai menghemat kebutuhan cairan tubuhnya sehingga dapat bertahan hidup di habitat gurun dan bersembunyi di dalam lubang sedalam 100 hingga 200 cm.

Roborovski akan aktif menjelang fajar atau senja mencari makanan berupa serangga.

Baca Juga :

Di alam liar, bulu roborovski berwarna kusam dan gelap, bertolak belakang dengan hamster roborovski hasil penangkaran Dalam sekali beranak, hamster ini dapat menghasilkan 4 hingga 7 bayi hamster dengan masa kehamilan 24 hingga 30 hari. Dengan pemeliharaan yang baik Roborovski dapat hidup hingga 2 atau 3 tahun.

Roborovski yang dipelihara sejak dini akan senang tidur bergerombol di dalam pasir atau serbuk kayu.

Hamster roborovski berkarakter pemalu, mereka takut dengan manusia, berusaha menghindari cahaya yang terlampau terang, jarang menggigit dan suka bersembunyi.

Hamster ini tidak direkomendasikan bagi para peternak pemula dan anak kecil karena Robovski memiliki kesulitan yang lebih tinggi untuk dikembang biakkan

Hamster roborovski hanya memiliki 2 variasi yaitu roborovski white face (muka putih) dan brown face/normal face (muka coklat) dengan warna bulu kurang lebih sama antara kedua variasi tersebut, yaitu punggung kekuningan dan putih perut. Namun hamster roborovski memiliki mutasi warna dan corak yang mungkin banyak orang belum mengetahuinya.

Hamster Roborovski memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Roborovski

kelebihan Roborovski:

  • berukuran mini sehingga terkesan lucu dan menggemaskan
  • wajah roborovski terlihat berbeda dari kebanyakan hamster di Indonesia.
  • Berkarakter aktif dan riang, sangat menyenangkan dan tidak membosankan untuk dilihat.

Kekurangan hamster Roborovski:

  • mereka hewan yang tidak terlalu suka dengan interaksi manusia.
  • Hamster ini selalu menghindar jika dipegang.
  • ukurannya yang terlalu kecil kurang pas untuk digenggam
  • tergolong hewan penakut

tidak cocok bagi pemula apalagi anak anak karena memiliki kesulitan yang lumayan tinggi untuk dikembang biakkan

Karena sifat sifat tersebut diatas, roborovski disarankan cocok untuk dipelihara oleh mereka yang memang berminat mengikuti lomba lari hamster, para penghobi yang gemar mengamati hewan hewan aktif dan lincah serta para hobiis yang ingin memiliki hewan peliharaan tetapi tidak banyak memiliki waktu luang