Ayam Saigon, Ayam Petarung dari Vietnam

Ayam Saigon

Ayam Saigon, merupakan salah satu jenis ayam hias yang sering disebut oleh sebagian besar masyarakat sebagai ayam Bangkok Vietnam.

Jenis ayam hias yang dikembangbiakkan di negara Vietnam ini merupakan salah satu jenis ayam dari hasil perkawinan silang, bukan murni.

Sekilas Tentang Ayam Saigon

Sekilas Tentang Ayam Saigon

Ayam ras Saigon telah merambah hingga ke Indonesia, tepat setelah masuknya ayam Bangkok di masa-masa awal. Jika dibandingkan dengan ayam Bangkok Thailand memang kurang sepadan.

Hal tersebut dikarenakan ayam ras Saigon dinilai memiliki cukup banyak kekurangan dan kelemahan seperti kurang begitu lincah pergerakannya, terutama pada saat hendak menyerang.

Karena pergerakan yang lambat dan kurang lincah itulah, Saigon sering kehilangan kesempatan untuk mencari celah dalam menyerang lawannya.

Namun ada kekurangan tentu ada juga kelebihan. Meskipun ayam Saigon memiliki pergerakan yang lambat pada saat menyerang, namun ayam Bangkok Vietnam ini memiliki fisik yang cukup kuat.

Fisik yang kuat merupakan salah satu keistimewaan ayam ini, karena tidak semua jenis ayam petarung memiliki fisik sama kuatnya.

Kekuatan fisik ayam Bangkok Vietnam tersebut dapat dilihat dari struktur-struktur tulangannya yang kuat dan kokoh, dan otot-otot pada tubuhnya.

Sehingga, meski dengan pergerakan yang lambat, ayam ras Saigon cukup dapat bertahan dari pukulan atau serangan yang dilemparkan oleh lawan padanya.

Baca Juga : Ayam Walik, Ayam Lokal Indonesia Nan Unik

Ayam Saigon sebagai ayam petarung

Awalnya, ayam ras Saigon memang kurang diminati oleh para pecinta ayam hias khususnya ayam petarung. Namun kini, seiring dengan perkembangannya, banyak kalangan masyarakat terutama para pecinta ayam hias dan ayam petarung yang mengincar dan menggemari ayam ini.

Hal tersebut dikarenakan adanya perubahan genetika pada jenis ayam petarung, sehingga membuatnya lebih unik dan menarik, serta lebih menantang.

Tidak sedikit dari kalangan masyarakat pecinta ayam hias petarung yang melirik ayam ras Saigon meski memiliki pergerakan yang kurang lincah pada saat bertarung.

Hal tersebut justru digunakan untuk para penghobi untuk dapat melatih dan mengembangkan skill atau kemampuan bertarung ayam Bangkok Vietnam ini agar dapat berubah menjadi lebih baik.

Namun, bagi Anda para penggila ayam hias petarung ini, sebaiknya tetap berhati-hati dalam memilih.

Karena tidak sedikit ayam Saigon hasil perkawinan silang dengan mutu dan kualitas yang rendah.

Baca Juga : Mengenal Ayam Siam, Ayam Aduan dari Bangkok

Jenis Ayam Ras saigon

Perlu diketahui, terdapat 3 jenis ayam Saigon, yaitu:

  1. Ayam ras Saigon Gundul. Yaitu jenis ayam yang dari kepala hingga lehernya tidak ditumbuhi oleh bulu. Ayam jenis ini cukup populer di masyarakat.
  2. Ayam ras Saigon Bulu Tipis. Yaitu jenis ayam ras Saigon yang tidak gundul, namun tidak juga berbulu lebat. Hanya ditumbuhi bulu tipis-tipis saja.
  3. Ayam ras Saigon Bulu Lebat. Yaitu jenis ayam yang sekujur tubuhnya ditumbuhi bulu lebat dari kepala hingga ekor.

Untuk satu ekor ayam ras Saigon ini ada yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 750.000.hingga 1 juta rupiah untuk satu ekornya tergantung pada keahlian ayam tersebut.

Baca Juga :

Demikian informasi menarik seputar Ayam Saigon, Ayam Petarung dari Vietnam. Nantikan artikel informatif seputar hobi dan hewan unggas lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat!