Mengenal Kelinci Havana Yang Populer Di Belahan Dunia

27

Salah satu hewan lucu dan menggemaskan yang banyak diminati dan diincar oleh banyak pecinta hewan adalah kelinci.

Salah satu jenis kelinci hias yang cukup unik dan menarik adalah Havana. Kelinci Havana, adalah salah satu jenis kelinci hias yang sering dijadikan peliharaan oleh banyak orang karena dikenal dengan temperamennya yang lembut.

Sekilas Tentang Kelinci Havana

Sekilas Tentang Kelinci Havana

Mungkin masih banyak yang belum mengenal kelinci jenis Havana ini. Perlu diketahui, bahwa Havana adalah kelinci hias yang populer dijadikan hewan peliharaan di wilayah Amerika dan juga Eropa, dengan sebutan “show pets”.

Kepopuleran kelinci jenis Havana ini sebagai hewan peliharaan mengalahkan jenis kelinci Holland Lop. Hal ini dikarenakan kelinci Havana memiliki temperamen yang lebih lembut, dan bersifat lebih tenang.

Sebagian orang mungkin juga belum mengetahui, bahwa jenis kelinci Satin yang populer di Indonesia berasal dari ras kelinci jenis Havana.

Jenis kelinci yang memiliki jenis bulu yang lembut dan mengkilat ini pertama kali dikembangkan di negara Belanda, tepatnya pada tahun 1898.

Penyebaran kelinci jenis Havana terbilang cukup pesat, yaitu mulai menyebar dan terkenal di wilayah Eropa pada tahun 1908.

Sedangkan pada tahun 1916, kelinci jenis Havana mulai memasuki pasaran Amerika. Kemudian setelah itu barulah kelinci jenis Havana berkembang di berbagai belahan dunia, salah satunya Indonesia.

Banyak yang berpendapat, bahwa kelinci ini adalah hasil kawin silang antara kelinci Dutch jantan dan kelinci Himalayan betina.

Harga Havana

Harga Havana

Kelinci jenis Havana termasuk salah satu jenis kelinci hias yang harganya cukup mahal. Untuk satu ekor kelinci Havana yang masih berusia 1-3 bulan harga yang dibanderol adalah sekitar Rp 50.000 – Rp 250.000.

Sedangkan untuk kelinci jenis Havana yang usianya sudah menginjak 3 bulan ke atas, harga yang dibanderol adalah sekitar Rp 250.000 – Rp 1.000.000.

Nah, bagi Anda yang tertarik namun belum pernah mengetahui seperti apa kelinci jenis Havana, berikut akan diulas mengenai beberapa ciri kelinci Havana.

Kelinci Havana memiliki ukuran tubuh yang kecil dan juga pendek. Namun, meskipun kecil dan pendek, Havana mempunyai jenis bahu yang cukup berotot.

Baca Juga :

Keunikan kelinci Havana

Keunikkan lain terdapat pada ukuran kepala Havana yang kecil, dan juga leher yang bisa dibilang hampir tak terlihat, hal tersebut membuat penampilannya terkesan lucu.

Warna tubuh kelinci jenis Havana adalah solid, atau satu warna menyeluruh. Kelinci Havana memiliki beragam jenis warna tubuh yaitu cokelat, biru dan juga hitam.

Keunggulan lain kelinci jenis Havana adalah bahwa ia memiliki bulu yang sangat lembut, tipis, dan juga terlihat mengkilap, dengan panjang bulu sekitar satu inci.

Berat tubuh kelinci Havana adalah sekitar 2,75 kilogram.

Demikianlah ulasan singkat mengenai kelinci jenis Havana. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca sekalian.