4 Jenis Ikan Koi Yang Populer Dikalangan Penghobi

Jenis Ikan Koi

Jenis ikan koi paling populer ditanah air mengapa sangat populer Ikan koi adalah salah satu jenis ikan yang cukup terkenal tak hanya di Indonesia, namun juga di seluruh belahan dunia.

Jenis ikan yang memiliki nama latin Cyprinus Carpio L ini dikembangkan pertama kali di negara Jepang.

Dengan warna corak dan pola unik dan menarik yang ada di tubuhnya, ikan ini memang bukan jenis ikan yang dikonsumi, namun dipelihara sebagai ikan hias.

Membahas tentang jenis-jenis ikan koi memang tak ada habisnya. Artikel berikut ini adalah ulasan informasi lanjutan yang tentunya masih membahas jenis-jenis ikan koi lainnya.

Baca Juga : Mengenal Kura Kura Ambon Omnivora Ramah dari Sulawesi

Masih terdapat beberapa jenis ikan koi yang tak kalah menarik untuk dibahas.

Jenis Ikan Koi Yang Paling Populer

Ikan Koi Yang Paling Populer

Jenis-jenis ikan koi yang akan dibahas adalah jenis-jenis ikan koi yang cukup dikenal di kalangan masyarakat, memiliki kualitas terbaik dan mahal. Berikut adalah ulasannya.

Koi Asagi

Koi Asagi

Jenis koi yang satu ini sudah cukup lama diketahui keberadaannya. Koi Asagi memiliki ciri khas dengan warna biru, serta terdapat warna merah atau orange di area sekitar perut.

Warna merah atau orange tersebut akan bertambah dan berkembang seiring dengan usia koi Asagi yang bertambah pula.

Selain itu, keindahan dan keunikan lain yang bisa kita temukan pada jenis ikan ini adalah terletak pada pola utamanya yaitu sisik ikan yang memiliki pola terlihat seperti jarring-jaring tipis yang berada di atas warna dasarnya.

Ciri khas lain dari ikan koi Asagi ini adalah memiliki kepala yang berwarna putih bersih. Terdapat jenis koi lain yang termasuk dalam kategori Asagi yaitu ikan koi Shusui.

Meski ikan ini termasuk satu keluarga dengan Asagi namun Shusui adalah jenis koi yang tidak memiliki sisik, atau bila ditemukan sisik, hanya terdapat pada bagian punggungnya saja.

Baca Juga : 4 Cara Membedakan Ikan Koi Jantan Dan Betina Terbukti

Koi Shusui berwarna dasar putih dan dilapisi dengan corak warna merah atau orange yang melebar. Satu ciri khas yang menjadi pembeda antara Asagi dan Shusui adalah pola garis di sepanjang punggung.

Koi Tancho

Koi Tancho

Berikut adalah klasifikasi koi Tancho:

  • Koi Tancho Goromo. Keunikan koi Tancho Goromo adalah pola bulat yang terletak di bagian kepalanya. Pola bulat tersebut disebut sebagai pola Goromo atau anggur.
  • Koi Tancho Kohaku. Sedikit berbeda dengan Tancho Goromo, koi Tancho Kohaku adalah jenis Tancho dengan warna dasar putih yang memiliki pola bulat di kepalanya dengan warna merah. Jika bulatan merah ini semakin tajam, maka Tancho Kohaku akan semakin terlihat menawan.
  • Koi Tancho Goshiki. Hampir menyerupai koi Tancho Kohaku, yaitu berwarna dasar putih dan memiliki bulatan merah di kepala. Namun, sedikit berbeda dengan Tancho Kohaku, warna dasar putih ikan koi ini memiliki corak warna kekuning-kuningan dan ada warna hitam di bagian punggungnya.
  • Koi Tancho Kujaku. Koi Tancho Kujaku memiliki corak warna tubuh yang menyerupai koi Asagi. Ciri khas dari koi ini adalah bulatan merah yang terletak di kepalanya.
  • Koi Tancho Sanke. Sama seperti koi Tancho lainnya, ciri khas tetap terletak pada bulatan merah di kepalanya. Corak pada koi ini menyerupai Tancho Kujaku, yaitu tidak beraturan.

Koi Hikarimono

Koi Hikarimono
Image : Ilustrasi

Koi Hikarimono adalah jenis koi berwarna metalik, atau berwarna kuning kemilau menyerupai emas.

Warna pada koi ini adalah warna tunggal, yaitu emas, metalik, orange, dan masih banyak lagi. Koi Hikarimono sering juga disebut sebagai koi Hikarimuji, yang berarti mengkilap.

Baca Juga : 6 Jenis Ikan Discus Dan Kisaran Harganya Yang Perlu Diketahui

Dalam bahasa Jepang, kata Hikari bermakna logam, sedangkan mono bermakna satu/ tunggal. Selain Hikarimuji, koi ini juga disebut sebagi Koi Ogon. Berikut adalah klasifikasinya:

  • Nezu Ogon, yaitu koi berwarna abu-abu kemilau
  • Orenji Ogon, yaitu koi berwarna orange kemilau
  • Platinum Ogon, yaitu koi berwarna putih/ silver kemilau
  • Yamabuki Ogon, yaitu koi berwarna kuning kemilau

Koi Matsuba

Koi Matsuba

Ikan koi yang satu ini memiliki warna dasar yang berbeda-beda, namun memiliki pola jarring berwarna biru yang sama, yaitu terletak pada punggungnya. Berikut adalah klasifikasinya:

  • Gin Matsuba, yaitu koi berwarna dasar putih
  • Ki Matsuba, yaitu koi berwarna dasar kuning
  • Aka Matsuba, yaitu koi berwarna dasar merah

Itulah beberapa jenis koi dan klasifikasinya. Semoga informasi mengenai jenis-jenis ikan koi tersebut diatas dapat menambah wawasan pembaca sekalian.

error: Content is protected !!