Tips Memelihara Kelinci Netherland Dwarf Agar Tetap Sehat Dan Lincah

38

Memelihara kelinci netherland Dwarf ,Setelah anda membaca artikel kelinci Netherland Dwarf disini, mungkin anda semakin tertarik untuk menjadikan salah satu koleksi hewan peliharaan anda di rumah.

Memelihara Kelinci Netherland Dwarf

Memelihara Kelinci Netherland Dwarf

Ada banyak hal yang perlu anda pertimbangkan ketika memelihara kelinci ini. Ukuran kandang dan tempat menjadi fokus yang utama, akan tetapi kebersihan dan makanan juga tidak kalah penting. Berikut ulasannya

Kandang Untuk Kelinci Netherland Dwarf 

Kandang Untuk Kelinci Netherland Dwarf 

Meskipun Kelinci Netherland Dwarf dikenal sebagai kelinci berukuran terkecil di dunia, namun kelinci ini membutuhkan ruang tempat yang luas.

Menurut Klub Peternak Kelinci Netherland Dwarf Inggris (NENDRC) direkomendasikan menggunakan kandang berukuran minimal 18 x 24 x 14 inci.

Namun, University of Arkansas at Little Rock (UALR) merekomendasikan ukuran kandang yang lebih besar dari 4 x 2 x 2 kaki, agar kelinci memiliki banyak ruang untuk berlatih .

Anda bisa menggunakan alas kandang yang padat, atau juga menggunakan kandang kawat.

Apabila anda memilih opsi kedua, sediakan space khusus yang diberi alas agar kelinci dapat beristirahat.

Jika anda memilih kandang beralaskan padat, angkat sisa sisa makanan dan ganti air minum setiap hari. Lakukan pembersihan kandang dengan menyikatnya seminggu sekali.

Sediakan jerami yang sudah dikeringkan sebagai bahan tidur dan menyalurkan keinginan mengunyah kelinci.

Jangan gunakan serutan kayu yang biasa digunakan pada kandang hamster karena dapat menimbulkan masalah pencernaan.

Bagi anda yang memiliki halaman berpagar, bisa juga anda melepas kelinci kesayangan anda agar mereka dapat leluasa memakan rumput.

Sediakan juga tempat berlindung yang lebih tinggi dari permukaan tanah agar tidak tergenang saat hujan. Awasi kelinci kesayangan anda dari kemungkinan kucing pemangsa.

Tempat minum Untuk Kelinci Netherland Dwarf

Tempat minum Untuk Kelinci Netherland Dwarf

Tempat minum yang paling ideal bagi kelinci adalah botol gantung yang dapat ditempelkan di dinding kandang.

Penggunaan botol selain mengurangi konsumsi minum secara berlebihan juga menjaga kandang selalu bersih. Gunakan air minum yang telah dimasak

Lokasi Kandang

Kandang harus diletakkan di lokasi yang aman dan tidak terkena angin malam. Bagaimanapun juga kelinci netherland dwarf membutuhkan tempat yang tertutup agar tidak kembung.

Sediakan banyak jerami di dalam kandang agar kehangatan kandang selalu terjaga. Pada siang hari yang sangat panas netherland dwarf sangat rentan terserang heat stroke dan berakibat pada kematian.

Baca Juga :

hindari penempatan kandang dibawah sinar matahari langsung. Sediakan atap atau peneduh agar kelinci netherland tetap merasa nyaman

Makanan Untuk Kelinci Netherland Dwarf 

Makanan Untuk Kelinci Netherland Dwarf 

Menurtu Rabbit Society House, unsur pokok makanan kelinci terdiri dari jerami segar, pelet, air bersih dan sayuran.

Namun pemberian jenis makanan tersebut harus diberikan secara tepat berdasarkan usia.

Kesalahan pemberian makanan sering berujung pada kematian

Pada usia nol hari hingga 3 minggu, kelinci akan sangat bergantung pada air susu induknya. Karena itu, makanan difokuskan bagi induk kelinci agar air susunya berlimpah.

Seluruh kombinasi tadi dapat diberikan dengan kombinasi yang merata.

Pada usia 4 minggu anak kelinci akan mulai belajar makan. Berikan pelet khusus kelinci pagi dan sore untuk merangsang pertumbuhan gigi dan melatih saluran pencernaannya. Pada usia 7 minggu anak kelinci mulai mandiri.

Mereka akan mulai meninggalkan induknya dan mampu bertahan hidup dari makanan yang anda berikan.

Tetap berikan pelet kelinci, tetapi anda mulai perkenalkan dengan sayuran dan air minum. Sayuran yang diberikan dilayukan terlebih dahulu untuk mengurangi kadar air.

Berikan sayur cukup 4 hari sekali. Usia 4 hingga 8 bulan saatnya kelinci mengenal sayur segar.

Cukup satu jenis sayuran saja dan cukup satu sendok sehari. Tambahkan jumlah makanan secara perlahan lahan diimbangi dengan pemberian jerami yang sudah dikeringkan.

Jangan terburu buru memberikan sayuran dalam jumlah banyak karena justru akan berakibat pada kematian

Beberapa sayur yang aman dan direkomendasikan bagi netherland dwarf diantaranya pucuk sayur bit, brokoli, wortel, kacang polong, kubis dan peterseli.

Perlu dicatat bahwa sayuran bukanlah pengganti makanan pokok Pelet dan hay. Sayuran berfungsi untuk mencegah kebosanan dan mencukupi kebutuhan vitamin

Pada usia tujuh bulan hingga satu tahun kelinci telah dewasa dan anda bisa memperbanyak penggunaan hay atau jerami yang telah dikeringkan

Menurut Klub Peternak Kelinci Netherland Dwarf Inggris (NENDRC), untuk mencukupi kebutuhan gizinya netherland Dwarf memerlukan setidaknya 2 hingga tiga ons pelet makanan yang mengandung 20% serat, hay dan air minum yang tidak terbatas dan sayuran segar yang dibatasi.

Akan tetapi ini bukanlah standar baku karena masing masing individu kelinci memiliki kemampuan menyerap gizi yang berbeda.

Akan lebih baik jika anda terus memantau perkembangan berat badannya agar selalu berada pada kondisi yang ideal.

Demikian informasi menarik seputar Tips Memelihara Kelinci Netherland Dwarf .

Nantikan artikel hobi dan hewan lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat!