Jenis-Jenis Kelinci Ras Anggora Yang Sering Dipelihara Oleh Penghobi

34

Kelinci adalah salah satu jenis hewan pengerat yang cukup banyak diminati dan dijadikan hewan peliharaan.

Bentuk tubuh kelinci yang lucu dan menggemaskan mampu membuat banyak orang menyukainya. Jenis-jenis kelinci sangat beragam.

Bagi Anda yang tertarik dan berminat untuk memeliharanya, berikut akan dibagikan informasi tentang berbagai macam jenis kelinci yang sering dipelihara.

Kelinci Ras Anggora

Kelinci yang satu ini adalah salah satu kelinci yang paling populer untuk dijadikan hewan peliharaan.

Berikut adalah 4 jenis kelinci anggora yang sering dipelihara.

Anggora Giant

Kelinci Angora Giant

Berat badan kelinci ini bisa mencapai lebih dari 4 kilogram. Biasanya, kelinci ras Anggora Giant yang akan diikutsertakan dalam kontes harus memiliki bulu yang tebal dan putih bersih.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah bahwa kelinci ini memiliki daya tahan tubuh yang kurang baik.

Anggora Perancis

Kelinci ras Anggora yang satu ini sangat unik, ia tidak memiliki bulu pada bagian kepala, wajah, telinga, dan bagian depan kakinya.

Sedangkan pada bagian tubuh yang lain, bulu yang ia miliki adalah kasar dan gimbal. Berat badan anggora perancis adalah sekitar 2,8 – 4,5 kilogram.

Anggora Inggris

Keunikan kelinci ini adalah sekujur tubuhnya yang ditutupi oleh bulu. Oleh karena itu, agak sulit membedakan mana telinga, mana wajah.

Jenis kelinci ras anggora yang satu ini termasuk jenis yang berkarakter tenang. Berat badannya sekitar 2,7 – 3,5 kilogram.

Kelinci Dwarf Hotot

Kelinci Dwarf Hotot

Kelinci asal Jerman ini sudah banyak dikembangkan di negara Belanda. Kelinci ini terlihat sangat unik karena ia memiliki bulu yang putih, bersih dan halus, dengan mata lebarnya yang berwarna hitam pekat.

Dwraf Hotot termasuk jenis kelinci yang berkarakter agresif dengan laju lari yang cukup kencang sehingga susah ditangkap.

Untuk memeliharanya, dibutuhkan area yang cukup luas karena ia sangat aktif. Keunggulan Dwarf Hotot adalah bahwa ia memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Namun, kelinci ini kurang begitu suka jika harus berinteraksi dengan manusia. Meski begitu, kelinci ini termasuk jenis kelinci yang sangat penyayang dan perhatian terhadap anaknya.

Kelinci English Spot

Kelinci English Spot

Kelinci asal Inggris ini memiliki ukuran tubuh yang besar dengan bulu berwarna dasar putih bercorak totol-totol hitam, cokleat atau abu-abu. Bulu kelinci ini halus memanjang.

Produktifitas English Spot berada pada jenjang usia 5,5 bulan sampai dengan 3 tahun. English Spot bisa melahirkan sebanyak 3-8 ekor. Karena pertumbuhan kuku kelinci ini sangat cepat, maka letakkanlah bata atau kayu agar ia bisa mengerat.

Kelinci Polish

Kelinci asal Belanda ini tergolong jenis kelinci yang paling tua. Kelinci ras yang memiliki berat badan mencapai 1,3 kilogram ini mampu melahirkan sekitar 4 ekor anak. kelinci Polish dapat mempertahankan hidupnya antara 5-7 tahun, bahkan lebih.

Polish memiliki bulu yang halus dengan beragam warna, serta mata yang tajam dan telinga yang pendek, bulat dan runcing.

Baca Juga :

Itulah beberapa jenis kelinci ras anggora yang sering dipelihara. Bagi Anda yang tertarik, semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan bermanfaat.