PROMO CANVA Rp 95.000,00 /BULAN UNTUK 5 ORANG

Memahami Sifat-Sifat Hamster yang Kamu Harus Ketahui

Sifat Hamster

Sifat-Sifat Hamster  yang perlu kamu ketahui yah guys, Hamster memang hewan yang sangat lucu dan menggemaskan. Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik menjadikannya hewan peliharaan.

Hewan pengerat bertubuh mungil ini ternyata memiliki berbagai macam sifat dan perilaku unik yang sangat menarik untuk diketahui.

Biasanya, bagi para pemilik/ pemelihara membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama untuk dapat mengetahui sifat dan karakter hamster peliharaannya, hanya sekitar satu bulan.

Sifat-Sifat Hamster

Didasari oleh beberapa hasil pengamatan, berikut adalah beberapa sifat dan perilaku unik hamster yang dapat Anda simak.

Menyukai Kebersihan

Sifat Hamster Menyukai Kebersihan

Sifat hamster yang satu ini memang patut diacungi jempol. Ya, hamster adalah hewan pengerat yang sangat cinta kebersihan.

Hal tersebut dapat dilihat dari perilaku hamster ketika hendak buang air atau tidur. Hamster selalu buang air di satu tempat saja.

Dan sebelum tidur, hamster membersihkan tempat tidurnya. Saat bangun tidur, hamster juga rajin membersihkan bulu-bulunya, yaitu menggunakan kedua kaki depannya untuk membelai kepalanya dengan sangat hati-hati. Selain itu, ia juga menjilati bagian dadanya sampai ke perut.

Hamster tidak akan mau ditempatkan dalam kandang yang kotor dan bau.

Baca Juga :

Senang Bersembunyi

Senang Bersembunyi

Sifat Hamster Tidak jarang pemilik selalu mendapati hamsternya tak terlihat dalam kandang. Perlu diketahui, bahwa hamster adalah hewan yang suka bersembunyi.

Hamster sangat betah berada di dalam lubang, atau di bawah serbuk-serbuk kayu. Selain itu, hamster juga suka menyendiri.

Maka tak jarang Anda melihat perkelahian ketika ada dua ekor hamster dalam satu kandang. Untuk menandai wilayahnya, hamster akan mengeluarkan bau busuk dari kelenjar sekresi pada sisi perutnya.

Gemar Berolahraga

Sifat Hamster Gemar Berolahraga

Hamster adalah hewan nokturnal, yaitu beraktivitas pada malam hari. Pada siang hari, hamster dapat tidur selama 14 jam.

Saat malam hari, hamster sering bermain dan berolahraga menggunakan roda putar atau bersalto. Olahraga semacam ini cukup baik bagi kesehatan hamster, selain dapat mengurangi lemak, bermain di roda putar juga dapat melatih kekuatan ototnya.

Justru Anda harus khawatir dan cemas, apabila hamster peliharaan Anda tidak melakukan aktivitas pada malam hari. Hal itu menandakan bahwa hamster sedang kurang sehat.

Pemalas

Sifat Hamster Pemalas

Sifat hamster berikutnya adalah pemalas karena ia dapat tidur lebih dari 14 jam dalam satu hari. Hamster hanya akan bangun jika ia merasa haus, lapar dan ingin buang air.

Uniknya, setelah itu ia akan kembali tertidur pulas. Sifatnya yang pemalas juga dapat dilihat dari cara ia makan. Saat makan, hamster akan mencengkeram kuat-kuat makanannya, dan ia akan terus mengunyah.

Bahkan terkadang, ia makan dengan mata masih terpejam. Hamster gemar makan dalam jumlah yang banyak dan disimpan di dalam mulutnya.

Hal tersebut dilakukannya untuk menyimpan makanan cadangan.

Itulah beberapa sifat hamster yang perlu untuk diketahui. Nantikan artikel informatif seputar hobi dan hewan lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat!