PROMO CANVA Rp 95.000,00 /BULAN UNTUK 5 ORANG

Ayam Walik, Ayam Lokal Indonesia Nan Unik

Ayam Walik

Membicarakan mengenai satwa unggas di Indonesia memang tidak lepas dari keunikan dan kelangkaannya. Salah satu jenis unggas yang cukup unik dan menarik adalah ayam Walik atau frizzle.

Ayam Walik merupakan salah satu jenis ayam lokal yang ada di Indonesia, yang memiliki keunikan dan keanehan pada bulunya.

Sesuai dengan namanya, , dalam bahasa Jawa kata “walik” berarti terbalik. Jadi, ayam Walik ini memang memiliki bulu-bulu yang terbalik.

Tampilan bulunya yang terbalik dan keriting tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi ayam lokal ini.

Tidak seperti bulu-bulu pada ayam pada umumnya, bulu ayam frizzle yang terbalik ke arah depan dan belakang ini membuat permukaan tubuhnya terlihat begitu jelas.

Sebenarnya, bulu ayam Walik yang terlihat keriting itu dikarenakan bulu-bulunya terbalik sehingga terlihat kurang rapih dan kurang teratur, dan tampak mengeriting.

Asal Ayam Walik

Asal Ayam Walik

Ayam Walik banyak dijumpai di sekitar daerah Jawa Barat seperti Bogor dan Sukabumi. Ayam ini memiliki ukuran tubuh yang sedang.

Selain itu, ayam ini memiliki bulu yang terlihat keriting dengan berbagai macam warna seperti warna hitam, putih, kekuningan, cokelat, merah, atau perpaduan warna lainnya.

Warna bulu ayam frizzle yang sangat beragam tersebut dipengaruhi oleh sistem kerja genetik yang tentunya berpengaruh pada produksi pigmen melaninnya.

Pigmen melanin pada Walik ini terdiri atas dua jenis, yaitu eumelanin dan pheomelanin.

Pigmen eumelanin adalah pigmen yang memproses terbentuknya warna bulu hitam dan biru.

Sedangkan pigmen pheomelanin merupakan pigmen yang memproses terbentuknya warna-warna seperti merah-cokelat, warna salmon, dan warna kuning tua.

Permukaan kulit ayam frizzle berwarna kekuningan. Namun juga ditemukan ayam yang permukaan kulitnya berwarna putih.

Walik memiliki jengger tunggal dengan warna merah terang. Seperti ayam pada umumnya, kaki dan paruh ayam Walik berwarna hitam kekuningan.

Baca Juga :

Hal unik tentang ayam walik

Hal Unik Tentang Ayam Walik

Ayam Walik mampu menghasilkan telur sebanyak 10 – 12 butir telur setiap masa bertelur. Uniknya, berat tubuh ayam Frizzle jantan dan betina tidak memiliki perbedaan yang terlalu mencolok.

Keduanya sama-sama memiliki berat tubuh sekitar 1 – 3 kilogram.

Keistimewaan yang dimiliki oleh Walik adalah bahwa ia memiliki metabolisme yang cukup baik dan cepat.

Selain itu, produksi kelenjar hormone tiroid dan adrenalnya cukup tinggi sehingga mampu meningkatkat nafsu makan, memperlancar sirkulasi pernafasan atau oksigen dan detak jantung, serta melancarkan sirkulasi darah.

Bulu-bulunya yang tumbuh secara terbalik justru dianggap oleh para peneliti, memberikan keuntungan bagi si Walik, yaitu bahwa bulu yang terbalik tersebut akan memudahkannya untuk mengatur dan menyesuaikan suhu tubuh terhadap suhu lingkungan sekitarnya.

Maka dari itu, tak heran jika Walik ini mampu bertahan hidup di tempat dengan cuaca dan iklim yang panas, dan tetap merasa nyaman walau berada di tempat yang bersuhu tinggi.

Akan tetapi, karena hal tersebut anakan ayam Frizzle justru sering mengalami kematian karena kurang dapat bertahan dengan suhu udara yang dingin atau lembab.

Karenanya, anakan ayam ini memerlukan pemeliharaan dan perawatan secara khusus.

Demikian informasi menarik seputar Ayam Walik, Ayam Lokal Indonesia Nan Unik. Nantikan artikel informatif seputar hobi dan hewan unggas lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat!