Mengenal Kura Kura Ambon Omnivora Ramah dari Sulawesi

  • Bagikan
kura kura ambon

Kura kura Ambon, merupakan salah satu jenis kura-kura semi-akuatik yang penyebarannya mencakup wilayah Sulawesi dan Sumatera, yang pada masing-masing daerahnya akan memiliki jenis kura-kura Ambon dengan warna dan ciri yang berbeda.

Kura Kura Ambon

Kura Ambon

Jenis kura-kura yang memiliki nama latin Cuora Amboinensis ini dijuluki dengan berbagai macam nama di setiap daerah yang berbeda seperti Kura-kura Batok, Kura-kura Katup, Kuya Batok, dan masih banyak lagi.

Kura-kura semi-akuatik memerlukan air pada saat ia merasa butuh berenang atau ingin menghilangkan dehidrasinya.

Sedangkan daratan ia gunakan untuk berjemur, biasanya menggunakan batu, kayu, dan tanah. Biasanya, jenis kura-kura semi-akuatik seperti kura-kura Ambon ini akan mencari area perairan yang dangkal.

Hal tersebut dikarenakan jenis kura-kura semi-akuatik kurang memiliki keahlian dan kepandaian dalam berenang, karena kura-kura semi-akuatik tidak memiliki selaput pada kakinya.

Baca Juga : 4 Jenis Ikan Koi Yang Populer Dikalangan Penghobi

Kura kura Ambon merupakan salah satu jenis kura-kura omnivora, yaitu pemakan segala.

Kura-kura Ambon memakan sayur-sayuran, ikan, pelet, jangkrik, dan masih banyak lainnya.

Kura-kura Ambon juga termasuk salah satu jenis kura-kura yang sangat cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah, karena kura-kura Ambon memiliki sifat yang ramah dan lembut.

Selain itu, kura-kura Ambon juga mudah dekat dan berinteraksi dengan manusia di sekitarnya.

Baca Juga : Inilah 4 Teknik Memancing di Laut Yang Patut Untuk Dicoba

Hal tersebut terbukti pada saat ia sedang pegang. Kura-kura Ambon mudah untuk dipegang, bahkan jika kura-kura Ambon tersebut masih berukuran baby atau masih kecil, Anda dapat memegangnya sekaligus membiarkannya makan di telapak tangan Anda.

Selain ramah, kura-kura Ambon yang baru dipelihara juga terkesan pemalu, tetapi berani, namun tidak menggigit.

Keunikan bentuk fisik kura-kura Ambon sering disandingkan dengan kura-kura Aldabra.

Ukuran tubuh kura kura Ambon biasanya mencapai sekitar 25 cm, dengan berat tubuhnya sekitar 1.5 kilogram.

Masa Hidup Kura Kura Ambon

Hidup Kura Kura Ambon

Masa hidup kura kura Ambon terbilang cukup lama, yaitu sekitar 20 tahun.

Setiap musim bertelur, kura-kura Ambon mampu menghasilkan sekitar 2 – 3 butir telur, dengan masa penetasan paling lama adalah tiga bulan.

Untuk pemeliharaan sepasang kura-kura Ambon yaitu jantan dan betina dengan kondisi kura kura Ambon betina sedang bertelur, alangkah baiknya supaya tidak tergesa-gesa memindahkan telur-telur tersebut.

Karena untuk menangani telur-telur kura-kura tersebut diperlukan beberapa cara dan teknik khusus untuk menjaga kualitas telurnya.

Untuk memelihara kura-kura Ambon, dapat dilakukan secara indoor atau outdoor.

Untuk pemeliharaan indoor, yaitu dengan menyediakan akuarium yang diisi oleh ¾ daratan dan ¼ air, atau ketinggian air hanya sebatas kepala dan tempurungnya saja.

Sedangkan untuk pemeliharaan outdoor yaitu dengan menggunakan kolam, dengan kadar perbandingan ¾ daratan dan ¼ air.

Selain itu, wajib memperhatikan kondisi air dengan cara rutin melakukan penggantian air dan juga pemberian pakan yang bervariasi supaya kura-kura Ambon tidak cepat bosan dan mogok makan.

Harga Kura Kura Ambon

Harga Kura Kura Ambon

Kura-kura ambon dijual dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp 50.000 – Rp 250.000,-/ ekor.

Demikian ulasan tentang kura kura ambon yang telah selesai Hypetuts ulas untuk teman teman semua.Terima kasih telah mengunjungi Hypetuts.com, sampai jumpa di kesempatan selanjutnya dan semoga bermanfaat.

  • Bagikan