Jenis Jenis Ayam Kate Beserta dengan Harganya

Jenis Ayam Kate

Ada beberapa jenis ayam kate yang sedang populer dikalangan masyarakat saat ini sebelum ketopik pembahasan hypetuts akan memberikan dulu informasi mengenai ayam yang mempunyai tubuh mungil dan lucu ini simak artikelnya dibawah ini.

Ayam kate, adalah salah satu jenis ayam yang terkenal karena memiliki keunikan yaitu bentuk tubuhnya yang kecil, pendek, dan mungil.

Selain keunikan bentuk tubuhnya, ayam kate termasuk jenis ayam yang memiliki ragam corak dan warna, sehingga membuatnya terlihat semakin indah, lucu dan menggemaskan. Sebagian besar orang memelihara ayam kate bukan dengan tujuan untuk dijadikan santapan, namun hanya dipelihara sebagai ayam hias saja.

Bahkan, tidak sedikit orang yang membudidayakannya. Hal tersebut dikarenakan cara memelihara dan merawat ayam kate bisa dibilang cukup mudah.

Jenis ayam kate ini pertama kali ditemukan oleh pedagang-pedagang dari wilayah Eropa yaitu tepatnya sekitar tahun 1700-an.

Penemuan tersebut masih berada di sekitar wilayah kepulauan di Indonesia, yaitu di kepulauan Jawa.

Jenis-Jenis Ayam Kate

Karena ayam kate sangat menarik dan unik, maka tak heran jika banyak ilmuwan yang mengembangkan populasi ayam kate dengan cara melakukan kawin silang.

Jenis ayam kate juga cukup bermacam-macam.

Ayam Kate Lokal.

ayam kate lokal

Meski kurang jelas diketahui dari mana asal usul ayam kate lokal ini, namun tidak sedikit masyarakat Indonesia yang tertarik dan berminat memeliharanya, bahkan membudidayakannya.

Ayam kate lokal memiliki ciri warna bulu yang putih, dengan jenggernya berwarna merah. Selain itu, kakinya yang pendek berwarna abu-abu, dan memiliki kuku serta paruh yang juga berwarna putih.

Ayam Kate Jepang.

Ayam kate jepang memiliki ciri warna bulu yaitu kuning keemasan, serta dihiasi dengan kombinasi warna putih dan kuning pada bagian ekornya.

Jengger dan pial nya cukup besar dan berwarna merah. Serta kakinya yang pendek dengan warna kombinasi putih dan kuning.

Baca Juga :

Ayam Kate Betindo.

Ayam kate Betindo memiliki ciri warna bulunya yang putih dan dihiasi dengan garis hitam. Sedangkan bulu pada bagian leher belakangnya bersurai.

Selain itu, ayam kate Betindo memiliki warna jengngger yang merah menyala, lebih merah daripada ayam kate lokal dan ayam kate jepang.

Uniknya, jengger tersebut terlihat seperti bunga mawar.

Harga untuk setiap ekor ayam kate memang tidak sama, dan terbilang tidak murah dengan ukurannya yang mini tersebut.

Untuk ayam kate dengan usia 1 – 2 bulan dibanderol dengan harga sekitar Rp 30.000 – Rp 50.000,-. Sedangkan ayam kate yang berusia 2 – 4 bulan dibanderol dengan harga sekitar Rp 40.000 – Rp 60.000,-.

Untuk ayam kate yang sudah dewasa (usia di atas 4 bulan) dipatok dengan harga sekitar Rp 150.000,-/ ekor.

Perlu diketahui, harga ayam kate dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kesehatannya, warna bulunya, usianya, dan juga bentuk bulu ekornya.

Terdapat beberapa jenis ayam kate yang cukup banyak digemari dan diminati masyarakat dunia seperti ayam kate jambul satu tanpa bulu kaki, kate jambul mekar tanpa bulu kaki, kate pertunjukan, dan kate berbulu.

Jenis-Jenis Ayam Kate Yang Paling Digemari

Jenis-Jenis Ayam Kate Yang Paling Digemari

Ayam Kate, merupakan salah satu jenis satwa unggas yang cukup populer, tak hanya di Indonesia namun juga hampir mendunia, seperti di wilayah Eropa dan Amerika.

Kepopuleran ayam kate ternyata sudah sejak dari jaman dahulu, ketika para pelaut melabuhkan kapal di wilayah Indonesia, yang kemudian menemukan ayam unik tersebut dan diberi nama Bantam.

Beberapa dari pelaut yang melihat kate menyatakan, bahwa ayam ini sangat unik dan menarik dengan bentuk tubuhnya yang kecil, dan diyakini bahwa akan mampu meramaikan perdagangan Amerika – Eropa.Ayam kate memang cukup populer dengan bentuk tubuhnya yang kerdil dan warna bulunya yang unik dan menarik.

Selain itu, kate juga terdiri dari berbagai macam jenis. Berikut ini adalah beberapa jenis ayam kate yang banyak digemari dan diminati oleh masyarakat, tak hanya di Indoneisa namun juga di dunia.

Kate Pertunjukan (Game Bantams)

Game Bantams

Kate Pertunjukan atau Game Bantams merupakan jenis kate yang memiliki tubuh ramping dengan kaki yang agak panjang.

Selain itu, pada saat berdiri, jenis kate ini mampu menunjukkan posisi tubuh yang tegap. Game Bantams memiliki jenis bulu yang rapat dan pergerakan yang aktif.

Di wilayah Inggris, kate jenis ini cukup banyak dicari dan diminati.

Kate Jambul Tanpa Bulu Kaki (Single Comb Clean Legged)

Kate jenis ini memiliki satu jambul, dengan tanpa bulu kaki. Beberapa jenis ayam kate berjambul tanpa bulu kaki ini adalah Plymouth Rock, Orpington, Rhode Island Red, Australorp, Leghorn, Jepang, dan Phoenix.

Akan tetapi, terdapat beberapa jenis ayam kate lainnya dengan kaki tanpa bulu, namun bukan termasuk ke dalam kategori kate satu jambul ini yaitu ayam kate Yokohama, Polandia, Sisilia Buttercup, Araucanas, dan Buckeye.

Kate Jambul Mekar Tanpa Bulu Kaki (Rose Comb Clean Legged)

Kate jenis ini memiliki jambul yang mekar terlihat seperti bunga mawar. Selain itu, kate ini memiliki kaki yang kecil dan tanpa bulu.

Beberapa jenis ayam seperti Rosecomb dan Sebright adalah merupakan keturunan dari jenis kate berjambul tanpa kaki ini.

Kate Berbulu (Feather Legged)
Jenis kate yang satu ini adalah jenis kate dengan kaki berbulu. Beberapa jenis kate yang termasuk ke dalam jenis ayam yang dipublikasikan oleh American Poultry Association ini adalah seperti ayam Brahma, Sultan, dan Chocin.

Jenis ayam kerdil dengan ciri kaki berbulu ini merupakan ras kate yang paling digemari dan paling banyak dipelihara oleh masyarakat.

Hal tersebut dikarenakan ayam kate ini dianggap jenis ayam yang paling unik dan menggemaskan dengan bentuk tubuhnya yang kerdil dan kakinya berbulu lebat.

Demikian informasi menarik seputar Jenis Ayam Kate Beserta dengan Harganya . Nantikan artikel informatif seputar hobi dan ayam dan unggas lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat!