Ayam Ohiki, Ayam Unik yang Berasal Dari Jepang

Ayam Ohiki

Ayam Ohiki, merupakan salah satu jenis ayam hias asal Jepang yang memiliki keunikan yang terlihat pada ekornya yang panjang. Di negara asalnya, Ohiki juga dikenal dengan sebutan Minohiki Chabo.

Nama Minohiki Chabo yang disematkan pada jenis ayam ini bukan diartikan bahwa ia berasal dari wilayah Minohiki, melainkan ciri-cirinya menunjukkan ciri-ciri Minohiki yaitu ayam Jepang yang memiliki ukuran sedang dengan ekor panjang yang terkesan seperti terseret atau diseret.

Makna dari ekor yang terseret atau diseret di peroleh dari kata “hiki” yang berarti seret dan “o” yang berarti ekor.

Sehingga orang Jepang menyebutnya sebagai ayam Ohiki yaitu ayam yang memiliki ekor yang terseret (panjang).

Ayam Ohiki

Berkaitan dengan ayam asal Jepang ekor panjang, tentunya tak lepas dari ayam Onagadori. Konon katanya, ayam ini masih merupakan keturunan dari ayam Onagadori.

Banyak pendapat peneliti yang mengatakan, bahwa Ohiki merupakan hasil dari kawin silang antara ayam Pekin atau ayam Chabo, dengan ayam Onagadori.

Proses perkawinan silang antara ayam Chabo dengan Onagadori dilakukan pada sekitar tahun 1818 – 1868, di provinsi Tosa, yang sekarang ini dikenal dengan nama Kochi, yang tidak lain merupakan tempat asal usul ayam Onagadori. Ohiki juga dikenal dengan berbagai sebutan seperti Kogate No Shokaku, dan juga Totenko Bantamu.

Kedua nama lain dari ayam Ohiki ini bukan dimaksudkan untuk semata-mata menamai saja, tetapi berkaitan dengan sifat dan ciri-ciri yang tergambar pada ayam Shokaku dan Totenko.

Kemudian hal tersebut dikuatkan dengan dilakukannya tes DNA pada Ohiki, untuk membuktikan bahwa Ohiki memang berkaitan dengan ayam Totenko, Shokaku, dan Onagadori.

Dari hasil tes DNA tersebut, ditemukan bahwa memang benar adanya, ayam Ohiki merupakan keturunan dan berkaitan dengan ayam Totenko, Shokaku, dan Onagadori.

Baca Juga : 

Ciri Ayam Ohiki

Ayam hias asal Jepang ini memiliki jengger tunggal dengan warna merah terang. Selain itu, mata Ohiki cukup unik yaitu berwarna merah kecokelatan.

Ohiki juga memiliki cuping pada telinganya yang berwarna putih.

Ayam hias yang memiliki sudut ekor sekitar 30 derajat ini dianggap salah satu jenis ayam yang memiliki keunikan pada bentuk tubuhnya.

Menurut beberapa kalangan masyarakat terutama para pecinta ayam hias, Ohiki merupakan jenis ayam yang menggemaskan karena memiliki bentuk tubuh yang bulat seperti ayam Pekin atau Chocin.

Meskipun pada kenyataannya, kedua jenis ayam ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan karena masing-masing dikembangbiakkan secara selektif.

Bentuk tubuhnya yang kecil dan bulat, serta keindahan warna bulu dan ekornya yang menjuntai panjang, memang merupakan daya tarik yang ada pada Ohiki.

Akan tetapi, fakta yang ada mengatakan bahwa ayam Ohiki juga termasuk salah satu jenis ayam hias yang masih sangat langka ditemukan.

Demikian informasi menarik seputar Ayam Ohiki, Ayam Unik yang Berasal Dari Jepang. Nantikan artikel informatif seputar hobi dan ayam dan unggas lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat!