Pengertian dan Penjelasan Artikel Pendidikan

0
13 views
Artikel Pendidikan
Image : Pixabay

Sahabat harus tahu jika artikel pendidikan ditulis dalam ruang lingkup yang terkait dengan pendidikan.

Jika dilihat sekilas, ruang lingkup yang dibahas memang lebih spesifik ke arah pendidikan. Namun sahabat juga bisa mengangkat tentang topic atau isu yang lebih luas dan tidak terbatas.

Artikel pendidikan biasanya juga membahas tentang seputar pendidikan, paling tidak membahas tentang aspek kehidupan sosial yang ada kaitannya dengan pendidikan.

Jangan Lupa Untuk menyimak artikel terkait diantaranya :

Kali ini artikel akan membahas tentang apa saja yang bisa dikategorikan sebagai artikel pendidikan, tentu saja sahabat juga bisa menemukan Contoh artikel pendidikan.

Pengertian artikel pendidikan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cakupan untuk membuat artikel pendidikan memang sangat luas sehingga dalam merumuskan kriteria yang baku bukanlah hal mudah.

Kata pendidikan sendiri mempunyai istilah lain yaitu edukasi. Dalam bidang pendidikan, istilah satu ini memang sudah sering kali diterjemahkan menjadi pedagogi.

Beberapa istilah tersebut sering dipahami dengan makna yang sama atau setidaknya saling terkait satu sama lain.

Jika membahas tentang kriteria yang bisa menentukan artikel tersebut ke dalam artikel pendidikan tentu saja sangat bervariasi.

Bagian penting yang harus selalu sahabat pahami adalah rumusan masalah. Untuk artikel pendidikan berisi rumusan masalah baik secara langsung ataupun tidak langsung berkaitan dengan isu atau permasalahan pendidikan.

Dalam menentukan langsung atau tidak langsung juga bukan hal mudah karena asumsi dalam menulis riset dan artikel ilmiah biasanya berisi unsur pendidikan.

Untuk itu sahabat bisa menulis penelitian secara langsung yang ada kaitannya dengan pendidikan sebagai acuan dasar.

Contoh artikel pendidikan

Untuk pengertian lebih mudahnya, sahabat bisa ambil contoh dari isu game online. Seperti yang sahabat tahu jika penelitian yang berkaitan dengan game online sudah banyak sekali dibahas.

Perspektif yang digunakan sebagai bahan pendekatan juga sangat banyak, tidak sebatas pendidikan saja.

Nah, sahabat bisa menegaskan bahwa artikel yang membahas tentang game online bisa dimasukkan ke dalam artikel pendidikan jika secara eksplisit rumusan masalah lebih berfokus pada isu pendidikan yang terkait.

Misalnya saja sahabat bisa menuliskan bagaimana game online tersebut bisa dijadikan sebagai sarana pembelajaran bahasa untuk anak sekolah dasar.

Atau penelitian yang berfokus pada dampal game online yang mengandung unsur kekerasan moral. Sahabat bisa lebih spesifik dalam menulis rumusan masalahnya.

Membuat rumusan masalah yang terkait dengan pendidikan sudah menjadi kriteria penting yang harus selalu dipenuhi jika sahabat ingin menulis tentang artikel pendidikan.

Salah satu cara paling mudah dalam membuat rumusan masalah adalah dengan secara eksplisit menyisipkan istilah edukasi, pendidikan, ataupun pedagogi ke dalamnya.

Tentu saja, dalam menulis judul juga bisa membuat istilah tersebut untuk semakin menegaskan bahwa sahabat menulis artikel pendidikan, meskipun menyebutkan istilah juga tidak bisa dijadikan sebagai satu-satunya criteria.

Sahabat bisa saja melihat dari judul artikel pendidikan, jika di dalam judul memuat istilah tersebut, maka sahabat sudah bisa yakin jika karya ilmiah tersebut terkait dengan pendidikan. Jika berbentuk artikel. maka sahabat bisa menyebutnya artikel pendidikan.

Cara lebih mudah adalah dengan mengidentifikasi judul bisa dijadikan sebagai indikator klasifikasi pada kolom pendidikan.

Dalam menulis terkait pendidikan ataupun edukasi tak hanya berfokus pada mereka yang belajar di bidang pendidikan saja.

Semoga artikel satu ini bisa memberikan sahabat tentang analogi dan Contoh artikel pendidikan sehingga sahabat bisa memulai menulis dan tidak tumpang tindih dengan pengertian karya ilmiah.

Sekian artikel seputar Pengertian dan Penjelasan Artikel Pendidikan dari Hypetuts semoga informasi ini bisa bermanfaat.