PROMO CANVA Rp 95.000,00 /BULAN UNTUK 5 ORANG

Mengenal Ayam Siam, Ayam Aduan dari Bangkok

Ayam Siam

Jenis-jenis ayam hias aduan atau petarung memang sangat beragam termasuk ayam siam. Salah satu jenis ayam aduan atau ayam petarung yang dikenal cukup baik serta banyak diminati oleh sebagian besar kalangan terutama mereka para pecinta ayam hias aduan yaitu ayam Bangkok.

Namun ternyata, tak hanya ayam Bangkok saja yang mempunyai kepopuleran sebagai ayam petarung atau ayam aduan yang hebat.

Terdapat jenis ayam petarung lain yang memiliki performa yang cukup baik pada saat bertarung, yaitu ayam jantan Siam.

Sekilas Tentang Ayam Siam

Sekilas Tentang Ayam Siam

Mungkin tidak sedikit dari Anda yang belum mengetahui, mendengar, atau bahkan membaca seputar informasi mengenai ayam Siam.

Ya, ayam petarung Siam merupakan salah satu jenis ayam aduan yang cukup dikenal karena ia memiliki sifat pantang menyerah, atau dengan istilah lain, mental baja.

Selain itu, ayam Siam juga dikenal dengan karakter pukulannya yang termasuk dalam kategori cukup keras dan menyakitkan bagi lawannya.

Konon katanya, ayam Siam ini termasuk salah satu jenis ayam petarung atau ayam aduan yang juga sering dan cukup banyak dikembangbiakkan di Indonesia.

Baca Juga : Ayam Saigon, Ayam Petarung dari Vietnam

Sebagai Ayam Petarung

Ayam Siam memang dilatih secara khusus untuk kepentingan arena, yaitu dalam menghadapi lawan tarunya.

Kualitas ayam Siam satu dengan yang lain tentu tidak sama, tergantung dari cara membudidayakan dan melatihnya. Selain itu, gaya bertarung Siam juga tergolong cukup variatif, sehingga terlihat menarik.

Tak heran jika ayam Siam cukup baik dalam urusan lawan melawan di arena, karena ternyata ayam Siam merupakan keturunan dari ayam Bangkok.

Ya, ayam ras Siam adalah hasil perkawinan silang antara ayam Bangkok, dan jenis ayam petarung yang lain, salah satunya termasuk ayam kampung.

Meski merupakan hasil perkawinan silang, tetapi kualitas indukan memang diturunkan padanya. Maka dari itu, gaya bertarungnya pun tak kalah hebat dari gaya bertarung ayam Bangkok.

Dari beberapa peternak atau pemilik ayam jantan Siam yang kerap melibatkan ayam peliharaannya dalam pertarungan, mereka menyebutkan bahwa ayam ras Siam memang memiliki mental baja, tak mudah menyerah meski dalam situasi dan kondisi pada saat ia terlukan cukup parah.

Selain itu, gaya bertarungnya yang cukup beragam membuatnya mampu menemukan celah dalam melemahkan lawannya, kemudian membuat lawannya tumbang dengan kerasnya pukulannya.

Untuk merawat ayam ini, tak jauh berbeda dengan perawatan ayam Bangkok, yaitu dilatih jajal tarung, latihan renang, fisik, serta tenaga.

Untuk pemberian pakan, sebaiknya difokuskan kepada jenis pakan yang mengandung banyak protein dan karbohidrat mengingat tenaga dan energi yang selalu dikerahkannya.

Selain itu, ayam jago Siam termasuk jenis ayam petarung yang cukup agresif sehingga sering lemas karena kehabisan nafas.

Baca Juga : Ayam Walik, Ayam Lokal Indonesia Nan Unik

Maka jika latihan dan pakan yang diberikan kurang optimal dan sesuai, maka akan berpengaruh terhadap performanya.

Selain makanan dan latihan, perlu juga diberikan vitamin setiap 3 atau 5 hari sekali agar kualitas tarunya semakin membaik. Untuk anakan ayam Siam dibanderol dengan harga mulai dari Rp 50.000,-/ ekor.

Demikian informasi menarik seputar Mengenal Ayam Siam, Ayam Aduan dari Bangkok. Nantikan artikel informatif seputar hobi dan ayam dan unggas lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat!